!0 Manfaat Blog Bagi Anda di Tahun 2020

manfaat blog

Tahukah anda manfaat blog? Istilah blog sudah lama dikenal dalam dunia tulis menulis secara virtual. Kini menjadi seorang blogger merupakan profesi yang menjadi idaman kaum muda milenial. Banyak blogger yang tadinya mungkin hanya iseng membuat coretan menumpahkan perasaan di dalam blognya kemudian malah menjadi viral dan terkenal. Bukan hanya itu saja karena nyatanya blog bisa menjadi sumber pendapatan yang tidak bisa disepelekan.

Dalam dunia digital sekarang banyak macam blogger dimana konten-konten yang dia buat menjadi semacam acuan untuk orang lain. Kita mengenal food blogger, travel blogger, beauty blogger dan masih banyak lagi dimana mereka membuat konten yang sesuai dengan bidang yang menjadi hobinya. Yang hobi makan enak biasanya akan mereview makanan dan dikenal sebagai food blogger. Mereka yang senang jalan-jalan akan memilih menjadi travel blooger begitu juga yang lainnya.

Seperti juga Youtuber yang mampu meraih pendapatan hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah dari konten yang dibuatnya begitu juga dengan blogger. Membuat konten di blog yang menarik banyak pemirsa akan membuat seseorang berpotensi menjadi jutawan baru. Tidak heran jika semakin banyak saja orang yang mencoba membuat blog dan mengisinya dengan konten yang bagus. Setelah itu mereka berharap bisa menjadi viral dan mendapatkan iklan.

Bukan hanya menghasilkan uang saja, blog juga memiliki banyak manfaat lainnya yang tidak kalah pentingnya. Berikut ini akan dibahas apa saja sebenarnya manfaat dari blog tersebut?

Manfaat Blog

Untuk Berbagi Pengetahuan

Apa tujuan para blogger memposting ulasan dalam tulisan yang dimuat dalam blognya? Apakah semata-mata hanya untuk pamer saja atau ada tujuan yang lainnya? Sebenarnya pada awalnya banyak orang yang menulis di blog dengan tujuan untuk membagikan apa yang menjadi keahlian atau apa yang dia ketahui. Sebagai contoh seorang fashion blogger akan memberikan ulasan pada item-item busana tertentu dan membagikannya ke dalam blognya agar orang lain membacanya kemudian memiliki pengetahuan yang sama.

Begitu juga dengan seorang travel blogger yang tentu saja lebih sering melakukan traveling ke berbagai tempat baik dalam maupun luar negeri. Dengan menceritakan pengalaman jalan-jalannya ke banyak tempat tersebut menjadi konten untuk blognya. Hal itu sama saja dengan dia memberitahukan kepada orang lain yang belum pernah berkunjung ke suatu tempat. Dengan begitu maka orang menjadi lebih tahu tentang sebuah tempat yang sudah diulas oleh seorang travel blogger tersebut.

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Blog bisa menjadi wadah yang tepat bagi mereka yang suka menulis. Dalam blog pribadi yang dia miliki seseorang boleh dan bebas menuliskan apa saja. Jika secara rutin dan berkala seseorang rajin menulis untuk mengisi blognya maka bukan tidak mungkin nantinya dia bisa menjadi seorang penulis yang terkenal. Practice makes perfect sebuah idiom lama yang artinya latihan akan membuat sesuatu yang kita lakukan menjadi lebih baik dan sempurna.

Sebagai contoh penulis terkenal yang juga seorang standup comedian, Raditya Dika, kini menjelma menjadi selebritis papan atas yang bermula dari hobinya menuliskan cerita di blog. Ada lagi seorang blogger yang tadinya hanya ingin curhat tentang kelakuan ajaib bos di kantornya tetapi malah menjadi viral dan kisahnya sudah difilmkan. Ya, chaos @work nama blog-nya yang menghasilkan My Stupid Boss, buku yang kemudian diangkat menjadi film bahkan sudah 2 seri.

Dan masih banyak lagi blogger terkenal yang tadinya sebenarnya hanya berniat menuliskan apa yang dia pikirkan, apa yang dirasakan ke dalam blog pribadinya. Agus Mulyadi, seorang blogger yang dikenal nyentrik asal Magelang juga sukses menghasilkan beberapa buku yang berawal dari tulisan di blog sama dengan Raditya Dika dan “Kirani” chaos @work penulis My Stupid Boss.

Belajar Mendapatkan Penghasilan

Tidak bisa dipungkiri bahwa fakta blog bisa mendatangkan banyak uang menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Kemudian karena hal tersebut membuat banyak orang yang mencoba menulis di blog dengan harapan bisa mendapatkan rejeki juga. Tidak salah memang hanya saja yang perlu diketahui dan disadari dari awal adalah menghasilkan uang dari blog tidak sesederhana bayangan Anda.

Sebagaimana pengusaha dan pebisnis yang mengalami jatuh bangun serta pasang surut dalam usahanya, hal yang sama bisa terjadi pada para blogger. Pengusaha yang sukses tidak mungkin bisa langsung menjadi kaya dalam waktu 1-2 tahun saja, mereka membutuhkan proses panjang dan lama. Blogger yang ingin berhasil dan mendapatkan uang dari blog juga harus berpikir hal yang sama bahwa mereka harus tekun dan rajin dalam mengelola blognya.

Untuk bisa berpenghasilan dari blog, langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat konten atau tulisan yang bagus kemudian posting secara rutin. Jadwalkan untuk memposting konten ke dalam blog setidaknya 2 hari sekali agar bisa lebih sering dilihat orang. Raih pemirsa sebanyak-banyaknya agar Anda bisa memasang iklan melalui Google AdSens atau Audience Network. Dari sanalah nantinya uang akan mengalir ke kantong Anda.

Nah, ada cara lain juga yang bisa dilakukan agar mendapatkan uang dari blog diluar iklan Google AdSens. Gunakan blog Anda sebagai lapak virtual untuk menjual produk yang sesuai dengan tema yang sering dibahas dalam konten. Sebagai contoh misalnya Anda sering membagikan resep makanan mengapa tidak sekalian membuka pesanan makanan melalui blog tersebut. Sambil menyelam minum air bukan.

Membangun Networking

Kalau Anda ingin maju networking itu penting. Networking atau jaringan hubungan sosial dengan orang lain merupakan jembatan agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak hal. Mungkin Anda termasuk orang yang pemalu dan introvert sehingga kesulitan mendapatkan pertemanan atau networking di dunia nyata nah, blog bisa menjadi solusi atas masalah tersebut.

Dengan menuliskan sesuatu yang menarik sebagai konten dalam blog nantinya akan membuat pemirsa atau viewer menjadi banyak. Mereka yang terkesan atas tulisan atau konten yang telah Anda buat biasanya akan meninggalkan jejak dengan memberikan komentar di blog tersebut. Dari sinilah Anda bisa mulai membuat jaringan atau networking dan yang bermanfaat untuk bisnis Anda.

Sebagai Lapak untuk Berjualan

Telah banyak disinggung sebelumnya bahwa Anda bisa melakukan bisnis lewat blog. Kalau Anda berjualan produk secara online melalui media sosial seperti FB atau Instagram mungkin akan kurang bisa detail memberikan info dan penjelasan mengenai dagangan Anda. Berbeda jika Anda menjual produk lewat konten atau tulisan dalam blog dimana bisa dengan leluasa menjelaskan apa saja kelebihan dari produk tersebut.

Produk yang diberikan penjelasan secara lebih detail tentang kelebihannya, bahannya dan informasi lainnya akan cenderung lebih membuat orang tertarik. Dengan mengetahui detail informasi mengenai sebuah produk baik yang berupa barang ataupun jasa akan membuat orang lebih puas. Mereka tidak akan merasa seperti membeli kucing dalam karung. Inilah kelebihan blog dibandingkan dengan media sosial pada umumnya.

Contoh yang bisa Anda tiru adalah kesuksesan seorang pedagang durian dari Medan yang berhasil meraih omzet sebesar Rp. 2,2 miliar hanya dalam waktu kurang lebih 1 bulan saja. Semua itu bisa dia dapatkan dengan menjual durian melalui blog miliknya. Dengan menjual produk secara online lewat blog Anda akan menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan tidak perlu memikirkan tentang kios yang kurang ramai karena lokasinya tidak strategis.

Bukan itu saja, hebatnya lagi Anda bahkan bisa berjualan sesuatu lewat blog tanpa adanya produk. Bagaimana bisa? Ya, Anda bisa menjadi reseller atau dropship dari produk milik orang lain sehingga tidak perlu pusing untuk memiliki modal usaha yang besar. Gampang bukan.

Memperbesar Peluang Mendapatkan Pekerjaan

Berapa jumlah lulusan Perguruan Tinggi yang diwisuda menjadi sarjana setiap tahunnya di Indonesia ini? Sangat banyak sementara lapangan pekerjaan tidak bertambah malah sebaliknya mulai berkurang karena keadaan ekonomi yang tidak stabil. Ini bisa menjadi masalah serius bagi mereka lulusan baru yang sulit menemukan pekerjaan yang baik. Membuat blog bisa menjadi solusi bagi mereka.

Blog bisa dijadikan semacam Curiculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup untuk membuat perusahaan menjadi terkesan. Tuliskan saja semua hal yang menjadi kelebihan Anda dalam blog itu ditambah dengan hasil karya yang pernah Anda hasilkan. Dalam blog tersebut Anda bisa juga menuliskan tentang apa minat dan hobi Anda, kekurangan dan kelebihan diri Anda dan informasi personal lainnya.

Dengan cara seperti itu artinya Anda sudah selangkah lebih maju dari orang lain yang juga sedang mencari pekerjaan. Apa yang Anda tuliskan di dalam blog bisa jadi akan membuat Anda lebih diminati oleh pihak perusahaan sehingga mereka akan lebih memilih Anda daripada orang lain. Blog akan membuat Anda memiliki kesempatan lebih besar daripada orang lain untuk mendapatkan pekerjaan.

Untuk Memajukan Bisnis

Menjalankan bisnis di masa sekarang ini bukanlah hal yang mudah. Angka persaingan semakin tinggi sedangkan kondisi ekonomi kurang stabil. Agar bisa memenangkan persaingan Anda harus memiliki konsep dan trik yang jitu dalam berbisnis. Bayangkan jika Anda berdagang secara konvensional maka secara otomatis harus memikirkan modal yang besar dan tempat untuk operasionalnya.

Masalah akan datang lagi ketika usaha Anda berkembang dan produk yang dijual semakin bertambah jumlahnya. Itu artinya Anda harus menyediakan tempat yang lebih besar dan mengeluarkan biaya lagi baik itu untuk mencari lokasi baru atau memperluas ruangan. Bisnis memang mengalami kemajuan secara kuantitas hanya saja Anda juga harus mengeluarkan modal lagi yang tidak sedikit.

Semua bisa diatasi dengan blog. Caranya adalah dengan mulai membuat ulasan penilaian atau review dari produk yang Anda jual. Buat sebagus mungkin agar orang yang tertarik untuk membacanya dan mendatangkan pemirsa yang lebih banyak. Begitu blog sudah ramai dikunjungi orang setiap harinya saat itulah Anda menawarkan jasa review sebuah produk dengan tarif tertentu yang akan diterbitkan dalam blog Anda.

Meningkatkan Brand Awareness

Sebuah bisnis dapat menggunakan blog sebagai sarana untuk berbagi bergai informasi. Jika blog tersebut memiliki banyak pengunjung, maka tentu nama blog Anda semakin dikenal oleh banyak orang.  Dan orang-orang pun akan merasakan manfaat dari blog tersebut sehingga tercipta awareness bagi brand yang anda kelola.

Membangun Reputasi dan Kepercayaan

Dari konten yang ada pada blog Anda, orang lain akan bisa memberikan penilaian tentang kemampuan dan kompetensi Anda. Ini penting kalau Anda ingin bisa mendapatkan kemajuan dalam hidup. Penilaian tersebut akan membentuk bagaimana reputasi Anda dan akan meningkatkan kepercayaan orang kepada diri Anda yang akan membuat bisnis Anda bisa lebih maju.

Mendapatkan Pelanggan Lebih Banyak

Melalui blog Anda bisa menjangkau lebih banyak orang untuk dijadikan target bisnis. Buatlah semua orang terkesan dengan konten dalam blog Anda agar mereka setia mengikuti dan membaca setiap hal baru yang Anda terbitkan. Bahaslah sesuatu yang sesuai dengan produk yang Anda jual dan jadikan pembaca menjadi loyal pada blog ataupun produk milik Anda.

Nah demikianlah 10 manfaat blog yang perlu anda ketahui. Semoha bermanfaat. Dan jika ada kritik atau pertanyaan, silakan tuliskan di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via