Pengertian Artikel dan Manfaatnya di Tahun 2020

pengertian artikel

Apakah anda tahu apa pengertian artikel? Pada dasarnya artikel bukanlah sesuatu yang baru, tapi masih banyak yang bingung mengenai apa pengertian artikel. Artikel sangat mudah ditemukan di berbagai media, terutama internet.

Artikel memiliki manfaat bagi banyak kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa, bahkan untuk dunia bisnis artikel memiliki banyak manfaat dan bahkan dapat menjadi strategi pemasaran yang baik.

Tahukan anda menurut hubspot, bisnis yang aktif menulis artikel pada blog dan menjadikannya sebagi bagian strategi pemasaran mereka, mendapatkan 67% lebih banyak leads / konsumen daripada mereka yang tidak menulis artikel.

Selain itu bisnis anda juga akan mendapat peluang 434% lebih tinggi untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari jika Anda memiliki artikel di blog sebagai bagian dari situs web Anda.

Sayangnya, diantara sekian banyak orang yang pernah membaca artikel, masih cukup banyak yang belum paham apa sebenarnya yang dimaksud dengan artikel.

Apa Pengertian Artikel?

Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Pengertian artikel di atas merupakan pengertian artikel secara umum yang diambil dari wikipedia.

Namun agar lebih jelas, mari kita simak bagaimana pengertian artikel menurut para ahli

Pengertian Artikel Menurut Ahli

Selain pengertian di atas, beberapa ahli juga mengungkapkan pendapatnya mengenai artikel.

Pengertian Artikel Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sementara dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa artikel yaitu :

Artikel adalah suatu karya tulis yang dibuat lengkap layaknya esai yang terdapat pada laporan surat kabar, majalah dan lain sebagainya.

Pengertian Artikel Menurut Kamus Oxford

Jika kita mengambil pengertian artikel dari Kamus Oxford :

Artikel adalah sepotong tulisan disertakan dengan orang lain di koran, majalah, atau publikasi lainnya.

Pengertian Artikel Menurut Wikipedia Bahasa Inggris

Sedangkan menurut wikipedia yang behasa inggris, maka artikel dapat berarti sebagai berikut :

Artikel adalah karya tertulis yang diterbitkan dalam media cetak atau elektronik

Pengertian Artikel Menurut Sumandiria

Salah satu dari sekian ahli tersebut ialah Sumandiria. Sumandiria berpendapat bahwa artikel adalah suatu karya tulis lepas dimana isinya berupa opini mengenai suatu masalah yang sifatnya aktual, biasanya juga kontroversial dengan tujuan guna meyakinkan, mempengaruhi, memberitahu dan menghibur pembaca.

Pengertian Artikel Menurut Rillan E. Wolseley

Rillan E. Wolseley juga mengeluarkan pendapatnya mengenai pengertian artikel. Menurutnya, artikel ialah karangan tertulis yang panjang karangan tersebut tidak bisa ditentukan, dibuat dengan tujuan menyampaikan fakta maupun gagasan untuk meyakinkan, menghibur atau mendidik.

Pengertian Artikel Menurut Al –Aqli

Kemudian menurut Al –Aqli, artikel ialah suatu karya tulis yang dibuat setiap disiplin ilmu dan masing-masing pembahasannya dikaji serta diselesaikan dengan tuntas, jelas dan juga lugas sehingga pembaca bisa mengambil apa yang menjadi intisarinya.

Pengertian Artikel Menurut Cambridge Dictionary

Nah kalau menurut Cambridge Dictionary, dikatakan bahwa artikel ialah suatu tulisan yang membahas suatu subyek tertentu serta dipublikasikan di berbaga media, misalnya internet, majalah atau koran.

Ciri-Ciri Artikel

Jika kita mengacu pada pengertian artikel yang telah disebutkan di atas, maka bisa ditemukan bahwa artikel ini mempunya ciri-ciri khusus sebagai berikut :

  1. Metode penulisannya dibuat secara sistematis sehingga para pembaca bisa memahami isinya dengan mudah
  2. Penulisannya menggunakan bahasa yang resmi atau baku, kalimatnya denotative, logis, lugas dan efektif
  3. Di dalam artikel bisa mengandung analisis dan opini, akan tetapi ini harus didasarkan pada teori serta data yang valid
  4. Artikel bersifat faktual dan informatif, dimana di dalamnya terdapat informasi yang didasarkan pada suatu penelitian serta bisa dipertanggungjawabkan
  5. Isi yang dibahas dalam artikel berdasar pada fakta, jadi tidak berdasar pada mitos atau fiksi yang kebenarannya masih diragukan
  6. Umumnya, artikel dibuat secara padat, ringkas, tuntas dan jelas

Manfaat Artikel

Artikel dibuat bukan tanpa tujuan, melainkan karena artikel diketahui mempunyai beberapa manfaat, baik untuk penulis ataupun pembacanya. Diantara manfaat artikel yaitu sebagai sarana dalam menyampaikan suatu gagasan dari penulis kepada masyarakat. Selain itu, artikel juga bisa memberikan dampak secara akademis bagi penulisnya.

Lebih lanjut lagi, artikel merupakan salah satu cara untuk membahas atau menjelaskan suatu masalah yang sesuai dengan suatu bidang ilmu tertentu. Manfaat artikel yang lainnya ialah bisa membantu penulis memahami tujuan dari menulis, sehingga dengan demikian penulis ini diharapkan mempunyai kompetensi.

Artikel bisa membantu penulis agar berfikir secara sistematis serta melatihnya menggunakan bahasa yang baik serta teratur. Dan yang terakhir, artikel bisa menjadi sarana untuk mempublikasikan hasil pemikiran secara ilmiah.

Jenis-Jenis Artikel

Ternyata artikel tidak terdiri atas satu jenis saja, melainkan terdiri dari lima jenis. Lima jenis artikel ini bisa dengan mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun lima jenis artikel yang dimaksud terdiri atas narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi dan persuasi.

  • Artikel narasi ialah artikel yang isinya bercerita tentang rangkaian suatu peristiwa secara sistematis.
  • Artikel deskripsi isinya berupa karangan untuk menggambarkan sesuatu kepada pembaca.
  • Artikel eksposisi yakni jenis artikel yang isinya memberikan informasi tentang suatu topik guna menambah pengetahuan pembaca.
  • Artikel argumentasi, merupakan artikel yang dibuat dengan tujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan menyajikan fakta atau data sebagai alasannya.
  • Artikel persuasi yaitu artikel yang dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca.

Demikianlah pengertian artikel dan beberapa hal lain terkait arikel, semoga bermanfaat.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.