Manfaat Digital Marketing Untuk Persaingan Bisnis Saat Ini

Perkembangan teknologi membuat aktivitas bisnis kini tak sama lagi. Hampir seluruh kegiatan promosi dilakukan secara online. Bagaimana tidak, jaman sekarang orang-orang menggunakan gadget, berbagi informasi melalui media sosial, berjualan online, dan sebagainya. Maka dari itu, penting mengetahui manfaat digital marketing untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang kini semakin global.

Manfaat digital marketing sebenarnya tidak hanya dirasakan untuk promosi saja. Mengingat cakupan kegiatannya cukup luas, maka dampaknya pun ke beberapa bidang lainnya, seperti penjualan hingga penggunaan budget. Oleh sebab itu, orang-orang yang bekerja di dunia digital marketing harus memiliki sejumlah skill yang beraneka ragam.

Apa Itu Digital Marketing?

Penjelasan di atas sebenarnya sudah menggambarkan sekilas tentang digital marketing. Pada intinya, digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah produk atau layanan yang dilakukan lewat media digital (secara online). Tujuannya untuk menjangkau calon pelanggan secara real time, lebih relevan, dan lebih personal.

Ada perbedaan yang signifikan antara digital marketing dengan konvensional. Selain media yang digunakan, proses interaksi pun tidak sama. Digital marketing menciptakan komunikasi dua arah, artinya audiens bisa memberikan feedback dari iklan yang diterima, misalnya komentar, likes, love, dan sebagainya. Ini menjadi penting sebagai langkah evaluasi efektivitas kegiatan marketing tersebut.

Brand yang tidak melakukan digital marketing akan susah bersaing di jaman sekarang, bahkan terancam bisa kalah dengan kompetitornya. Belum lagi kemunculan pesaing-pesaing baru dengan segala inovasinya. Manfaat digital marketing adalah membuat sebuah brand berlari dan menjadi paling unggul di pasar lokal maupun internasional.

Manfaat Digital Marketing Pada Bisnis Jaman Sekarang

Digital marketing tidak terbatas untuk brand besar. Justru banyak brand-brand baru dan skala kecil menengah jadi sukses karena menjalankan digital marketing. Itu lah salah satu manfaat digital marketing yang belum banyak orang sadari. Padahal hanya dengan berbekal gadget, koneksi internet, dan insight kreativitas, seseorang bisa mem-boost bisnisnya menjadi lebih untung. Berikut adalah manfaat dari digital marketing lainnya:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Digital marketing dapat membuat audiens dengan mudah mengingat sebuah brand. Ini disebabkan interaksi orang-orang yang kini begitu intens dengan gadget. Beragam iklan yang muncul di handphone secara tidak langsung akan masuk ke alam bawah sadar sehingga mereka dapat mengingatnya.

Promosi melalui digital marketing tidak tampak seperti beriklan pada media konvensional. Itu lah mengapa orang-orang dapat dengan mudah mengingat brand meskipun baru muncul di pasaran. Belum lagi dengan iklan yang menarik membuat brand tersebut semakin dikenal secara luas (viral).

2. Efektivitas Budget Promosi

Digital marketing membuat seseorang lebih hemat dalam menjalankan promosi. Mereka dapat memangkas dana untuk pembuatan poster, brosur, dan sebagainya. Semua promosi disebarkan secara digital sehingga dana yang digunakan untuk mencetak materi bisa dialokasikan ke hal lainnya.

Selain itu, digital marketing pun lebih efektif karena dilakukan tepat sasaran. Hanya orang-orang yang ditarget lah yang mendapatkan iklan. Jadi budget untuk promosi tidak terbuang begitu saja tanpa ada tujuan yang spesifik. Meski ada beberapa strategi yang menerapkan cakupan audiens luas, tetap saja ada kriteria khusus untuk penggunaan budget promosi tersebut.

3. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Seperti yang disebutkan di atas bahwa digital marketing dilakukan secara online, artinya siapa pun bisa mengaksesnya selama memiliki koneksi internet. Dengan begitu, kegiatan promosi tidak terbatas dalam satu wilayah, seperti satu daerah atau negara saja. Seluruh orang dari berbagai negara bisa mendapatkan informasi tersebut.

Kegiatan marketing yang dilakukan secara konvensional memiliki keterbatasan jangkauan wilayah. Seseorang tidak dapat menyebarkan informasi ke tempat jauh dalam satu waktu. Sedangkan dengan digital marketing siapa pun dan wilayah mana pun yang dituju bisa dijangkau dengan mudah.

4. Mengumpulkan Database

Salah satu manfaat digital marketing yang jarang orang tahu sehingga masih sedikit yang memaksimalkannya adalah database. Digital marketing bisa mengumpulkan data orang lain sebanyak dan sedetail mungkin melalui berbagai cara. Ini sangat bermanfaat untuk program promosi selanjutnya serta strategi pengembangan produk.

Inovasi produk merupakan satu dari sekian banyak faktor penentu keberhasilan brand di tengah persaingan bisnis. Produk baru tidak akan berhasil jika tidak disesuaikan dengan kebutuhan dan tren pasar. Untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar bisa dengan mudah mendeteksinya melalui data.

5. Selalu Mengikuti Tren

Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi. Jika sebuah brand selalu mengikuti tren pasar, maka brand tersebut akan terus eksis di tengah masyarakat. Untuk bisa menyesuaikan diri, digital marketing dapat menjadi strateginya. Sebab kondisi pasar kini dapat berubah begitu cepat sehingga jika masih menggunakan cara lama, maka proses adaptasi pun akan ketinggalan.

Manfaat digital marketing tidak hanya mengetahui tren pasar dalam hal selera produk dan service saja. Lebih jauh lagi, jika digital marketing dilakukan oleh seseorang yang handal, maka ia dapat melihat tren berbelanja masyarakat, media yang digunakan, jam aksesnya, hingga memprediksi barang yang akan laku dijual di masa depan.

Ada banyak manfaat digital marketing yang harus dipahami oleh para pelaku bisnis, baik yang sudah berpengalaman apalagi pemula. Sebab saat ini persaingan semakin terbuka. Tidak ada lagi sekat wilayah, negara, dan waktu. Jarak bukan lagi hambatan bagi seorang pebisnis untuk menawarkan produk atau jasanya ke orang lain di seberang sana. Kecanggihan teknologi membuat strategi yang dulunya tampak mustahil kini menjadi mungkin.

Share via