Pengertian Artikel Ilmiah

Salah satu jenis artikel yang paling banyak beredar namun jarang disadari oleh masyarakat adalah artikel ilmiah. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang belum terlalu familiar dengan jenis artikel ini, bahkan untuk pengertian artikel ilmiah itu sendiri. Karenanya disini akan dibahas secara lengkap tentang artikel ilmiah ini.

Pengertian Artikel Ilmiah

Secara sederhananya artikel jenis ini adalah jenis artikel yang ditulis berdasarkan hasil dari kajian ilmiah ataupun penelitian tertentu yang sebelumnya sudah dilakukan. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada penonton maupun masyarakat terkait hasil yang didapatkan untuk dijadikan sebagai bahan belajar.

Jenis Artikel Ilmiah

Sebenarnya masih banyak perdebatan terkait dengan jenis artikel ilmiah ini, namun secara garis besar artikel ini dibagi menjadi dua. Keduanya tentu memiliki perbedaan sesuai dengan apa tujuan artikel tersebut dibuat, dan bagaimana isi dari artikel ilmiah tersebut. Adapun penjelasan terkait jenis artikel ilmiah tersebut diantaranya :

1. Artikel Penelitian

Pertama adalah artikel yang di dalamnya berisikan hasil dari penelitian yang dilakukan secara langsung dan juga mandiri, tanpa diwakilkan oleh siapapun. Artinya artikel ini secara tidak langsung merupakan laporan hasil penelitian, namun ditulis dan disajikan dengan menggunakan gaya penulisan model artikel

Artikel ini bisa ditulis dengan menggunakan dua cara umum. Pertama sebelum melakukan laporan, artikel ditulis dengan baik untuk mendapatkan opini atau pendapat dari banyak pihak. Kedua setelah selesai laporan teknis, ketika sudah direvisi. Sehingga kondisinya jauh lebih matang.

2. Artikel Non Penelitian

Kalau artikel yang satu ini penulis bukanlah peneliti yang melakukan penelitian secara langsung, melainkan hanya berdasarkan sumber saja. Beberapa sumber tersebut bisa berasal dari jurnal-jurnal penelitian, dan juga buku ataupun mewawancarai narasumber.

Meskipun bukan berasal dari penelitian langsung, namun tetap saja harus ditulis dengan terstruktur dan juga sifatnya sistematis. Hal yang menjadi pembeda kedua artikel ini adalah numerisasi atau penomoran. Karena di artikel ini tidak ada penomoran, berbeda dengan artikel penelitian.

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah

Setelah melihat dua jenisnya, maka saatnya untuk melihat bagaimana ciri dari artikel ini. Karena dengan memahami cirinya, maka mudah untuk mengenali artikel ini. Adapun beberapa ciri yang dimiliki oleh artikel ilmiah tersebut diantaranya :

1. Memiliki Struktur Sajian yang Sangat Ketat

Karena merupakan artikel ilmiah, maka struktur sajiannya tidak boleh sembarangan. Sudah ada aturan baku yang harus diikuti oleh semua yang menulisnya. Struktur artikel ini dimulai dari pendahuluan, isi (pokok pembahasan), dan juga penutup.

2. Komponen dan Substansi

Memang tidak semua komponen artikel ilmiah ini sama satu dengan yang lainnya, pasti terdapat beberapa perbedaan. Namun pasti ada bagian pokok seperti pendahuluan, isi, dan juga penutup serta daftar pustaka. Lalu ada juga abstrak di dalamnya, dan hal tersebut harus selalu dimasukkan dalam artikel ilmiah.

3. Ditulis Dengan Objektif

Tidak boleh penulis menggunakan pandangan yang subjektif saat sedang menulis artikel ilmiah. Karena artikel ini merupakan hasil dari penelitian, dan tentunya hasil dari penelitian haruslah bersifat objektif. Gaya bahasanya juga bukan gaya bahasa impersonal, tidak menggunakan kata ganti untuk orang pertama dan kedua.

4. Penggunaan Bahasa

Untuk penggunaan bahasa ini artikel ilmiah menggunakan bahasa yang baku dan harus efektif. Kalimatnya pun memiliki sifat yang terstruktur dan tidak boleh berantakan. Lalu artikel ini juga menggunakan kalimat ataupun kata yang menggunakan bentuk pasif.

Tujuan Artikel Ilmiah

Tentunya suatu hal dibuat dengan tujuan tertentu, begitu juga dengan artikel ilmiah. Saat disusun, tentu penulis memiliki tujuannya tersendiri. Adapun tujuan dari artikel ilmiah tersebut yakni :

  • Sarana untuk menyampaikan gagasan
  • Sebagai tempat berdiskusi saat di pertemuan perihal gagasan
  • Mengikuti ajang lomba
  • Sebagai tugas saat sedang belajar
  • Menyebarkan hasil dari penelitian, dan pengetahuan
  • Menyebarluaskan ilmu yang berasal dari hasil penelitian.

Fungsi Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah memiliki fungsi yang berbeda dengan tujuannya. Sehingga hal ini juga perlu dipahami dan juga diperhatikan. Untuk fungsinya sendiri secara garis besar hanya ada tiga yang diantaranya :

  • Menaikkan wawasan dan pengetahuan
  • Mendistribusikan ilmu pengetahuan
  • Bahan rujukan

Itulah tadi pembahasan lengkap terkait artikel ilmiah. Dimulai dari pengertian artikel ilmiah sampai ke fungsi artikel tersebut. Sehingga tidak perlu bingung lagi saat hendak membuat ataupun membedakannya dengan jenis artikel lainnya.