Pengertian Iklan, Ciri, Tujuan, Unsur dan Jenis

pengertian iklan

Tahukan anda pengertian iklan? Apa saja teknik beriklan yang efektif? Apa saja yang bisa digolongkan dalam kategori iklan? Dan masih banyak basahan lain terkait iklan, silakan baca artikel ini sampai habis. Untuk mengawali artikel ini mari kita bahas pengertian iklan secara umum.

Pengertian Iklan Secara Umum

Untuk mengetahui pengertian iklan secara umum, mari kita lihat dua sumber berikut ini.

Menurut kamus Oxford, pengertian iklan adalah sebagai berikut :

Iklan adalah pemberitahuan atau pengumuman dalam media publik yang mempromosikan produk, layanan, atau acara atau mempublikasikan lowongan kerja.

Berikutnya mari kita lihat pengertian iklan menurut wikipedia. Dalam bahasa Indonesia iklan disebut juga dengan pariwara.

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.[

Definisi Iklan Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami tentang definisi iklan, tidak ada salahnya jika kita merujuk pada pendapat beberapa ahli terkait tentang iklan. Berikut ini definisi iklan menurut beberapa ahli terkenal di dunia.

Kotler

Definisi iklan menurut Kotler yaitu sebuah bentuk penyajian dan promosi suatu produk atau jasa dan juga ide yang dilakukan secara non-personal oleh sebuah sponsor tertentu yang mana untuk setiap penayangannya pihak pemasang iklan harus membayar dengan biaya tertentu.

Rhenald Kasali

Iklan merupakan sebuah pesan yang bertujuan untuk menawarkan sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak umum sehingga mereka menjadi tertarik terhadap produk atau jasa tersebut.

Courtland L Bovee

Selanjutnya pengertian iklan menurut Courtland L Bovee adalah suatu bentuk komunikasi non-personal yang berbayar dan sifatnya persuasif terkait dengan produk atau jasa dan ide yang dimuat melalui berbagai macam media.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan sebagai pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum

Platform Iklan Online

Saat ini sangat lazim penggunakan platform iklan online. Bukan tanpa alasan, periklanan online memiliki banyak keunggulan :

  1. Lebih murah, periklanan online cenderung lebih murah karena tidak membutuhkan sumberdaya lain seperti kertas, banner atau yang lainnya.
  2. Efektif, iklan online efektif karena lebih tepat sasaran dan terukur.
  3. Terukur, karena beriklan secara online dapat dipantau secara statistik sehingga sangat terukur.

Jenis Iklan Online

Ada beberapa jenis iklan yang sering digunakan saat ini.

Search Engine Marketing

Search engine marketing adalah teknik beriklan dengan menggunakan mesin pencari. Mesin pencari dalam hal ini adalah platform seperti Google, Bing dan lain-lain.

pengertian iklan contoh search engine marketing
pengertian iklan contoh search engine marketing

Dengan teknik ini, bisnis anda akan muncul pada hasil pencarian Google atau mesin pencari lain sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis anda. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan baca artikel berikut :

Social Media Marketing

Social media marketing adalah teknik beriklan dengan memanfaatkan media social seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain lain.

Mirip dengan teknik beriklan search engine marketing, pada social media marketing memungkinkan iklan anda muncul pada halaman social media pengguna. Social media marketing juga dapat memanfaatkan unsur viralitas untuk meningkatkan jangkauan iklan. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan baca artikel berikut :

Karakteristik Iklan

Sebenarnya sangat mudah untuk mengenali sebuah iklan. Apalagi jika kita sudah mengetahui karakteristik dari iklan tersebut. Dengan melihat karakteristiknya, kita dapat mengetahui apakah pesan atau informasi yang disampaikan bisa disebut sebuah iklan atau tidak. Berikut ini beberapa karakteristik atau ciri-ciri iklan secara umum.

  1. Pesan atau informasi yang disampaikan dalam iklan lebih komunikatif dan informatif.
  2. Biasanya iklan cenderung menggunakan kalimat atau bahasa yang bersifat persuasif agar lebih menarik ketika dibaca oleh khalayak ramai.
  3. Cenderung menggunakan bahasa yang tepat, sopan, logis, dan mudah untuk dipahami oleh target pasar.
  4. Lebih banyak menjelaskan tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Syarat-Syarat Iklan

Adanya iklan dalam sebuah media online atau offline tentu tidak terjadi begitu saja. Sebuah iklan bisa dikatakan baik dan juga menarik bila iklan tersebut mengandung syarat-syarat berikut ini:

  1. Bersifat obyektif, jujur dan juga proporsional
  2. Informasi yang disampaikan harus lebih jelas, padat dan mudah dimengerti oleh pembaca iklan.
  3. Iklan sebaiknya dikemas dengan bentuk yang lebih bagus agar dapat menarik perhatian dan juga minat dari pembaca iklan.
  4. Pesan atau informasi yang disampaikan di dalam iklan sebaiknya tidak menyinggung, menyakiti, dan merendahkan pihak-pihak tertentu.

Tujuan Iklan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa secara umum tujuan dari iklan adalah untuk membujuk, mempengaruhi dan juga mendorong orang lain agar tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Jika dilihat dari pengertian di atas, pengertian iklan yaitu memberikan informasi kepada khalayak ramai terkait dengan produk barang atau jasa yang diiklankan.

Selain itu iklan juga bertujuan untuk mempengaruhi orang lain yang mana merupakan target market yang ingin dituju oleh pihak pengiklan. Pihak pengiklan berharap dengan adanya iklan tersebut masyarakat umum tertarik untuk menggunakan produk atau jasanya.

Kegunaan Iklan Bagi Pihak Pengiklan

Sebuah iklan tidak akan pernah muncul jika tidak bisa memberikan manfaat bagi pihak pemasang iklan. Secara umum ada beberapa manfaat atau kegunaan iklan yang bisa didapatkan oleh pihak pemasang iklan, diantaranya:

  1. Produk atau jasa yang diiklankan akan cenderung lebih dikenal oleh khalayak ramai
  2. Dengan adanya iklan potensi konsumen baru pun akan semakin bertambah sehingga dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa yang diiklankan tersebut.
  3. Keuntungan yang diperoleh pihak pemasang iklan akan semakin bertambah seiring dengan meningkatnya penjualan produk atau jasa tersebut.
  4. Dapat meningkatkan brand awareness sebuah merek pada masyarakat luas, sehingga masyarakat pun lebih mudah mengidentifikasi produk atau jasa yang ditawarkan.

Jika kita lihat dari berbagai media baik online maupun offline ada banyak sekali jenis-jenis iklan yang kita jumpai selama ini. Mungkin beberapa dari Anda masih belum begitu sadar atau tahu macam-macam iklan yang seringkali muncul. Nah berikut akan dijelaskan beberapa informasi terkait jenis-jenis iklan berdasarkan isi, media, dan juga sifat dari iklan tersebut.

Jenis Iklan Berdasarkan Isi

Iklan Pemberitahuan/Pengumuman

Salah satu jenis iklan yang seringkali dijumpai adalah iklan pemberitahuan atau pengumuman. Sesuai dengan namanya, jenis iklan yang satu ini bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu yang disampaikan melalui informasi atau pemberitahuan. Beberapa contoh dari iklan pemberitahuan ini seperti iklan berita duka cita dan reuni alumni sekolah.

Iklan Niaga (Penawaran)

Selanjutnya adalah iklan penawaran atau niaga. Untuk iklan yang satu ini bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa pada masyarakat umum. Contoh untuk jenis iklan penawaran ini seperti penawaran produk tas, sepatu, smartphone dan lain sebagainya. Sedangkan untuk jasa misalnya jasa kurir, jasa pengobatan dan masih banyak lagi.

Iklan Layanan Masyarakat

Sesuai dengan namanya kita pasti sudah bisa menebak jenis iklan yang satu ini. Tujuan utama dari iklan layanan masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi dan juga pencerahan kepada masyarakat umum tentang isu atau hal tertentu. Biasanya iklan layanan masyarakat ini dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintahan.

Jenis Iklan Berdasarkan Media

Iklan Cetak

Jenis iklan yang satu ini biasanya dipasang pada media yang memakai teknik cetak baik yang menggunakan teknik cetak laser, sablon, letterpress dan masih banyak lagi. Beberapa iklan yang masuk dalam jenis iklan cetak seperti majalah, tabloid, poster, dan lain sebagainya.

Iklan Elektronik

Berbeda dengan jenis iklan sebelumnya, untuk jenis iklan yang satu ini lebih memanfaatkan media yang berbasis elektronik. Beberapa media yang dimaksud seperti radio, televisi, film, dan juga internet. Berikut ini beberapa jenis iklan yang masuk kategori iklan elektronik, yaitu:

      • Iklan radio, merupakan sebuah iklan yang hanya bisa didengar karena bentuk iklan ini hanyalah berupa audio.
      • Iklan Televisi, Untuk jenis iklan ini biasanya mengandung unsur suara, gambar, gerak, dan juga teks sehingga iklan televisi ini cenderung lebih bagus dan menarik.
      • Iklan film, Jenis iklan yang satu ini biasanya hanya muncul ketika pemutaran sebuah film atau sinema. Umumnya iklan akan tayang sebelum film diputar.
      • Iklan Internet, Sebagian besar dari Anda tentu sudah tidak asing dengan iklan yang satu ini. Iklan jenis ini biasanya tayang di berbagai media online yang banyak dikunjungi. Beberapa jenis iklan internet seperti, sponsorship, website, Sosial Media Marketing dan lain sebagainya.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Iklan Komersial

Tujuan utama yang ingin dicapai oleh pihak pemasang jenis iklan ini adalah untuk mencari keuntungan secara ekonomi dan juga meningkatkan penjualan produk atau jasanya. Iklan komersial ini terbagi menjadi tiga kategori, yaitu iklan konsumen, iklan bisnis dan juga ikan profesional.

Iklan Non-Komersial

Sesuai dengan namanya, jenis iklan non komersial ini umumnya dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi, edukasi, dan ajukan terhadap masyarakat umum. Dipasangnya iklan ini tidak untuk mencari keuntungan secara ekonomi, melainkan untuk mencapai keuntungan sosial bagi seluruh masyarakat umum

Demikian sedikit penjelasan terkait pengertian iklan, manfaat, tujuan dan juga jenis-jenis iklan yang seringkali kita jumpai. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kita agar lebih memahami tentang iklan.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.