Pengertian Akuntansi? Apa Itu Akuntansi

Apa pengertian akuntansi? Bagi Anda yang menempuh pendidikan IPS atau ekonomi tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah akuntansi.

Akuntansi didefinisikan sebagai suatu proses pencatatan, meringkas, mengolah, mengelompokkan data dan menyajikan data agar lebih mudah untuk dibaca dan dipahami. Selain itu istilah akuntansi juga sering dikaitkan dengan bidang keuangan.

Berbicara tentang akuntansi, pasti tidak jauh-jauh dengan angka-angka dan juga perhitungan rumit terkait dengan pencacatanĀ transaksi.

Akuntansi sangat penting dalam segala bentuk bisnis, baik itu bisnis tradisional maupun bisnis online.

Secara umum, akuntansi memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis baik skala kecil maupun skala besar untuk pelaporan keuangan perusahaan.

Dengan adanya sistem akuntansi ini tentu pimpinan bisnis akan lebih mudah dalam mengambil keputusan.

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Berdasarkan Wikipedia :

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi non-profit, dan lembaga pemerintah. (wikipedia)

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Agar lebih jelasnya, berikut ini akan disajikan beberapa ulasan terkait pengertian akuntansi yang diungkapkan oleh beberapa ahli terkenal.

Pengertian Akuntansi Menurut Littleton

Pengertian akuntansi menurut Littleton yaitu sebuah aktiva yang dilakukan dalam rangka untuk melaksanakan perhitungan periodik secara rinci baik yang berkaitan dengan biaya ataupun hasil. Definisi akuntansi yang diungkapkan oleh tokoh terkenal tersebut merupakan inti dari teori akuntansi dan juga sering dijadikan sebagai rujukan.

Pengertian Akuntansi Menurut Rudianto

Selanjutnya menurut Rudianto, pengertian akuntansi merupakan sebuah sistem infomasi yang mana menghasilkan laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban pada pihak-pihak yang berhubungan dengan aktivitas ekonomi dan juga kondisi perusahaan. Pihak-pihak yang berkaitan tersebut seperti pemilik modal, pimpinan perusahaan, manajer dan lain sebagainya.

Pengertian Akuntansi Menurut Charles T Horngren dan Walter T. Harrison

Charles T Horngren dan Walter T. Harrison mengungkapkan pengertian akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang berguna untuk mengukur aktivitas bisnis sebuah perusahaan. Selain itu akuntansi juga digunakan sebagai pemrosesan data menjadi laporan dan juga mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak-pihak pengambil keputusan.

Pengertian Akuntansi Menurut AAA

Dalam halaman web assignmentpoint.com kita ketahui pengertian akuntansi menurut AAA atau American Accounting Association

Akuntansi adalah seni mencatat, mengklasifikasikan, meringkas secara signifikan dalam hal transaksi uang atau peristiwa yang merupakan bagian dari setidaknya dari karakter keuangan dan menafsirkannya.

akuntansi merupakan sebuah sistem pengidentifikasian dan juga pengukuran yang bertujuan untuk memberikan laporan terkait informasi ekonomi dan juga penilaian. Menurut AAA tujuan akuntansi ialah sebagai bentuk perhitungan secara periodik baik pada usaha maupun hasil.

Pengertian Akuntansi Menurut AICPA

Berbeda dengan AAA, menurut AICPA pengertian akuntansi adalah sebagai berikut.

Akuntansi adalah seni merekam, mengklasifikasikan, dan meringkas secara signifikan dan dalam hal uang, transaksi, dan peristiwa yang, setidaknya sebagian dari karakter keuangan, dan menafsirkan hasilnya. Click To Tweet

Pengertian Akuntansi Menurut Arnold

Satu lagi pengertian akuntansi menurut Arnold yaitu suatu sistem yang memberikan informasi terutama yang berkaitan dengan keuangan pada pihak-pihak atau siapa saja yang terkait atau pembuat keputusan dan pengendali penerapan keputusan tersebut.

Berdasarkan beberapa pengertian akuntansi yang diungkapkan beberapa ahli diatas, dapat disimpulkan bahwa akuntansi merupakan sistem dalam sebuah bisnis atau usaha yang berkaitan dengan keuangan dan bagaimana uang tersebut bisa masuk maupun keluar

Tujuan Akuntansi

Setelah mengetahui beberapa pengertian yang sudah dijelaskan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa tujuan akuntansi secara umum yakni untuk mengumpulkan data dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan keuangan, kinerja, posisi keuangan dan juga arus kas yang terjadi dalam sebuah bisnis pada periode tertentu. Jika dijabarkan, ada beberapa tujuan akuntansi, antara lain:

Tujuan Akuntansi Secara Umum

  • Sebagai wadah untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan sistem atau kondisi keuangan baik berupa harta (aktiva) ataupun kewajiban (pasiva) perusahaan.
  • Sebagai media atau wadah untuk menyediakan berbagai informasi yang berkaitan dengan perubahan pada sumber ekonomi (netto) sebuah perusahaan atau bisnis.
  • Memberikan informasi keuangan perusahaan sehingga dapat membantu dalam pembuatan keputusan yang berkaitan dengan potensi keuntungan perusahaan tersebut.
  • Dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk mengetahui perubahan pada berbagai sumber ekonom perusahaan seperti aset, hutang dan juga modal.
  • Akuntansi menyediakan informasi penting lainnya terkait laporan keuangan perusahaan untuk membantu pihak-pihak yang menggunakan laporan tersebut.

Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Lalu apa tujuan akuntansi secara khusus? secara khusus tujuan akuntansi adalah menyediakan atau memberikan informasi berupa laporan posisi keuangan, hasil usaha, perubahan posisi keuangan perusahaan dan lain sebagainya.

Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

Secara kualitatif, tujuan dari akuntansi terbagi menjadi beberapa hal, apa saja itu? Berikut ulasannya.

  • Menyampaikan atau memberikan informasi yang sudah terbukti kebenarannya dan adanya validitas.
  • Menyampaikan informasi yang relevan atau sesuai dengan kenyataan.
  • Informasi yang disajikan mudah dan dapat dimengerti oleh pihak-pihak yang berkaitan dengan hasil akuntansi tersebut.
  • Menyajikan informasi keuangan atau transaksi yang sesegera mungkin
  • Informasi akuntansi yang disajikan benar-benar sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) dan juga dapat diperbandingkan.

Fungsi Dari Akuntansi

Sesuai dengan pengertian akuntansi yang sudah dijabarkan diatas, diketahui akuntansi menyinggung tentang sistem pelaporan keuangan terutama terkait untung rugi perusahaan. Oleh karena akuntansi memiliki fungsi yang sangat besar dalam sebuah bisnis. Nah, berikut ini beberapa fungsinya:

Recording Report

Fungsi yang pertama adalah merekam catatan transaksi secara sistematis dan juga kronologis. Fungsi yang satu ini menjadi fungsi yang paling utama dari akuntansi. Tujuan dari pencatatan ini untuk mengetahui apakah perusahaan menerima untung atau rugi dari bisnis yang dijalankannya.

Melindungi Aset Dan Properti

Selanjutnya fungsi akuntansi yaitu untuk menghitung berapa jumlah penyusutan aset dalam sebuah perusahaan. Jika salah dalam perhitungan maka dapat mengakibatkan sebuah bisnis melalui kebangkrutan. Oleh karena itu akuntansi dirancang untuk melindungi berbagai properti dan aset dalam bisnis.

Meeting Legal

Tahukah Anda bahwa fungsi akuntansi juga berkaitan dengan perancangan dan juga pengembangan dalam sistem akuntansi. Misalnya sistem akuntansi ini berusaha memastikan bahwa catatan dan pelaporan hasil sudah memenuhi persyaratan hukum.

Mengelompokkan

Selanjutnya fungsi akuntansi yang tidak kalah penting dengan yang disebutkan sebelumnya yaitu sebagai klasifikasi atau pengelompokan terkait dengan sistem analisis yang sistematis dari semua data yang sudah tercatat. Dengan adanya pengelompokan atau klasifikasi tersebut tentu akan semakin mempermudah dalam pengecekan jenis transaksi atau entri.

Mengkomunikasikan Hasil

Selanjutnya fungsi akuntansi yang tidak kalah penting yaitu untuk mengkomunikasikan hasil dan transaksi yang telah dicatat pada semua pihak-pihak yang bersangkutan dengan bisnis tertentu. Maksud dari pihak-pihak terkait tersebut seperti investor, kreditor, karyawan, kantor pemerintahan dan masih banyak lagi.

Membuat Ringkasan

Seperti yang diketahui bahwa aktivitas meringkas selalu membutuhkan penyajian data rahasia dengan penyampaian yang mudah untuk dipahami. Selain itu ringkasan ini juga berguna bagi pihak internal dan juga eksternal untuk pengguna akhir dari laporan akuntansi yang dibuat tersebut.

Analisis dan Menafsirkan

Fungsi akuntansi yang terakhir adalah digunakan sebagai analisis dan juga menafsirkan data keuangan bisnis atau perusahaan. Data keuangan yang sudah melalui proses analisis akuntansi akan lebih mudah dimengerti sehingga dapat membantu dalam membuat penilaian terkait dengan kondisi keuangan perusahaan.

Manfaat Akuntansi Untuk Perusahaan

Seperti yang diketahui akuntansi bukan hanya sekadar pembukuan dan pencatatan transaksi saja tetapi lebih dari itu. Sehingga tidak heran jika manfaat akuntansi bisa dikatakan cukup penting bagi sebuah perusahaan dan dapat memberikan dampak besar bagi perkembangan perusahaan ke depannya. Berikut beberapa manfaat akuntansi diantaranya:

  • Menyampaikan informasi keuangan sebagai dasar untuk membuat keputusan managerial.
  • Akuntansi dapat memberikan informasi berupa laporan kepada pihak eksternal.
  • Digunakan sebagai alat kontrol dan juga pengendali keuangan.
  • Akuntansi juga digunakan sebagai alat untuk evaluasi perusahaan
  • Dapat digunakan sebagai dasar untuk mengalokasikan sumber daya yang tersedia dalam perusahaan.

Bidang-Bidang Akuntansi Dalam Perusahaan/Bisnis

Akuntansi Keuangan

Sesuai dengan namanya, bidang akuntansi yang pertama ini berkaitan dengan pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara berkala. Pencatatan tersebut digunakan sebagai sumber informasi yang berguna untuk perusahaan, pemilik perusahaan dan juga kreditor. Saat ini hampir semua perusahaan atau bisnis menerapkan akuntansi keuangan sebagai bentuk pelaporan dana perusahaan.

Pemeriksaan Keuangan

Bidang akuntansi selanjutnya yaitu berkaitan dengan pemeriksaan. Bidang akuntansi yang satu ini menyangkut pemeriksaan terhadap laporan keuangan yang mana tujuannya adalah untuk mengetahui kejujuran dan juga kebenaran dari laporan yang disajikan. Biasanya bisnis yang masing berkembang, belum menerapkan sistem atau bidang akuntansi yang satu ini.

Namun perlu diketahui bahwa pemeriksaan atau auditing menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis karena untuk mengetahui apakah terjadi tindak korupsi yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan.

Akuntansi Perpajakan

Mendengar namanya, pasti sebagian besar dari Anda sudah tidak asing dengan bidang akuntansi yang satu ini. Sesuai dengan namanya, bidang akuntansi ini berkaitan dengan pelaporan pajak dari laporan keuangan perusahaan. Tidak kalah dengan bidang akuntansi sebelumnya, akuntansi perpajakan ini sangatlah penting karena sebagai pertimbangan terkait dengan konsekuensi dan transaksi bisnis.

Akuntansi Budgeter

Sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing dengan bidang akuntansi yang satu ini. Sesuai dengan namanya, akuntansi bidang ini digunakan untuk membuat atau menyiapkan anggaran perusahaan terkait rencana penggunaan uang atau dana dalam periode tertentu. Dengan adanya bidang ini tentu akan lebih mudah untuk mengetahui berapa uang yang keluar dan uang yang masuk setiap periode.

Akuntansi Biaya

Perlu diketahui bahwa akuntansi biaya biasanya digunakan untuk mengendalikan besarnya budget atau anggaran dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya akuntansi jenis ini maka penggunaan dana perusahaan akan lebih ditekan meskipun sejak awal sudah dianggarkan. Jika kinerja akuntansi ini bagus, tentu akan lebih bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan perusahaan setiap periode nya.

Akuntansi Organisasi Nirlaba

Satu lagi bidang akuntansi yang tidak kalah penting adalah akuntansi organisasi nirlaba. Seperti namanya, akuntansi organisasi nirlaba ini bertujuan untuk merencanakan anggaran bukan untuk mendapatkan keuntungan. Sehingga tidak heran jika tidak semua bisnis menerapkan bidang akuntansi ini pada bisnis atau perusahaannya.

Contoh dari akuntansi organisasi nirlaba yaitu pada dana CSR sebuah perusahaan yang mana termasuk ke dalam golongan akuntansi organisasi nirlaba. Bagaimana apakah Anda sudah cukup jelas?

Nah, demikian sedikit ulasan terkait pengertian akuntansi, fungsi, tujuan, manfaat hingga pembahasan terkait bidang-bidang dalam akuntansi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan kita terkait dunia akuntansi yang mungkin masih belum kita ketahui selama ini.

Leave a Comment