10 Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa 2020

Anda mencari pekerjaan freelance untuk mahasiswa? Anda berada pada tempat yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai berbagai macam pekerjaan freelance yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.

Menjadi seorang mahasiswa memang sangat menyenangkan karena di masa inilah Anda lebih bebas melakukan sesuatu atau mengekspresikan semua ide-ide kreatif.

Namun, di masa ini juga Anda harus belajar hidup sendiri dan berlatih menjadi lebih mandiri mengurus semua keperluan hidup sendiri. Mahasiswa biasanya tinggal sendiri dengan menyewa kamar kos, kontrakan atau apartemen, makan pun disiapkan sendiri.

Namun, masalah yang sering kali terjadi di kalangan mahasiswa adalah uang saku yang pas-pasan karena harus dibagi-bagi. Banyak mahasiswa yang akhirnya boros karena belum bisa mengatur keuangan mereka.

Namun, Anda bisa menyiasati dengan cari penghasilan tambahan sebagai freelancer.

Apa Itu Freelance?

Menurut Wikipedia, freelance adalah sebagai berikut :

Freelance adalah istilah yang umum digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus terikat dengan majikan jangka panjang tertentu. Click To Tweet

Pembahasan lebih dalam mengenai apa itu freelance, silakan baca artikel berikut.

Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa

Bekerja sebagai freelancer bisa menjadi pekerjaan sampingan yang nyaman karena waktunya lebih fleksibel, Anda bisa mengatur jadwal kerja sendiri.

Dengan begitu, Anda pun bebas mengerjakan job atau pekerjaan kapan pun dan dimana pun.  Anda juga bisa mengerjakan tugas kuliah dengan aman setelah mengatur jadwal kerja sebagai freelancer, jadwal belajar dan mengerjakan tugas.

Masih banyak lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan sebagai freelance. Lebih lengkap silakan baca artikel berikut :

Nah, berikut ini beberapa jenis pekerjaan freelance yang mungkin cocok untuk Anda, antara lain:

Writer atau Penulis Lepas

Sebagai mahasiswa, Anda pasti sering membuat tugas makalah atau sejenisnya. Nah, bagi yang suka dengan tugas sejenis itu bisa menjadi freelancer sebagai penulis lepas. Saat ini sudah banyak lowongan penulis lepas untuk mengisi konten website milik orang lain yang dibayar per artikel.

Dengan semakin berkembangnya teknologi internet, semakin banyak peminat website untuk mencari informasi, lowongan pun makin luas. Ada banyak tema yang bisa Anda tulis untuk dijadikan sebagai konten website klien. Tema tersebut antara lain tentang dunia hiburan, olahraga, berita terkini, teknologi, kesehatan, tips dan lain sebagainya.

Penerjemah atau Translator

Selain menjadi penulis lepas yang menjual jasa pembuatan artikel, Anda juga bisa menjual kemampuan Anda untuk menerjemahkan bahasa asing. Seperti yang Kita ketahui, saat ini semua bidang perlu meningkatkan kualitasnya dengan menggunakan bahasa asing, minimal bahasa Inggris.

Nah, sebagai mahasiswa Anda pasti lebih jago berbahasa Inggris atau bahkan Mandarin dan bahasa lainnya. Gunakanlah kemampuan tersebut untuk menjadi freelancer sebagai translator dan mendapatkan uang dari pekerjaan sebagai penerjemah tersebut.

Desainer Grafis

Mahasiswa desain yang berkecimpung di dunia desain grafis, interior dan lainnya juga bisa menjual karya mereka kepada klien yang membutuhkan. Kemampuan grafis atau gambar teknik memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Itulah mengapa mahasiswa yang bisa desain sangat dibutuhkan.

Dapat dikatakan bahwa aktivitas desain dibutuhkan di berbagai bidang seperti pariwisata, perusahaan swasta, pemerintahan, usaha kecil hingga besar dan lainnya. Desain grafis dibutuhkan untuk membuat iklan atau promosi yang menarik, sedangkan gambar teknik diperlukan untuk kegiatan perancangan dan konstruksi.

Menjadi Fotografer

pekerjaan freelance untuk mahasiswa fotografer
pekerjaan freelance untuk mahasiswa fotografer

Nah, jenis pekerjaan sampingan yang satu ini cocok untuk Anda yang suka dengan dunia fotografi. Semakin ke sini, hasil fotografi semakin diminati dan di apresiasi oleh masyarakat luas. Fotografi kini juga menjadi kebutuhan, dimana semua orang ingin memiliki momen foto atau video yang bagus sebagai kenangan.

Selain sebagai pekerjaan sampingan, menjadi freelancer sebagai fotografer juga bisa sekaligus meningkatkan skill fotografi Anda. Siapa tahu di kemudian hari Anda bisa menjadi fotografer yang andal dan profesional serta memiliki studio foto sendiri. Anda bisa mulai dengan jadi fotografer menu, produk, wisuda dan lainnya.

Guide atau Pemandu Wisata

Jika tinggal di kota atau kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata, Anda juga bisa menjadi freelancer dan bekerja sebagai guide. Pekerjaan yang satu ini cukup menyenangkan karena Anda bisa jalan-jalan gratis serta mendapatkan bayaran hanya dengan menemani perjalanan wisatawan.

Seperti yang Kita ketahui, saat ini kegiatan wisata semakin diminati baik dari wisatawan lokal maupun asing. Menjadi part time tour guide juga membuat Anda berkesempatan menjelajahi beragam wisata dan kebudayaan di daerah tersebut. Jika menjadi guide turis asing, kemampuan bahasa inggris Anda pun bisa dilatih agar lebih meningkat.

Asisten Pribadi atau Asisten Dosen

Jika Anda seorang mahasiswa yang pandai mengatur jadwal, perencanaan dan administrasi, maka bisa menjadi asisten pribadi atau asisten dosen. Menjadi seorang asisten pribadi artinya Anda harus bisa merencanakan semua kegiatan yang diperintahkan oleh bos. Namun, pekerjaan sampingan yang satu ini cukup berat karena Anda harus stay 24 jam untuk melayani kebutuhan dan permintaan bos.

Sedangkan menjadi asisten dosen artinya Anda akan diminta untuk menghandle hal-hal seputar kuliah. Hal itu meliputi pengumpulan tugas, pencatatan, mengganti dosen jika berhalangan dan lain sebagainya.

Guru Les Private

Di zaman sekarang, orang tua lebih percaya jika anak-anaknya belajar di rumah karena bisa memantau aktivitas belajar dan perkembangan mereka. Nah, kesempatan ini bisa diambil oleh mahasiswa untuk menjadi freelancer sebagai guru les private. Anda pun bisa mengatur jadwal kunjungan les agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah atau jadwal belajar dan mengerjakan tugas kuliah.

Waiter di Café atau Kedai Kopi

Pekerjaan sampingan yang satu ini memang cukup banyak dilakukan oleh mahasiswa, yaitu menjadi pelayan atau waiter di café/kedai kopi. Pekerjaan ini dilakukan secara part time sehingga tidak seharian bekerja dan bisa mengambil shift sesuai waktu luang. Biasanya, mahasiswa lebih banyak mengambil shift kerja malam karena pagi hingga sore digunakan untuk kuliah dan mengerjakan tugas kuliah.

Website Developer

Nah, bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan sebagai web developer bisa bekerja sebagai freelancer dengan menawarkan jasa pembuatan web. Freelancer di bidang ini cukup menjanjikan karena penghasilannya lumayan besar. Hal ini karena banyak website yang membutuhkan penyedia jasa web developer untuk maintenance website mereka.

Android Developer

Hampir sama dengan web developer, android developer juga bekerja mengembangkan produk digital. Bedanya, perangkat yang dikembangkan yaitu khusus untuk Android. Saat ini, aplikasi untuk Android memang sangat dibutuhkan karena banyak perusahan yang ingin mengembangkan produk/jasa menggunakan perangkat Android. Hal ini juga berkaitan dengan semakin meningkatnya penggunaan ponsel Android di kalangan masyarakat.

Itulah beberapa jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh freelancer dan masih banyak lagi jenis pekerjaan lainnya. Mulai sekarang, perbanyak melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk mencari hobi dan meningkatkan skill yang bisa menghasilkan rupiah. Selain itu, carilah teman sebanyak-banyaknya karena suatu hari nanti merekalah yang akan menjadi relasi, klien, bahkan pelanggan Anda.

Jika Anda masih pemula di bidang freelance, cobalah mengunjungi situs freelance untuk mencari klien. Situs freelance adalah tempat bertemunya klien yang mencari jasa dan freelancer yang mencari job. Pada situs seperti itu anda dapat menemukan banyak pekerjaan freelance untuk mahasiswa.

Leave a Comment