12 Manfaat SEO Untuk Bisnis Anda

Apakah anda tahu manfaat SEO untuk bisnis anda? Di zaman serba internet sekarang ini, para pelaku bisnis berlomba-lomba memaksimalkan teknologi digital untuk memperkenalkan bisnisnya dan memasarkan produk-produk mereka.

Salah satu teknik yang sangat populer adalah dengan menggunakan teknik optimasi mesin telusur atau lebih dikenal dengan istilah search engine optimization (SEO).

Saat ini, SEO tidak lagi menjadi salah satu pilihan, tetapi sudah menjadi keharusan bagi seluruh website, termasuk website bisnis. Untuk mengenal lebih jauh pengertian, cara kerja, serta manfaat SEO untuk kesuksesan bisnis Anda, simak uraian di bawah ini.

Apa Itu SEO?

Secara sederhana, pengertian SEO adalah metode yang dilakukan agar website Anda bisa menduduki peringkat teratas pada mesin pencarian seperti Google. Peringkat tinggi di halaman mesin pencari sangat berpeluang untuk membuat traffic organik di website Anda meningkat secara signifikan.

Bukan hanya traffic yang tinggi, lebih dari itu teknik SEO juga akan menyasar target pasar yang tepat. Namun, untuk bisa menempati posisi yang tinggi pada hasil pencarian di mesin pencari, sudah pasti Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh mesin pencari.

Manfaat SEO Untuk Bisnis Anda

Mendatangkan Traffic

Sebagai salah satu ujung tombak pemasaran, Anda tentu ingin website bisnis yang Anda miliki mampu menjadi alat untuk mendatangkan profit. Langkah pertamanya tentu saja dengan mengundang para calon konsumen sesuai target market untuk mengunjungi website Anda.

Teknik SEO yang dilakukan dengan tepat akan membuat website bisnis Anda berada di peringkat atas mesin pencari. Itu artinya, makin besar peluang para pencari informasi di internet untuk mengklik dan membuka website Anda. Setiap kunjungan adalah peluang untuk terjadinya konversi menjadi profit sehingga makin tinggi traffic, makin tinggi pula kemungkinan terjadinya konversi dan bisnis Anda pun akan melejit.

Lebih Efektif Daripada Promosi Konvensional

Setiap pebisnis memang harus melakukan promosi. Namun, teknik promosi konvensional, seperti dengan membagikan selebaran/brosur atau memasang iklan di media cetak saat ini cenderung tidak memberikan kontribusi yang signifikan.

Salah satu penyebabnya adalah karena cara promosi seperti itu menyasar kalangan yang terlalu luas sehingga tidak tepat sasaran. Sebaliknya, berpromosi melalui website dengan teknik SEO jauh lebih efektif karena promosi dilakukan secara tertarget. Hanya orang-orang yang memang tertarik pada bisnis Anda yang akan mengunjungi website. Tingkat konversi melalui kunjungan ke website bahkan bisa mencapai 90%.

Menghemat Biaya Promosi

Di internet, tersedia berbagai macam fasilitas iklan berbayar. Namun sayangnya, beriklan dengan cara ini dibatasi waktu dan hasilnya sering kali tidak sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Sebaliknya, dengan teknik SEO, Anda bisa berpromosi secara gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kursus SEO atau membayar jasa penulis SEO. 

Dengan biaya yang sama, keuntungan yang Anda dapatkan dengan menggunakan teknik SEO jauh lebih besar dibandingkan dengan memasang iklan. Anda bisa mendapatkan ribuan klik gratis tanpa batasan waktu. Website Anda akan terus mengalami kenaikan traffic yang potensial selama masih ada pengguna internet yang membutuhkan informasi seputar bisnis Anda.

Menjangkau Konsumen Sesuai Target

Salah satu langkah penting untuk membuat konten yang SEO friendly adalah dengan melakukan riset kata kunci (keyword) terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda bisa tahu kata kunci apa yang sering dicari oleh para calon konsumen yang Anda target. Dengan demikian, konten website yang dibuat akan menjangkau orang yang benar-benar membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Melakukan metode SEO berarti Anda akan lebih mengarahkan fokus promosi kepada sekelompok masyarakat yang secara aktif mencari informasi di internet. Dengan kondisi ini, Anda akan jauh lebih mudah menggapai mereka sebagai target market. Anda juga bisa menjangkau pembaca yang secara serius berniat untuk membeli produk Anda.

Berpromosi Tanpa Kenal Waktu

Berbeda dengan iklan berbayar yang pada umumnya hanya dilakukan pada waktu tertentu, SEO bekerja mempromosikan bisnis Anda selama 7 hari seminggu, 24 jam sehari. Website Anda akan tetap bertahan di peringkat atas dan tidak akan hilang dalam semalam, kecuali jika melakukan pelanggaran terhadap ketentuan mesin pencari. Jadi, sekali menulis konten, promosi akan terus berjalan tanpa kenal waktu.

Memperkuat Branding dan Citra Bisnis

Teknik SEO sangat efektif untuk memperkuat brand dan citra bisnis Anda. Situs Anda akan sering muncul di internet, terutama di halaman-halaman awal mesin pencari sehingga brand Anda pun akan makin dikenal luas sehingga meningkatkan awareness terhadap produk.

Meskipun pada kunjungan-kunjungan awal mungkin pembaca website Anda belum melakukan pembelian, jika brand Anda cukup kuat dan mudah diingat, suatu saat, konsumen tersebut akan membeli produk yang ditawarkan.

Membantu Meningkatkan Omzet

Konten yang SEO friendly akan membuat website bisnis Anda menempati peringkat 1 hingga 4 pada mesin pencari dan membuahkan traffic potensial dengan pengunjung yang tertarget. Artinya, hanya orang yang benar-benar tertarik pada bisnis atau produk Anda yang akan mengunjungi website Anda.

Jika website Anda didesain dengan menarik, kontennya bermanfaat, dan produknya  sesuai dengan yang dicari, website Anda sangat berpotensi untuk menghasilkan transaksi. Hal itu berarti omzet Anda pun akan mengalami peningkatan.

Meningkatkan Daya Saing

Para pebisnis pemula mungkin pada awalnya akan merasa kurang percaya diri untuk bersaing dengan perusahaan sejenis yang sudah lebih dulu ada dan tumbuh besar. Terlebih lagi dengan persaingan bisnis online yang makin hari makin ketat.

Sebetulnya tidak ada alasan untuk merasa minder karena Anda bisa meningkatkan daya saing dengan teknik SEO secara benar. Teknik ini sangat mudah dipelajari dan dipraktikkan. Meskipun masih tergolong kecil dan baru, bisnis Anda bisa memiliki daya saing yang kuat untuk berkompetisi dengan perusahaan yang lebih besar.

Menjadi Investasi Masa Depan

Karena bekerja tanpa dibatasi waktu, SEO tidak hanya mendatangkan keuntungan saat ini, tetapi juga menjadi investasi jangka panjang. Saat konten SEO Anda berhasil membuat website bisnis menduduki peringkat atas pada mesin pencari, bisnis Anda memiliki potensi untuk berkembang makin besar.

Selama masih berada di halaman 1–4 mesin pencari, kunjungan ke website Anda akan terus terjadi dalam jangka waktu lama. Untuk mempertahankan peringkat, Anda hanya perlu melakukan teknik SEO secara konsisten.

Membantu Menyusun Strategi Bisnis

Saat menggunakan teknik SEO pada website, Anda akan bersinggungan dengan Google Analytics. Melalui tool dari Google ini, Anda akan mendapatkan data-data penting yang berkaitan dengan website bisnis yang sangat berguna bagi Anda untuk menyusun strategi dalam rangka mengembangkan bisnis.

Data-data tersebut di antaranya:

  • Jumlah pengunjung website
  • Demografi pengunjung website
  • Halaman situs yang paling sering dikunjungi dan yang paling jarang dibuka
  • Durasi waktu membuka halaman website

Menjadi Magnet yang Menarik Konsumen

Selain dalam hal waktu beriklan dan biaya yang harus dikeluarkan, salah satu perbedaan mendasar antara memasang iklan berbayar dengan menggunakan teknik SEO terletak pada cara calon konsumen mengetahui produk atau bisnis Anda.

Pada iklan konvensional, Anda yang harus berupaya menyebarkan informasi yang menjangkau masyarakat luas agar mereka tertarik membeli produk yang ditawarkan. Sementara itu, teknik SEO akan membuat perusahaan ibarat sebuah magnet yang akan menarik para calon konsumen untuk mengunjungi website dan mencari tahu lebih banyak tentang bisnis dan produk Anda.

Membuat Promosi Jadi Lebih Menarik

Teknik promosi secara konvensional pada umumnya bersifat menginterupsi, seperti iklan di media sosial (sponsored post), televisi, atau portal berita online, spam email, dan panggilan telepon. Saat ini, cara beriklan seperti itu sudah tidak menarik lagi, bahkan dianggap mengganggu.

Dengan menggunakan teknik SEO, Anda bisa menghindari cara beriklan yang membuat orang merasa tidak nyaman dan terganggu. Konten yang baik justru akan membuat masyarakat mengenal bisnis Anda secara positif dan memberikan prospek yang sangat baik dalam meningkatkan penjualan.

Fungsi SEO

Fungsi SEO sendiri sangat banyak, yaitu:

  • Menaikkan peringkat website agar selalu terindeks pada mesin pencari sehingga website Anda bisa tampil di halaman utama.
  • Mendatangkan pengunjung yang lebih banyak ke website Anda.
  • Membantu menaikkan target penjualan.
  • Menghemat anggaran pemasaran.

Jenis SEO

Metode SEO dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu SEO on page dan SEO off page. Pada SEO on page, langkah-langkah optimasi SEO dilakukan di dalam website milik Anda. Langkah-langkah tersebut meliputi permalink, judul dan struktur konten, pemakaian heading, tema responsif, kecepatan website, serta internal linking.

Sebaliknya, SEO off page merupakan langkah optimasi SEO di luar website, seperti backlink dan inbound link. Backlink menandakan bahwa konten Anda menjadi rujukan website lain dan makin banyak website yang merujuk pada konten di website Anda, makin besar pula peluang website Anda untuk naik peringkat.

Demikianlah uraian tentang manfaat SEO dalam menunjang kesuksesan bisnis Anda. Dengan mengetahui begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, Anda tak perlu ragu lagi untuk menggunakan teknik SEO ini agar bisnis Anda terus berkembang makin besar dan meraih kesuksesan.

Leave a Comment

Share via