Just another LandingpageID site

Pengaturan Dasar WordPress

Setelah anda menginstall WordPress, langkah berikutnya adalah mengatur WordPress agar dapat berfungsi sebagaimana yang kita inginkan. Pengaturan ini tidak perlu hingga yang tingkat kesulitannya tinggi, basic alias yang mendasar saja. Yang penting WordPress berjalan lancar dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah masuk ke dashboard WordPress kemudian buka menu Settings. Ada beberapa pilihan yang dapat dipilih di bawah settings, yaitu general, writing, reading, discussion, media, dan permalinks.

Artikel ini merupakan bagian dari tutorial Cara Membuat Website Sendiri. Sebuah panduan gratis dimana anda diajarkan tata cara bagaimana membangun sebuah website dari nol.

Ada 3 alasan kenapa panduan Cara Membuat Website Sendiri ini pas untuk anda :

  • Khusus Pemula
    Jika anda adalah pemula, maka jangan khawatir panduan ini memang dibuat untuk anda. jadi akan gampang banget untuk di ikuti.
  • Sehari Jadi
    Jika anda serius mempraktekkan setiap langkah dalam panduan ini, maka besok anda sudah bisa membuat website sendiri.
  • Konsultasi Gratis
    Klo masih bingung juga, anda dapat konsultasi gratis langsung bersama saya. Caranya nanti akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bagi anda yang berminat mempelajarinya dari awal silakan klik tombol berikut.

Pertama yang akan kita bahas dan tekankan adalah pada general settings. Sesuai namanya, pengaturan umum adalah berkaitan dengan hal-hal umum.

General Settings

  1. Anda dapat mengisikan judul website pada kolom Site Title.
  2. Kemudian pilih beberapa kata yang bagus untuk mendeskripsikan website anda, isikan pada kolom Tagline.
  3. WordPress Addres (URL) bisa anda isikan dengan nama domain anda.
  4. Isikan hal yang sama pada kolom Site Address (URL).
  5. Masukkan email anda yang aktif agar WordPress dapat mengirimi anda informasi penting.
  6. Centang kolom Anyone can register jika anda memperbolehkan semua orang untuk berlangganan atau register ke website anda, atau kosongkan jika anda ingin kebalikannya.
  7. Pilih peran pengguna lain pada website anda saat mereka mendaftar di kolom New User Default Role. Kami sarankan untuk biarkan sebagai Subscriber atau pelanggan saja, kecuali memang anda menginginkan yang lain.
  8. Timezone alias zona waktu, sama seperti pengaturan pada handphone atau device anda lainnya, gunakan UTC+7 jika anda berada di Indonesia bagian barat. Gunakan UTC+8 jika anda berada di Indonesia bagian tengah, atau UTC+9 jika anda berada di Indonesia bagian timur.
  9. Pada date format, anda bisa memilih yang mana yang sering anda gunakan. Indonesia biasanya menggunakan tanggal terlebih dahulu, kemudian bulan, lalu tahun.
  10. Sedangkan untuk Time Format, Indonesia biasa menggunakan waktu 24 jam, tidak ada perbedaan siang ataupun malam.
  11. Week Starts on digunakan untuk memulai suatu minggu pada WordPress anda. Kebanyakan negara luar menggunakan Minggu, namun negara kita menggunakan Senin.

tampilan general settings

Berikutnya adalah bagian Writing.

Writing

  1. Centang opsi Convert emoticons to graphics on display agar ketika anda mengetikkan simbol 🙂 langsung muncul seperti ini 😊.
  2. Default post category dan default post format bisa anda pilih untuk mengatur setiap postingan sebelum diubah, akan secara otomatis berformat seperti apa dan termasuk dalam kategori apa.
  3. Selain itu, pada pilihan-pilihan lain jika anda tidak ingin merubah apa-apa, biarkan saja seperti itu menggunakan peraturan default dari WordPress langsung.writing settings

Reading

Tab settings ketiga menyangkut reading settings.

  1. Front page displays dapat anda pilih apakah ingin menampilkan postingan terakhir anda, atau tampilan tetap meskipun anda menulis post terus menerus.
  2. Selain itu anda juga dapat menentukan berapa banyak tampilan posting di halaman home dan syndication feeds website anda.
  3. Search Engine Visibility bila anda centang berguna untuk menghalangi menampilkan web anda di search engine seperti google, bing, yahoo, dan lain-lainnya. Jika anda centang, maka web anda tidak akan muncul di search engine.tampilan reading settings

Discussion

Selanjutnya tab settings ketiga menyangkut Discussion Settings.

  1. Anda bisa mengatur apakah memperbolehkan komentar di website anda atau tidak. Jika anda mengizinkan adanya komentar, biasanya banyaknya komentar dari pengunjung lain disenangi oleh pengunjung yang baru. Hal ini menandakan bahwa selain orang tersebut, banyak juga orang lain yang tertarik pada website anda. Apalagi jika anda rajin membalas komen, ini menandakan bahwa website anda sangat interaktif.
  2. Selanjutnya dalam memberikan komentar anda dapat menggunakan Gravatar. Aturlah icon avatar yang sesuai dengan profil anda.tampilan discussion settings

Permalink

Terakhir, menyangkut mengenai Permalink Setting sebagai tab terakhir di menu pengaturan WordPress. Permalink ini penting untuk mendapat perhatian anda karena bisa memenuhi kebutuhan dan tujuan dari website anda. Search engine seperti Google, Yahoo, bing, dan lainnya akan lebih mudah mengindeks konten atau isi website kita jika kita menggunakan permalink yang sesuai untuk mesin-mesin pencari ini.

tampilan permalink settings

Pengaturan dasar alias setting defaultnya adalah menggunakan page id atau id halaman. Kami sarankan anda mengubah settingan permalink ini berdasarkan postname atau nama postingan kita. Hal ini berguna agar URL link kita menjadi lebih SEO Friendly. Apa itu SEO Friendly? Maksudnya adalah mudah untuk ditemukan oleh search engine-search engine yang ada dan kalau bisa masuk dalam urutan terdepan, karena biasanya orang jarang membuka hasil pencarian hingga ke halaman 5 atau seterusnya. bahsan tentang SEO ini sangat panjang, sehingga tidak akan kita bahas pada kesempatan ini. Semoga pada kesempatan lain bisa kita bahas secara lebih mendetail. Sekian dulu mengenai pengaturan di WordPress.