Menulis Artikel Dibayar

Menulis merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Karena dengan menulis, semua opini dan pendapat kita tentang suatu fenomena dapat tersampaikan dengan baik melalui tulisan. Saat ini, menulis tidak hanya menjadi sebuah hobi, namun menulis artikel dibayar dan mendapatkan uang menjadi tren sekarang.

Untuk para penulis pemula, tak ada salahnya mencoba. Menjadi penulis freelance memiliki keuntungan yang tidak dimiliki pekerjaan lain yaitu fleksibilitas waktu. Penulis freelance dapat mengatur jadwal kerjanya sendiri dan beban kerjanya. Beberapa penulis freelance memanfaatkan situs website berikut ini untuk mendapatkan pekerjaan.

1. UC News

Di UC News, penulis harus meregistrasikan diri dulu sebagai kontributor di dalam UC News. Sebagai informasi, UC News merupakan kanal berita online yang menyediakan berbagai macam informasi yang ditulis oleh ribuan penulis. Untuk mendapatkan uang melalui UC News tidak serta merta langsung mendapatkan uang, karena tulisan yang dicantumkan di UC News harus merupakan artikel fresh yang masih baru.

Bila penulis sebelumnya sudah memiliki blog atau website sendiri dan menggunakan hasil karya tulisan lamanya di UC News akan sangat beresiko. Resiko ini terkait hak cipta dan rating SEO. Karena artikel yang sudah diposting di UC News akan menjadi milik UC News dan memiliki rating SEO yang tinggi.

2. Geotimes

Situs website kedua adalah situs Geotimes. Geotimes merupakan situs bagi para kolumnis yang sering membagikan artikel opini persuasif dan eksposisi sebagai wujud dari kegelisahan akan fenomena yang ada. Situs ini dikelola oleh para jurnalis yang sudah berkecimpung lama di dunia jurnalistik. Sehingga artikel yang dimuat pun bukan artikel sembarangan, melainkan artikel yang berisi data dan fakta yang ditulis menurut kaidah penulisan jurnalistik.

Artikel yang lolos seleksi biasanya terdiri dari 700 hingga 1000 kata. Isi dari artikel tersebut tidak boleh mengandung SARA. serta, honor dari penulisan artikel yang siap terbit sekitar Rp350.000. Bila menurut para editor hasil karya penulis sangat berbobot dan berkualitas maka akan mempengaruhi honor penulis hingga Rp1.000.000.

3. BasaBasi.co

Situs berikutnya adalah BasaBasi.co, situs website ini merupakan situs bagi para pecinta karya sastra dan artikel populer. Artikel-artikel yang disuguhkan di website ini merupakan artikel ringan yang bersifat hiburan. Tak jarang artikel di website ini memiliki keunikan yaitu tidak ada artikel clickbait sama sekali. 

Karena website ini berisi artikel berupa puisi cerpen, esai, resensi, sinopsis dan artikel populer lainnya. Harga dari setiap artikel yang dimuat dalam website ini akan berbeda satu sama lain sesuai dengan kualitasnya. Biasanya untuk satu macam tulisan diberi harga sekitar Rp50.000 per halaman dengan ketentuan maksimal 4 halaman.

4. Remotivi

Remotivi merupakan portal website yang mewadahi para penulis untuk menyoroti fenomena yang sedang hangat-hangatnya di media dengan gaya penulisan yang tajam dan mendalam. Artikel yang dimuat dalam website ini merupakan artikel yang serupa dengan Geotimes. Namun, para penulis diharapkan menulis artikel opini berdasarkan fakta dan data yang valid, serta penjelasan ide yang sistematis  sehingga dapat dijadikan sebagai artikel populer ilmiah.

Untuk berkontribusi dalam website ini cukup klik laman “Menulis Untuk Kami”. Atau bisa juga langsung mengirimkan artikel ke email redaksi Remotivi. Setidaknya harus menunggu kurang lebih 5 sampai 7 hari kerja untuk mendapat konfirmasi apakah artikel yang dikirimkan layak terbit atau tidak.

Untuk harga sebuah artikel dengan panjang 800 hingga 2000 kata memiliki kisaran harga mulai dari Rp300.000.- hingga lebih dari Rp1.000.000. Bila penulis sangat produktif akan artikel yang berkualitas, maka dalam sebulan penulis menulis artikel dibayar sebesar gaji karyawan kantoran.

5. Freelancers

Situs website ini merupakan situs berskala internasional bagi para pekerja lepas yang mencari pekerjaan secara online. Dalam situs ini tak hanya penulis saja namun berbagai macam pekerjaan remote yang dapat dilakukan di luar kantor tanpa tatap muka ditawarkan di situs ini. Cara kerja dari situs ini adalah mempertemukan para pencari pekerjaan dengan pemberi pekerjaan dengan melakukan lelang pekerjaan dengan harga yang sesuai.

Biasanya dalam situs ini menawarkan member premium agar para pencari kerja dapat direkomendasikan kepada para pemberi kerja. Selain itu, dalam situs ini, terdapat tes berbayar guna mengukur standar kemampuan pencari kerja. Beberapa tes seperti kecakapan berbahasa asing dan kemampuan editing menjadi tolak ukur para pemberi kerja untuk memilih pekerja yang dibutuhkan.

Perlu diingat bahwa situs ini merupakan situs tanpa batas area dan negara. Artinya, dalam situs ini kredibilitas sebagai penulis dipertaruhkan di kancah internasional. Umumnya, dalam situs ini banyak yang mencari penulis artikel SEO dan Copywriting untuk keperluan website dan perusahaan.

6. Sribulancer

Situs ini memiliki konsep yang sama dengan freelancer. Hanya saja di dalam situs ini tidak menyediakan layanan membership premium seperti pada situs freelancer. Sribulancer akan memberikan rekomendasi pencari kerja pada pemberi kerja apabila pencari kerja telah memiliki rating nilai yang bagus dari pemberi kerja.

Melalui situs ini, sebagai penulis diberi keuntungan untuk memilih jenis tulisan yang akan dipilih dengan menawarkan portofolio dan harga yang menarik bagi pemberi kerja. Sayangnya, harga untuk tiap proyek pekerjaan tidaklah sama sehingga tidak ada standar yang pasti.

7. Projects.id

Situs ini merupakan situs asli Indonesia yang mempertemukan pemberi kerja dan pencari kerja dalam dunia maya. Projects.id memuat informasi pekerjaan dari berbagai macam bidang seperti penulisan, desain, dan sistem aplikasi komputer. Tak sedikit yang memilih situs ini sebagai situs pekerja lepas terpercaya karena sistemnya yang jelas.

Cara kerja untuk mendapatkan pekerjaan di situs ini cukup melakukan bid pada pekerjaan yang diinginkan dengan memberikan harga yang menarik bagi pemberi kerja. Dalam menerima tawaran pekerjaan, sebagai penulis perlu untuk menetapkan standar harga, apakah artikel tersebut dihitung per kata atau per halaman. Karena tak sedikit pemberi kerja yang memberikan harga semena-mena tanpa memperhitungkan jerih payah yang dikorbankan oleh penulis.

Nah itu tadi 7 situs terpercaya yang menjadi favorit para penulis. Hobi menulis artikel dibayar dengan harga yang setimpal dapat menjadi pekerjaan yang cukup menggiurkan. Jika memiliki minat di bidang menulis dapat mencoba dulu menjadi blogger untuk mengasah kemampuan menulis yang dimiliki saat ini.