Pemasaran Langsung : Pengertian Direct Marketing

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian pemasaran langsung, manfaat dan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Untuk meningkatkan suatu penjualan suatu perusahaan, maka pemasaran adalah hal yang harus dilakukan.

Pemasaran dapat dilakukan baik bertemu langsung dengan konsumen atau melalui suatu media. Pemasaran yang dilakukan dengan bertemu langsung dengan konsumen ini disebut dengan pemasaran langsung.

Pemasaran langsung bertujuan untuk mengetahui respon dari konsumen secara langsung terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga, seorang konsumen dapat diketahui tingkat kesukaannya atau ketidaksukaannya secara langsung.

Kegiatan ini dilakukan tanpa perantara, sehingga biaya untuk periklanan dan promosi dapat dikurangi. Hal ini akan memberikan laba yang lebih besar terhadap perusahaan.

Pengertian Pemasaran Langsung

Menurut wikipedia berbahasa Inggris, pengertian pemasaran langsung atau direct marketing adalah sebagai berikut.

Pemasaran langsung adalah bentuk mengkomunikasikan penawaran, di mana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan yang dipilih sebelumnya dan menyediakan metode untuk tanggapan langsung.

Siapa Penemu Pemasaran Langsung?

Jika anda pegiat pemasaran mungkin pernah mendengar agensi dengan nama Wunderman Thompson. Wunderman Thompson adalah agensi digital global dengan 200 kantor di 90 pasar internasional.

Salah satu pendiri dari agensi tersebut adalah orang yang pertama kali menggunakan istilah direct marketing atau pemasaran langsung, dia adalah Lester Wunderman. Dan Lester Wunderman dikenal sebagai bapak pemasaran langsung.

pemasaran langsung lester wunderman
lester wunderman

Lester Wunderman (22 Juni 1920 – 9 Januari 2019) adalah seorang eksekutif periklanan Amerika yang secara luas dianggap sebagai penemu pemasaran langsung modern. Inovasinya termasuk kartu berlangganan majalah, nomor 1-800 bebas pulsa, program imbalan loyalitas, dan banyak lagi. Dia mengidentifikasi, memberi nama, dan mendefinisikan istilah “pemasaran langsung” dalam pidato 1967 di MIT, dan dilantik ke dalam Hall of Fame Iklan pada tahun 1998.

Faktor yang Mempengaruhi Pemasaran Langsung

  1. Pengenalan Produk

Produk atau jasa yang dilakukan pemasaran langsung umumnya merupakan pengembangan produk baru. Sehingga, kemungkinan produk baru tersebut belum pernah dilakukan pengiklanan di media manapun. Konsumen yang ditemui saat pemasaran langsung dapat memberikan respon yang berbeda-beda. Produk yang telah memiliki citra umumnya akan mudah melakukan penjualan.

Keuntungannya target pemasaran akan dapat terpenuhi. Namun, jika produk tersebut merupakan produk yang benar-benar baru dan belum memiliki citra khusus, maka seorang perencana pemasaran haruslah memahami segmentasi dan tren pasar yang sedang berkembang.

  1. Target Pasar

Pemasaran secara langsung umumnya telah memiliki target pasar yang spesifik. Produk atau jasa yang diproduksi disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Untuk memperoleh target pasar ini, dapat diketahui saat perencanaan pemasaran dengan menganalisis segmen pasar. Sehingga, pemasaran produk dapat tepat sasaran.

Target pasar haruslah memiliki kedekatan terhadap produk. Sehingga, citra produk akan dapat dibangun lebih mudah. Kekhasan produk yang menempel dan telah menjadi citra ini akan mempermudah konsumen untuk mengingat dan melakukan pembelian berulang.

  1. Cara Penyampaian Informasi

Cara penyampaian informasi saat pemasaran dilakukan merupakan faktor yang amat penting. Bahasa dan gestur tubuh yang dapat menggiring konsumen untuk mencoba produk hingga akhirnya melakukan pembelian perlu diperhatikan. Informasi-informasi yang disampaikan haruslah sesuai dengan keadaan produk yang sedang dipasarkan. Selain itu, sales promotion harus mengetahui kelebihan produk yang ditawarkan.

Informasi yang tepat dan mudah dicerna oleh konsumen akan membuat konsumen menjadi penasaran. Selain itu, manfaat dari suatu produk harus dipaparkan secara jelas termasuk jika terdapat efek samping. Sehingga, konsumen dapat merasa aman dan tertarik membeli produk tersebut.

Untuk melakukan pemasaran langsung haruslah ditentukan terlebih dahulu tujuan pemasaran dari awal. Sehingga, pemasaran dapat dilakukan secara tepat sasaran. Selain itu, media yang digunakan haruslah dipilih secara tepat untuk menarik keingintahuan konsumen. Saat bertemu konsumen, sales promotion haruslah kreatif untuk memberikan persuasif kepada konsumen sehingga mau membeli produk.

Manfaat Pemasaran Langsung

  1. Bagi Produsen

Pemasaran secara langsung merupakan strategi pemasaran dimana langsung bertemu konsumen. Sehingga dapat diketahui respon yang diberikan oleh konsumen secara langsung. Hal ini dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan inovasi dan analisa metode pemasaran yang tepat. Selain itu, metode penawaran seperti ini akan sulit ditiru oleh pesaing dari sisi promosi. Pemasaran langsung ini dapat menghemat pengeluaran.

  1. Bagi Konsumen

Konsumen disini dibagi menjadi dua jenis, yaitu konsumen produk eceran dan konsumen perusahaan. Bagi seorang konsumen produk eceran, yang membelinya sesuai dengan kebutuhan saja akan memberikan keuntungan bagi mereka. Konsumen tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pembelian. Tentu saja, hal ini akan memberikan kemudahan bagi konsumen.

Selain itu, konsumen dapat melihat katalog ataupun daftar produk yang ditawarkan terlebih dahulu. Sehingga, pembelian dimungkinkan tidak hanya untuk sekali dua kali namun dapat dilakukan berulang. Secara otomatis, akan memunculkan adanya konsumen-konsumen yang baru juga.

Demikianlah bahasan singkat mengenai teknik pemasaran langsung, jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar.

Leave a Comment