Apa Itu Marketing Mix? Panduan Lengkap Bauran Pemasaran

marketing mix

Apakah Anda pernah mendengar istilah marketing mix? Bagi orang yang memang bekerja di bidang marketing mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun memang secara umum istilah bauran pemasaran masih terasa asing di telinga. Bauran pemasaran sendiri pertama kali dicetuskan oleh seorang tokoh bernama Neil Borden di tahun 1964. Inspirasinya berasal dari seseorang bernama James Cullington pada tahun 1948.

Apa Itu Marketing Mix?

Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mengejar tujuan pemasarannya pada target market.

Pengertian di atas diambil dari wikipedia bahasa Inggris.

Berangkat dari gagasan yang diperoleh dari James Cullington tersebut kemudian Neil Borden menyusun sebuah konsep bauran pemasaran yang terdiri dari 12 poin. Konsep sebanyak 12 item milik Borden tersebut kemudian disusun ulang dan disederhanakan oleh Jerome McCarthy sehingga tinggal terdiri dari 4 hal saja. Keempat aspek tersebut kemudian populer dengan sebutan 4P yaitu Product, Place, Price dan Promotion. Konsep 4P inilah yang paling populer di dunia marketing hingga sekarang.

Dalam perkembangannya model 4P pernah mengalami kritikan yang kemudian muncul konsep baru yang disebut dengan 7P. Lebih lanjut tentang hal tersebut akan dibahas berikut ini.

Sejarah Marketing Mix

Dimulai pada tahun 1948, seorang profesor dari Harvard University, Amerika Serikat yang bernama James Cullington mengemukakan sebuah teori yang dituangkan dalam artikel dengan judul “The Management of Marketing Costs”. Dalam teorinya tersebut Cullington mengatakan bahwa peran “mixer of ingredients” pada perusahaan dipegang oleh seorang eksekutif bisnis.

Yang dimaksud dengan eksekutif bisnis sebagai “mixer of ingedients” adalah bahwa di saat tertentu dia harus bisa mengikuti resep dari orang lain, terkadang juga harus bisa membuat resepnya sendiri, kadangkala juga harus bisa berinovasi agar resep bisa sesuai dengan bahan-bahan yang telah tersedia, atau juga suatu saat seorang eskekutif bisnis harus bisa melakukan eksperimen dengan memakai bahan yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Kemudian berangkat dari teori yang diungkapkan oleh Prof. James Cullington tersebut seorang tokoh bernama Neil Borden menyusun sebuah daftar elemen dalam bauran pemasaran sebanyak 12 poin. Borden menuliskannya dalam sebuah artikel yang diberi judul “The Concept of The Marketing Mix” yang diterbitkan pada tahun 1964. Kedua belas aspek yang dibuat oleh Neil Borden tersebut adalah :

Product Planning atau rencana produksi

Pricing atau penetapan harga

Branding atau membangun reputasi

Channels of Distribution atau saluran distribusi

Personal Selling atau penawaran produk

Advertising atau iklan

Promotion atau promosi

Packaging atau kemasan

Display atau tata letak

Servicing atau pelayanan

Physical Handing kebijakan penanganan fisik

Fact Finding Analysis atau analisa terhadap fakta yang ditemukan.

Marketing Mix 4P

Setelah Neil Borden menyusun konsep pemasaran yang terdiri dari 12 poin penting kemudian ada Jerome McCarthy yang menyempurnakannya menjadi 4 hal saja pada tahun 1968. Konsep tersebut kemudian dikenal dengan istilah 4P yang masih tetap diakui sebagai strategi marketing paling populer sampai saat ini. Apa saja yang termasuk dalam bauran pemasaran model 4P tersebut? 4P adalah product, price, promotion dan place.

Product

Kualitas, variasi pada produk, kualitas produk, fitur, desain, nama,    merek, ukuran, kemasan, layanan, garansi dan retur.

Price

Harga katalog, potongan khusus, diskon, persyaratan kredit dan periode pembayaran.

Promotion

Periklanan, personal selling, promosi penjualan, direct marketing dan public relation.

Place

Cakupan distribusi, saluran distribusi, lokasi, kelengkapan produk, persediaan, fasilitas untuk penyimpanan, pengedaran produk dan transportasi.

Marketing Mix untuk Produk Jasa

Booms dan Bitner di tahun 1981 menambahkan lagi aspek sebanyak 3 poin untuk jenis pemasaran jasa. Konsep tersebut kemudian dikenal sebagai 7P. Ketiga aspek yang ditambahkan tersebut adalah :

Participants atau partisipasi

Physical Evidence atau bukti fisik

Process atau proses

Marketing Mix Pada Holistic Marketing

Setelah itu pada tahun 2006 muncul 2 tokoh yaitu Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller yang melakukan modifikasi pada aspek bauran pemasaran modal 4P. Teori tersebut disebut dengan evolusi manajemen pemasaran. Aspek yang ditambahkan adalah people atau orang, processes atau proses-proses, programs yang terdiri dari elemen 4P, dan performance atau penampilan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via