Pengertian Ekonomi Menurut Ahli

Ekonomi merupakan kata yang tak lagi asing bagi kita. Tapi Tahukah anda pengertian ekonomi? Ekonomi sering kita pakai dalam kehidupan masyarakat, rumah tangga, pendidikan hingga di dunia politik.

Kata-kata mampu dipahami tetapi sulit untuk didefinisikan bagi masyarakat awam. Lalu, apa sebenernya ekonomi itu?

Pengertian ekonomi adalah ilmu sosial yang segala aktivitas manusia dimana aktivitas tersebut berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi baik terhadap barang maupun jasa.

Sedangkan secara bahasa ekonomi terdiri dari dua kata yaitu  “Oikos” dan “Nomos” yang berasal dari bahasa yunani kuno. “Oikos” yang memiliki arti keluarga atau rumah tangga dan “Nomos” yang memiliki arti aturan, peraturan, atau hukum.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau biasa kita sebut dengan KBBI, dijelaskan bahwa ekonomi adalah suatu ilmu yang membahas asas-asas produksi, distribusi hingga pemakaian barang-barang. Tak hanya itu, ekonomi juga membahas tentang kekayaan yang mencakup hal keuangan, industri hingga perdagangan. Selain membahas tentang materi, dalam KBBI ini juga menjelaskan bahwa pemanfaatan waktu yang berharga juga mencakup bagian dari ekonomi.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Dalam dunia era modern ini pembahasan ekonomi akan dapat diakses dari berbagai media, televisi misalnya. Televisi menyajikan berbagai macam program yang membahas tentang ekonomi, bahkan mereka mendatangkan berbagai ahli ekonomi untuk menjelaskan. Ahli ekonomi atau biasa disebut dengan ekonom adalah orang yang pekerjaannya melakukan analisis data menggunakan konsep ekonomi. Banyak sekali ahli ekonomi di dunia ini, beberapa diantaranya sebagai berikut:

Robbins

Robbins menyatakan bahwa ekonomi adalah suatu studi yang membahas tentang perilaku manusia yang dihadapkan dengan ketersediaan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuannya.

Abraham Maslow

Abraham maslow menyatakan bahwa ekonomi ialah suatu ilmu yang dapat menyelesaikan seluruh permasalahan manusia dalam kehidupan melalui pengolahan seluruh sumber daya yang tersedia. Pengolahan yang dimaksud di sini menggunakan berdasarkan teori dan prinsip hingga menempuh jalan yang efisien dan efektif.

Amwal

Amwal menyatakan bahwa ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang cara menentukan keputusan yang efisien dalam penggunaan sumber daya yang tersedia sehingga kebutuhan dan tujuan dari negara, masyarakat maupun individu tercapai.

Aristoteles

Aristoteles menyatakan bahwa ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang bisa digunakan dengan dua jalan, yaitu dapat dipakai dan dapat ditukar. Kata lain, ekonomi mempunyai nilai tukar dan nilai guna.

Paul anthony

Paul anthony menyatakan bahwa ekonomi merupakan suatu acara yang digunakan masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya hingga mampu menghasilkan komoditi dan mendistribusikannya agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas

Alfred marshall

Alferd marshall menyatakan pendapat bahwa ekonomi merupakan studi kemanusiaan yang menyangkut kegiatan dalam menjalani hidup seperti bergerak dan berpikir sehari-hari.

John adam smith

John adam smith menyatakan pendapat bahwa ekonomi merupakan suatu penyelidikan keadaan dan sebab dari kekayaan negara.

John stuart mill

John stuart mill menyatakan pendapat bahwa ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari nilai tukar barang maupun jasa yang dapat meningkatkan kemakmuran suatu negara.

Dari berbagai pendapat dari beberapa ahli dapat disimpulkan bahwa ekonomi merupakan bidang ilmu yang membahas pengolahan sumber daya sehingga mampu memenuhi semua kebutuhan kehidupan masyarakat dan meningkatkan kemakmurannya.

Cakupan ilmu ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang sangat luas, maka dapat dipersempit dengan membaginya menjadi beberapa bagian yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi dan ekonomi terapan. Ekonomi deskriptif merupakan ilmu yang mengambarkan secara faktual suatu keadaan menggunakan angka-angka, teori ekonomi adalah bagian ilmu yang menjelaskan tentang mekanisme. Sedangkan ekonomi terapan merupakan bagian yang menggunakan kesimpulan dari teori ekonomi untuk meyelesaikan masalah yang dihimpun oleh ekonomi deskriptif.

Prinsip-prinsip ekonomi

Mengacu pada pengertian yang telah disebutkan di atas, prinsip-prinsip ekonomi dibagi menjadi tiga yaitu prinsip ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi.

Prinsip ekonomi produksi

Prinsip ekonomi produksi mempunyai pengertian dalam memproduksi barang maupun jasa. Tentunya dalam proses ini membutuhkan biaya dan usaha yang pasti akan membuka lapangan kerja dan menghasilkan produk. Misalnya, mendirikan tempat usaha dekat bahan baku, tenaga kerja atau daerah pemasaran dan menentukan harga jual yang menguntungkan.

Prinsip distribusi

Dalam kegiatan distribusi terdapat kegiatan yang menyalurkan hasil yang telah diproduksi hingga sampai ke tangan konsumen. Beberapa yang harus diperhatikan dalam prinsip distribusi diantaranya :

    • meningkatkan kualitas pelayanan yang baik
    • penyaluran tepat waktu
    • menentukan lokasi perusahaan yang tepat yakni berada diantara produsen dan konsumen
    • menggunakan sarana dalam pendistribusian yang murah
    • membeli barang langsung dari produsen dan memilih produsen yang tepat
    • barang dan jasa yang tersedia disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Prinsip konsumsi

Prinsip konsumsi ialah suatu prinsip mengambil manfaat sebesar-besarnya dari suatu produk dengan anggaran seminim-minimya. Contohnya, membeli barang dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, menentukan pilihan produk dan melakukan penawaran sebelum membeli.

Tujuan serta manfaat penerapan prinsip ekonomi

Tanpa tujuan dan manfaat, prinsip tidak akan ada. Tujuan dari prinsip ekonomi adalah mendapatkan keuntungan maksimal, meminimalisir kerugian, mencegah perilaku boros, dan menggunakan modal secara maksimal. Adapaun manfaat dari prinsip ekonomi adalah bertindak rasional, ekonomis, hemat dan membuat skala prioritas. Dengan mengetahui prinsip ekonomi diharapkan dapat mengerti pentingnya efisiensi dalam mengelola kerugian sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Motif ekonomi

Motif merupakan dorongan atau suatu alasan seseorang melakukan suatu perbuatan. Jadi motif ekonomi adalah motif ataupun dorongan seseorang melakukan kegiatan ekonomi. Dalam motif ekonomi dibagi menjadi dua sebagai berikut:

  1. Berdasarkan asalnya, motif ekonomi dibagi menjadi dua, yaitu secara intrinsik dan ekstrinsik. Secara intrinsik yaitu dorongan dari diri manusia, misalnya mencari air karena haus, mencari makan karena lapar. Sedangkan secara ekstrinsik yaitu dorongan dari luar untuk melakukan kegiatan ekonomi, misalnya membeli mobil karena melihat orang lain membelinya.
  2. Berdasarkan pertimbangannya, motif ekonomi dibagi menjadi tiga yaitu untuk bertahan hidup, mendapatkan keuntungan dan mendapatkan penghargaan.

Kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi dalam kehidupan secara garis besar dibagi menjadi tiga yakni kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi. Berikut penjabarannya:

Produksi

Kegiatan produksi adalah kegiatan dimana suatu pelaku usaha memproduksi suatu barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Produksi ini meliputi berbagai sektor industri, baik makanan, sandang, properti, maupun dibidang jasa.

Distribusi

Proses distribusi bukan berarti proses tunggal. Proses inilah yang berperan menyampaikan barang ke tangan konsumen, dari pemindahan produk, pengemasan penyimpanan hingga pengedaran pemasaran produk. Berbagai serangkaian kegiatan tersebut memiliki tujuan akhir yakni menyampaikan produk ke tangan konsumen.

Konsumsi

Kegiatan konsumsi ini adalah kegiatan paling akhir dalam sektor ekonomi. Dimana kosumen memakai atau menggunakan produk yang telah dihasilkan produsen untuk memenuhi kebutuhannya.

Demikian penjelasan tentang ekonomi secara singkat, semoga bermanfaat.

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.