Pengertian Data – Kupas Tuntas Apa Itu Data?

Tahukah anda apa pengertian data? Mungkin dari sebagian besar Anda sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini.

Jika dilihat sekilas kita hanya mengetahui data secara garis besar saja. Karena banyak orang yang menyebutnya sebagai data, akhirnya kita juga ikut menyebutnya sebagai data.

Pengertian data berhubungan erat dengan pengertian informasi. Untuk lebih jelasnya mari simak beberapa informasi berikut ini.

Pengertian Data Secara Umum

Data berasal dari bahasa Latin yang berarti “sesuatu yang diberikan”. Dalam pengertian yang lebih teknis, data adalah seperangkat nilai variabel kualitatif atau kuantitatif tentang satu atau lebih orang atau objek.

Sedangkan datum (data tunggal) adalah nilai tunggal dari variabel tunggal. Data adalah bentuk jamak dari datum.

pengertian data menurut kamus cambridge
pengertian data menurut kamus cambridge

Menurut kamus bahasa Inggris Cambridge, paling tidak ada tiga pengertian data yang dapat kita temukan. Tiga pengertian ini disesuaikan dengan bidang keilmuan.

Pengertian Data Dalam Matematika

Data adalah informasi yang dikumpulkan untuk digunakan. Click To Tweet

Pengertian Data Dalam Bisnis

Data adalah informasi, terutama fakta atau angka, yang dikumpulkan untuk diperiksa, dipertimbangkan serta digunakan untuk membantu membuat keputusan. Click To Tweet

Pengertian Data Dalam Teknologi Informasi

Data adalah informasi dalam bentuk elektronik yang dapat disimpan dan diproses oleh komputer. Click To Tweet

Pengertian Data Menurut Beberapa Ahli

Ada banyak sekali pengertian data yang bisa Anda temukan. Bahkan beberapa ahli mempunyai pendapat masing-masing mengenai apa itu data. Berikut beberapa pengertian data menurut ahli yang harus diketahui.

Arikunto Suharsimi

Arikunto Suharsimi menuturkan bahwa data merupakan semua angka dan fakta yang bisa dijadikan bahan dalam menyusun sebuah informasi.

Nuzulla Agustina

Nuzulla Agustina menuturkan bahwa data merupakan keterangan mengenai suatu hal yang sering terjadi dan berupa kumpulan angka, grafik, gambar, fakta, tabel, huruf dan atau kata yang menggambarkan suatu pemikiran, kondisi, situasi dan objek.

Kuswadi dan E. Mutiara

Kuswadi dan E. Mutiara menuturkan bahwa data merupakan kumpulan keterangan berupa angka, sifat, atau lambang yang didapatkan dari suatu pengamatan.

Slamet Riyadi

Slamet Riyadi menuturkan bahwa data merupakan sekumpulan keterangan berupa angka atau lambang dari pengamatan yang dilakukan.

Kristanto

Kristanto menuturkan bahwa data merupakan fakta mentah mengenai suatu atau beberapa objek yang bisa mengurangi derajat ketidakpastian mengenai suatu kejadian atau keadaan.

Fungsi Data

Sebagai salah satu hal penting di dunia ini, tentu ada banyak fungsi yang dimiliki data. Apakah Anda tahu apa saja fungsi data? Jika belum tidak perlu khawatir, berikut ini 4 fungsi data secara umum.

  1. Salah satu fungsi data secara umum adalah sebagai acuan dalam mengambil keputusan di dalam suatu permasalahan.
  2. Data bukan hanya digunakan untuk acuan dalam mengambil keputusan namun juga berfungsi sebagai acuan dalam implementasi kegiatan.
  3. Selain sebagai acuan, data juga berfungsi sebagai pedoman. Data ini digunakan sebagai dasar di dalam suatu perencanaan, penelitian atau tindakan.
  4. Data bukan hanya digunakan untuk dasar dalam suatu tindakan, penelitian atau perencanaan saja. namun juga berfungsi sebagai dasar dalam melakukan evaluasi di dalam kegiatan tersebut.

Jenis-Jenis Data

Ada banyak sekali jenis-jenis data yang ada di dunia ini. Data-data ini biasanya dikelompokkan berdasarkan cara memperoleh, sumbernya, sifatnya, dan waktu pengumpulannya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Jenis Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

  1. Data Primer, data primer merupakan data baru atau data asli yang dikumpulkan langsung oleh orang bersangkutan (turun tangan langsung dalam melakukan penelitian).
  2. Data Sekunder, data sekunder merupakan data yang dikumpulkan selain dari penelitian lapangan secara langsung. Bisa didapatkan dari berbagai macam sumber seperti dokumen dahulu, penelitian sebelumnya, perpustakaan maupun media lainnya.

Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

  1. Data Internal, data internal merupakan data yang didapat dari dalam organisasi atau kelompok tertentu. Contoh data yang bisa didapatkan secara internal adalah jumlah modal, jumlah pegawai, jumlah produksi dan lain sebagainya.
  2. Data Eksternal, data eksternal merupakan kebalikan dari data internal. Data-data eksternal didapat dari luar organisasi atau kelompok. Contoh data yang bisa didapatkan secara eksternal adalah perubahan kebiasaan pada masyarakat, daya beli, dan lain sebagainya.

Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

  1. Data Kualitatif merupakan data dalam bentuk gambar, simbol atau verbal. Beberapa contoh data kualitatif adalah tingkat kepuasan konsumen di dalam kuesioner.
  2. Data Kuantitatif merupakan data dalam bentuk bilangan atau angka. Beberapa contoh data kuantitatif adalah nilai pendapatan, harga saham dan lain sebagainya.

Jenis Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

  1. Data Cross Section merupakan data yang dikumpulkan pada waktu tertentu saja untuk mengetahui keadaan pada waktu tersebut. contoh data cross section adalah data yang dihasilkan dari kuesioner penelitian.
  2. Data Berkala merupakan data yang dikumpulkan secara berkala atau rutin dari waktu ke waktu yang sudah ditentukan untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada kejadian tertentu. Contoh data berkala adalah harga sembako.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami pengertian data? Dengan penjelasan diatas, semoga Anda mendapat banyak manfaat.

Leave a Comment

Share via