Panduan Lupa Password WordPress : Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang paling sering terjadi kepada pengguna WordPress adalah lupa password WordPress. WordPress menjadi pilihan bagi banyak orang yang aktif dalam dunia blog serta ingin berkontribusi bagi orang banyak.

Seperti sudah kita bahas dalam artikel apa itu WordPress, saat ini lebih dari 35% website di muka bumi ini menggunakan WordPress. Sayangnya masalah lupa password ini sering menjadi penghambat aktifitas blogging mereka.

Namun, tidak perlu panik karena beberapa langkah berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengamankan paaword WordPress milik Anda tersebut.  Simak ulasannya ya!

Cara Mengatasi Lupa Password WordPress

Berikut ini panduan mengatasi lupa password wordpress :

Pastikan Memiliki Akses phpMyAdmin

Sebelum memulai langkah pertama, sebaiknya memastikan terlebih dulu bahwa Anda memiliki akses untuk phpMyAdmin.

Login ke CPanel

Login ke CPanel menggunakan username dan password yang diberikan pihak hosting yang anda gunakan.

Pilih Database WordPress

Untuk langkah selanjutnya dalam mengatasi lupa password wordpress silahkan memilih database wordpress Anda. Namun, berhati-hatilah untuk memilih secara tepat. Bila memang kurang yakin silahkan cek melalui file berikut ini:

wp-config.php

File di atas berada dalam direktori utama website milik Anda. Seringkali file bersembunyi di bagian public_html. Silahkan cek melalui file tersebut terlebih dulu untuk mengetahui database yang diperlukan.

Memilih Tabel yang Dibutuhkan

Cara mengatasi lupa password pada wordpress berikutnya adalah dengan memilih tabel yang dibutuhkan. Saat database telah dipilih, semua tabel ditampilkan di baris kolom. Namun, apabila masih belum tampak di baris kolom, silahkan klik pada tab Structure. Langkahnya yaitu :

  • Lihat tabel wp_users di baris kolom (pada tabel prefix biasanya akan tampil berbeda) silahkan klik wpoj_ bila ini dialami.
  • Prefix nantinya bisa diulang lagi saat akan melakukan instalasi wordpress.
  • Nama terakhir tabel yang digunakan adalah _users
  • Silahkan klik tabel yang dimaksud atau pilih Browse jika belum ditemukan.

Pilih Username Database

Cara mengatasi lupa password wordpress selanjutnya adalah dengan memilih username pada database. Pada tahap ini, semua username yang digunakan dalam dashboard wordpress milik Anda akan ditampilkan. Selanjutnya, silahkan klik menu Edit yang ada pada username. Pilih terlebih dulu username yang ingin di reset password.

Reset Password Admin Area

Langkah terakhir untuk mengatasi lupa password pada wordpress adalah dengan melakukan reset password di admin area. Caranya, perhatikan angka serta huruf yang ada di baris user_pass di dalam kolom Value. Selanjutnya, pada kolom Function ada menu dropdown yang bisa digunakan untuk melakukan reset.

Lakukan reset dengan menghapus karakter serta angka yang ada di kolom Value tersebut. Kemudian, silahkan masukkan password baru milik Anda (buatlah password yang unik dan mudah diingat). Pilih MD5 di kolom Function sampai akhirnya Anda bisa melihat tombol Go. Klik fitur tersebut untuk menyimpan semua langkah perubahan yang dilakukan.

Beberapa langkah untuk mengatasi lupa password wordpress yang telah dipaparkan bisa langsung dipraktikkan. Bila perlu Anda bisa menyimpan akun beserta password ada di dalam daftar akun penting yang hanya Anda yang dapat mengaksesnya. Akses wordpress Anda akan tetap aman dan lebih cepat jika mengalami masalah lupa password di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment