McKinsey 7S Framework – Pengertian dan Elemen

mckinsey 7s

Model pemasaran 7S atau yang dikenal dengan istilah McKinsey 7S Framework merupakan sebuah alat untuk melakukan analisa aspek internal pada perusahaan. Analisa yang dimaksud dilakukan dengan menggunakan standar yang sesuai dengan apa yang ada pada McKinsey Framework atau Kerangka Kerja McKinsey. Kerangka tersebut terdiri dari 7 elemen utama yang pada awalnya diperkenalkan oleh 2 orang konsultan perusahaan McKinsey pada tahun 1980-an.

Kedua orang konsultan perusahaan McKinsey Company tersebut bernama Tom Peters dan Robert Waterman. Kerangka kerja McKinsey yang memiliki 7 aspek tersebut harus selaras jika ingin perusahaan atau organisasi bisa meraih kesuksesan dalam melakukan kegiatannya. 7S dalam kerangka kerja tersebut saling berkaitan dan saling mempengaruhi jadi jika 1 aspek saja mengalami perubahan maka akan mempengaruhi 6 aspek yang lainnya.

Apa saja yang dimaksud dengan 7S McKinsey tersebut dan bagaimana penjelasannya silahkan simak pada bahasan berikut ini.

McKinsey 7S Framework

Strategy (Strategi)

Strategi adalah sebuah rumusan organisasi atau perusahaan yang dipergunakan untuk membangun serta mempertahankan keunggulan yang kompetitif dan berkelanjutan. Strategi tersebut ditujukan agar perusahaan atau organisasi bisa memenangkan persaingan. Strategi harus mempunyai arah yang tegas dan jelas agar setiap individu atau kelompok di dalamnya tahu bagaimana cara yang harus dipakai agar sasaran dari perusahaan atau organisasi bisa tercapai.

Structure (Struktur)

Struktur organisasi dalam sebuah perusahaan akan mempengaruhi bagaimana sistem bekerja. Dalam struktur tersebut akan diatur tentang bagaimana sistem yang digunakan oleh perusahaan, bagaimana alur komunikasi, wewenang dan tanggung jawab serta jalur pendelegasian tugas pada unit kerja. Tujuannya agar apa yang menjadi sasaran organisasi atau perusahaan tercapai sesuai rencana.

Struktur merupakan aspek atau elemen yang bisa terlihat sehingga akan lebih mudah untuk mengubah ataupun mengaturnya.

System (Sistem)

Sistem yang dimaksud dalam kerangka kerja 7S adalah sebuah proses dan prosedur yang dilakukan oleh perusahaan. Sistem tersebut berisi kegiatan operasional harian dan juga bagaimana pembuatan keputusan dalam perusahaan tersebut. Sistem menjadi fokus utama dari manajemen jika terjadi sebuah perubahan organisasi pada perusahaan.

Skills (Ketrampilan)

Kemampuan atau kompetensi yang ada pada karyawan dalam sebuah perusahaan sesuai dengan standar yang diharapkan itulah yang disebut dengan skills atau keterampilan. Dengan adanya keterampilan pada karyawan, perusahaan berharap bisa mencapai sasaran yang telah ditetapkannya. Skills atau keterampilan yang ada pada karyawan termasuk kapabilitas dan juga kompetensi.

Staff (Karyawan)

Staf atau karyawan atau dalam bahasa HR disebut dengan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset dalam perusahaan. Yang dimaksud disini adalah bagaimana cara seleksi, perekrutan, pelatihan (training) karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Setelah itu bagaimana mereka dimotivasi serta dihargai oleh perusahaan.

Style (Gaya Kepemimpinan)

Bagaimana jajaran top manajemen memperlakukan karyawannya bisa memberikan pengaruh yang cukup banyak pada kemajuan perusahaan. Gaya kepemimpinan yang baik dari para manajer kepada bawahannya akan membuat mereka menjadi lebih nyaman dalam bekerja sehingga akan lebih loyal terhadap perusahaan. Itulah mengapa dikatakan bahwa gaya kepemimpinan memberikan pengaruh pada seberapa besar kemampuan perusahaan untuk bisa mencapai target dan sasaran.

Share Values (Nilai-nilai Perusahaan)

Inilah yang sebenarnya menjadi inti dari kerangka kerja 7S McKinsey. Mengapa begitu karena nilai-nilai inti yang berlaku pada sebuah perusahaan akan membentuk budaya kerja pada perusahaan itu sendiri. Bisa juga dikatakan bahwa share values merupakan standar norma yang berlaku bagi semua karyawan dan juga manajemen dalam berperilaku. Bagaimana perilaku karyawan dan manajemen dalam sebuah perusahaan akan mempengaruhi citra atau reputasi dari perusahaan tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via