4 Pengertian Informasi Menurut Ahli

Pernah dengar tentang istilah “Informasi”? Pasti sebagian dari kita sudah sering mendengar dan juga memahami istilah tersebut. Namun beberapa orang nyatanya masih ada yang merasa bingung mendefinisikan makna dari informasi. Secara umum informasi merupakan sebuah pesan baik dalam bentuk ucapan atau ekspresi.

Sebenarnya ada banyak sekali pengertian informasi yang diungkapkan oleh para ahli dimana masing-masing mengandung banyak arti dalam konteks yang cukup berbeda. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa informasi merupakan sebuah pengetahuan yang diperoleh dari proses pembelajaran, pengalaman, ataupun instruksi. Nah untuk mengetahui makna informasi lebih dalam, simak ulasan berikut.

Pengertian Informasi Secara Umum

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.

Pengertian di atas adalah pengertian informasi secara umum yang bersumber dari wikipedia.

Untuk lebih memahaminya, mari kita simak pengertian informasi secara etimologi.

Pengertian Informasi Secara Etimologi

Informasi berasal dari bahasa Inggris information. Dan kata information berasal dari bahasa Latin (information-) dari nominatif (informatio): kata benda ini berasal dari kata kerja informare (untuk menginformasikan) dalam arti “memberi bentuk pada pikiran”, “untuk mendisiplinkan”, “untuk mendisiplinkan”, ” menginstruksikan “,” mengajar “.

kata Inform sendiri berasal dari kata kerja informare dalam bahasa Latin, yang berarti memberi bentuk, atau membentuk gagasan.

Lebih jauh, bahasa Latin sendiri sudah mengandung kata informatio yang berarti konsep atau ide.

Dalam bahasa Yunani kuno untuk form adalah μορφή (morphe) dan juga εἶδος (eidos) “jenis, ide, bentuk, himpunan”. ‘Eidos’ juga dapat dikaitkan dengan pemikiran, proposisi, atau bahkan konsep.

Kata Yunani kuno untuk information adalah πληροφορία, yang mentransliterasikan (plērophoria) dari πλήρης (plērēs) “sepenuhnya” dan φέρω (phorein) yang sering digunakan (pherein) untuk dibawa.

Secara harfiah berarti “menanggung sepenuhnya” atau “menyampaikan sepenuhnya”. Dalam bahasa Yunani modern kata Πληροφορία masih digunakan setiap hari dan memiliki arti yang sama dengan information dalam bahasa Inggris.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui definisi informasi secara etimologi, dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan sebuah data yang dapat memberikan makna melalui konteks. Misalnya sebuah dokumen yang berbentuk spreadsheet seringkali menyajikan sebuah data di dalamnya. Laporan neraca laba rugi merupakan beberapa contoh informasi yang berasal dari data yang ada di dalamnya.

Sebuah laporan neraca laba rugi merupakan bentuk informasi, sedangkan untuk angka-angka yang terdapat di dalamnya merupakan data yang telah disusun sehingga memiliki makna dan manfaat lebih luas lagi. Nah agar semakin memahami tentang definisi dari sebuah informasi, berikut akan disajikan beberapa ulasan terkait pengertian informasi menurut para ahli.

Sutanta (2011)

Menurut Sutanta informasi merupakan sebuah hasil dari pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi si penerima informasi. Dengan adanya informasi, dapat dijadikan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan oleh si penerima informasi, yang mana dapat dirasakan akibatnya baik secara langsung maupun tidak langsung.

William (2007)

Mengungkapkan bahwa informasi merupakan suatu data yang telah dirangkum ataupun dimanipulasi dalam bentuk yang lainnya. Tujuan pencarian data tersebut adalah untuk pengambilan keputusan.

Fajri (2014)

Menurut Fajri, informasi dapat diartikan sebagai sebuah data yang mana telah diproses dan diubah menjadi konteks yang lebih berarti. Sehingga data tersebut memiliki makna dan juga nilai bagi si penerima data dan biasanya digunakan untuk pengambilan keputusan. Dengan adanya informasi tersebut si penerima merasa yakin dengan keputusan yang dipilih.

Notoatmodjo (2008)

Informasi memiliki fungsi penting dalam membantu mengurangi rasa cemas yang dirasakan oleh seseorang. Semakin banyak informasi yang diterima dapat mempengaruhi dan menambah pengetahuan si penerima informasi.

Dengan semakin bertambahnya pengetahuan yang dimiliki akan menimbulkan kesadaran yang akhirnya membuat orang tersebut berperilaku sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.

Ciri-Ciri Informasi

Setelah mengetahui pengertian informasi baik secara etimologi maupun secara umum, selanjutnya hal yang perlu diketahui terkait informasi adalah ciri-ciri sebuah informasi. Secara umum informasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Benar atau salah

Ciri informasi yang pertama yaitu berkaitan dengan benar atau salah. Dalam hal ini informasi berkaitan dengan sebuah kebenaran atau kesalahan terhadap suatu kejadian. Dengan adanya informasi tersebut kita dapat mengetahui kebenaran atau kesalahan dalam suatu peristiwa yang telah terjadi.

Baru

Ciri informasi selanjutnya adalah baru. Sebuah informasi harus benar-benar up to date bagi si penerima informasi. Informasi yang up to date tentu akan memudahkan si penerima dalam pengambilan informasi.

Bersifat tambahan

Ciri selanjutnya dari sebuah informasi yaitu bersifat tambahan. Maksud dari kata tambahan di sini diartikan untuk memperbaharui dan atau memberikan perubahan terhadap informasi yang sudah tersedia sebelumnya. Dengan adanya pembaharuan tersebut informasi yang diberikan akan lebih up to date atau terbaru.

Korektif

Sebuah informasi harus memiliki ciri korektif. Korektif di sini diartikan sebagai upaya untuk melakukan koreksi terhadap informasi sebelumnya yang masih memiliki kesalahan sehingga perlu untuk dibenarkan.

Penegas

Satu lagi ciri yang wajib dimiliki oleh sebuah informasi yaitu untuk mempertegas informasi yang telah ada sebelumnya sehingga keyakinan terhadap informasi yang disampaikan semakin meningkat.

Informasi sebagai Masukan Sensorik

Seperti yang diketahui seringkali informasi dipandang sebagai sebuah jenis input pada suatu organisme atau sistem. Sebuah informasi dianggap penting karena antara asosiasi dengan informasi lainnya harus memiliki koneksi ke kausal input nya. Dalam praktiknya, informasi seringkali dilakukan oleh rangsangan yang lemah sehingga perlu adanya deteksi oleh sistem sensorik khusus.

Biasanya informasi tersebut diperkuat oleh input energi sebelum akhirnya mereka dapat berfungsi untuk suatu organisasi atau sistem. Menurut Dusenbery dalam bukunya Sensory Ecology menyebutkan bahwa informasi yang penting yaitu mereka yang berhubungan kausal input dan dapat dipakai untuk memprediksi terjadinya kausal lain pada waktu lain (mungkin ditempat lainnya).

Kualitas Informasi

Setelah membahas tentang pengertian dan juga ciri dari informasi, selanjutnya kita akan membahas tentang kualitas dari informasi yang disajikan. Menurut Agus Mulyanto sebuah informasi yang berkualitas atau baik harus memiliki beberapa hal berikut, antara lain :

Akurat

Hal pertama yang harus dimiliki oleh sebuah informasi yaitu bersifat akurat. Maksud dari akurat di sini artinya informasi yang disajikan harus terbebas dari kesalahan-kesalahan yang nantinya dapat menyesatkan si penerima informasi tersebut. Lalu mengapa informasi harus akurat?

Alasannya karena antara sumber informasi sampai ke penerima informasi kemungkinan bisa terjadi gangguan yang dapat mengubah ataupun merusak informasi yang disampaikan. Dengan keakuratan ini diharapkan informasi yang disampaikan kepada si penerima benar-benar sesuai dengan kenyataannya.

Tepat pada waktunya

Kualitas sebuah informasi juga ditentukan dari tepat tidaknya informasi tersebut di sampaikan. Tepat waktu di sini berarti bahwa informasi yang di sampaikan kepada penerima pesan tidak terlambat. Karena dengan adanya informasi tersebut bisa dijadikan sebagai landasan seseorang untuk mengambil keputusan.

Relevan

Maksud dari istilah relevan di sini yaitu informasi yang disampaikan tersebut memiliki manfaat untuk para penggunanya. Namun perlu diingat bahwa relevansi informasi pada tiap-tiap orang dengan yang lainnya tidaklah sama.

Demikian sedikit ulasan terkait pengertian informasi beserta ciri-cirinya. Setelah mengetahui definisi dari Informasi diatas, tentu Anda sudah bisa mengetahui pengertian dari informasi dalam lingkup yang lebih luas. Semoga informasi terkait pengertian informasi diatas bermanfaat dan semakin menambah wawasan kita.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.