Manfaat Artikel

Suatu karangan yang ditulis dalam bentuk esai berisi gagasan atau fakta yang dibuat secara objektif merupakan pengertian dari artikel. Artikel dibuat untuk meyakinkan atau menghibur pembaca dengan topik bahasan yang beragam. Manfaat artikel ini membuat penulis lebih mengembangkan ide serta menguasai kemampuan menulis, terutama dalam karya tulis ilmiah. Penulis juga dapat berpikir secara sistematis selama proses menulis.

Selain itu, penulisan artikel memiliki tujuan yaitu untuk menyampaikan informasi, mempengaruhi, mengajar, meyakinkan, maupun mempublikasikannya ke media. Penulis dapat mempublikasikan artikel melalui media dalam bentuk cetak atau daring. Bagi yang ingin mencoba membuat karya tulis sendiri, berikut ini beberapa manfaat, pengertian serta ciri-ciri dari artikel yang perlu diketahui.

Pengertian dan Ciri-Ciri Artikel

Artikel adalah sebuah esai lengkap dengan panjang tertentu untuk dipublikasikan melalui majalah, koran, buletin, dan lain-lain. Tujuan dari pembuatan artikel yaitu menyajikan fakta dan ide-ide yang mendidik, meyakinkan, serta menghibur. Jenis tulisan ini biasanya berisi berbagai konten, seperti argumentasi, penelitian, argumentasi, sejarah, petualangan, bimbingan untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu sesuai dengan manfaat artikel.

Artikel mempunyai ciri-ciri yaitu tulisannya singkat, jelas, serta dengan pembahasan yang lengkap. Selanjutnya, sumbernya berasal dari fakta yang ada sehingga bersifat faktual sesuai dengan data yang diperoleh dari narasumber. Dalam penulisan artikel, seorang penulis harus bisa menyampaikan karya tulis sesuai dengan fakta dari narasumber bukan dari pemikirannya sendiri.

Manfaat Artikel

Selain bertujuan untuk menyampaikan informasi dan menghibur pembaca, artikel juga memiliki beberapa keuntungan tertentu, baik bagi pembaca maupun penulis itu sendiri. Berikut ini sejumlah manfaat yang perlu diketahui sebelum membuat karya tulis.

1. Berpikir Secara Sistematis

Manfaat artikel yang pertama yaitu membuat penulis menjadi lebih berpikir secara sistematis. Hal ini karena untuk membuat suatu karya tulis ilmiah seseorang perlu untuk berpikir sistematis dan terarah. Selain itu, dapat membuat seseorang dapat menyampaikan pendapat atau argumen secara tertib dan teratur.

2. Melatih Keterampilan Menulis

Seorang penulis dapat lebih mudah memahami tujuan dari penulisan dengan baik. Penulis juga mampu menguasai dan meningkatkan keterampilan menulis yang hendak dicapai. Sehingga seseorang dapat terus melatih kemampuannya dengan menulis artikel.

3. Menyampaikan Ide

Dalam menulis, seorang penulis dituntut untuk berpikir kreatif dengan menampilkan ide-ide baru dalam karya tulisnya. Salah satu manfaat dari artikel ini yaitu supaya penulis dapat menyampaikan ide dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya. Oleh karena itu, penulis dapat selalu mempublikasikan karya yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

4. Sarana Penerbitan Karya Tulis Ilmiah

Tidak hanya menyampaikan ide kreatif saja, manfaat dari artikel ternyata dapat menjadi suatu sarana yang bisa membantu proses penerbitan pemikiran ilmiah penulis terhadap jurnal ilmiah. Selain itu, pembaca juga bisa terbantu dengan karya tulis ilmiah tersebut dalam hal yang berkaitan dengan akademik.

Demikian ulasan mengenai pengertian, ciri-ciri, serta manfaat artikel yang penting untuk dipahami. Sebagai sebuah karya tulis, artikel memiliki beberapa manfaat yang berguna baik bagi penulis maupun pembaca. Penulis dapat menyampaikan ide serta meningkatkan kreativitas dalam menulis sebuah artikel. Sehingga artikel yang dibuat dapat bermanfaat untuk penerbitan jurnal ilmiah dan kemampuan akademik pembaca.

Leave a Comment