Apa Itu Local SEO? Pengertian SEO Lokal

Local SEO adalah metode optimasi bisnis, produk, atau layanan untuk kata kunci penelusuran pada lokasi yang spesifik.

Untuk memahami local SEO, tentu saja anda harus tahu terlebih dahulu apa itu SEO. Jika anda belum mengetahuinya, maka silakan baca artikel berikut ini.

Secara umum strategi SEO tidak menyasar lokasi tertentu. Dengan optimasi yang benar, website anda dapat muncul pada hasil pencarian seluruh provinsi di Indonesia bahkan dapat meluas ke seluruh dunia.

Namun tentu, untuk mewujudkan hal tersebut bukanlah hal yang gampang. Butuh sumber daya yang tidak sedikit serta waktu yang panjang.

Nah, untuk itulah muncul sebuah solusi sederhana bernama local SEO.

Berikut ini videonya.

local seo

Apa Itu Local SEO?

Local SEO adalah strategi SEO yang membantu bisnis Anda muncul di hasil pencarian pada lokasi tertentu. Click To Tweet

Ciri dari local SEO adalah pada kata kunci atau keyword yang dipilih. Pada local SEO, umumnya keyword yang dipilih selalu menyertakan nama daerah yang menjadi target.

Misalnya, jual kaos Bandung, jilbab Surabaya, jual mobil Semarang dan lain-lain.

Tapi ini tidak selalu digunakan. Pada kata kunci tertentu, anda tidak perlu mencantumkan nama lokasi, tapi Google sudah otomatis mencarikan hasil yang sesuai lokasi anda.

Contohnya, warung kopi, jus buah, jual baju dan lain-lain.

Hal ini disebut local intent.

Pentingnya Local SEO

Ada beberapa alasan yang membuat Local SEO atau SEO lokal ini penting bagi bisnis anda.

Market Besar

Jika kita lihat data yang disampaikan oleh socialmediatoday [1], maka kita akan menemukan fakta bahwa 47% dari pencarian Google itu mencari informasi lokal.

pentingnya local seo
pentingnya local seo

Banyak orang yang merasa lebih nyaman untuk menggunakan layanan jasa atau produk yang disediakan oleh produsen yang lokasinya dekat dengan kediamannya.

Dan ini menjadi semacam tren yang akan terus berkembang.

Mudah

Jika anda menargetkan kata kunci yang bersifat lokal, tentu saja kompetisinya pun menjadi lebih ringan. Silakan anda bandingkan persaingan antara kata kunci “jual baju” dan “jual baju Semarang”.

Sudah tentu persaingan pada kata kunci “jual baju Semarang” jauh lebih rendah dari kata kunci “jual baru”. Karena persaingannya rendah, maka akan lebih mudah bagi anda untuk menang.

Cepat

Sebagai konsekuensi dari alasan pertama yaitu mudah. Maka efek langsungnya adalah waktu yang anda perlukan menjadi lebih singkat. Dan tentu hasil yang didapatkan juga menjadi lebih cepat.

Efek Finansial

Efek lanjutan dari mudah adalah meminimalisir modal yang anda keluarkan. Dan efek lanjutan dari cepat adalah meningkatnya omzet secara lebih cepat.

Persiapan Local SEO

Ada beberapa hal yang seandainya bisa anda siapkan akan meningkatkan Local SEO. Tapi hal ini BUKANLAH hal yang WAJIB untuk dilakukan.

Lokasi Fisik

Hal ini menjadi penting dan dapat menjadi pisau bermata dua bagi bisnis anda. Khususnya jika anda menjual produk fisik seperti baju, sepatu, produk elektronik dan lain-lain.

Tujuan seseorang melakukan pencarian secara lokal umumnya ada tiga :

  • Ingin bertemu langsung dengan penyedia produk atau jasa
  • Ingin cek langsung produknya
  • Ingin menghindari ongkos kirim

Jika anda menggunakan strategi local SEO, maka anda harus mampu memenuhi 3 hal di atas.

Lokasi Fisik Tidak Harus Ruko Mewah

Tapi lokasi fisik tidak selalu berupa ruko mewah. Pada bisnis UMKM, anda bahkan dapat menggunakan rumah tempat tinggal anda sebagai lokasi fisik.

Tapi tentu perlu dipersiapkan agar dapat menerima kunjungan pelanggan.

Tanpa Lokasi Fisik

Jika anda memulai local SEO tanpa alokasi fisik, anda pasti menemukan banyak kendala. Salah satunya berupa review negatif dari para calon pelanggan yang kecewa karena tidak dapat menemukan lokasi anda.

Hal akan semakin parah jika pelanggan yang kecewa tersebut sampai melaporkan bisnis anda sebagai bisnis yang tidak riil.

Layanan Pelanggan

Sebagian pebisnis pemula biasanya memulai bisnisnya sambil mengerjakan pekerjaan utama sebagai karyawan. Memulai bisnis dengan promosi di Instagram dan Facebook.

Efeknya mereka tidak mampu melayani pelanggan yang langsung datang ke lokasi, karena semua dilakukan secara online. Tentu saja hal ini dapat menjadi pengalaman buruk bagi pelanggan

Optimasi Local SEO

Optimasi local SEO tidak jauh berbeda dengan SEO secara umum. Tahapannyapun sama persis.

CATATAN

Saya sengaja membagi pembahasan optimasi local SEO ini ke dalam berbagai artikel terpisah agar pembahasannya dapat lebih detil dan mudah dipahami. Jadi harap mak;lum jika pada bagian ini anda akan saya arahkan ke berbagai artikel saya yang lain.

Ok kita langsung saja masuk ke pembahasan yang pertama :

Google My Business

Google My Business biasa juga disebut sebagai Google Bisnisku dalam bahasa Indonesia. Ini merupakan salah satu produk Google untuk pebisnis lokal.

Ini merupakan teknik khas local SEO. Teknik ini biasanya tidak dilakukan pada SEO yang biasa dilakukan. Dengan Google Bisnisku ini memungkinkan brand bisnis anda dapat muncul pada Google Maps, serta pada Google Search.

contoh hasil google bisnisku
contoh hasil google bisnisku

Ini salah satu contoh bisnis yang muncul pada halaman pencarian Google dengan memanfaatkan google bisnisku. Saya sudah membuat artikel khusus yang membahas mengenai Google Bisnisku.

Goal

Pertama anda harus menentukan goal yang ingin dicapai. Dengan begitu akan lebih mudah bagi anda untuk menyusun strategi pencapaian. Sebuah goal atau tujuan

Riset Keyword

Anda juga harus melakukan riset keyword dengan seksama agar tidak salah langkah. Dengan riset keyword anda dapat memetakan potensi pada local SEO. Selain itu anda juga dapat melihat sejauh mana kompetisinya.

Kesalahan pada tahap ini, dapat berakibat fatal pada keseluruhan tahap local SEO. Untuk itu saya sudah menulis artikel khusus yang membahas secara lebih terperinci mengenai riset keyword ini.

CATATAN

Untuk local SEO, riset keywordnya diarahkan pada keyword yang memiliki local intent. Yaitu keyword-keyword yang menyertakan nama suatu daerah. seperti “baju kaos Semarang“, “ikan hias Surabaya“, “kue keju Samarinda” dan lain-lain.

Search Intent

Selain itu anda juga harus memperhatikan search intent dalam pemilihan keyword. Search Intent adalah alasan mengapa orang melakukan pencarian tertentu.

Apakah keyword itu memang dapat berdampak terhadap bisnis anda, itu sangat tergantung dengan intentnya. Silakan baca lebih lanjut mengenai search intent ini pada artikel berikut ini.

Dan seperti biasa tiga pilar utama SEO juga harus anda perkuat, yaitu technical SEO, SEO On Page dan SEO Off Page.

Technical SEO

Technical SEO merupakan hal pertama yang harus anda evaluasi ketika memulai kampanye SEO. Jika anda tidak memiliki kemampuan teknis web, sebaiknya anda berkonsultasi dengan web developer anda.

Technical SEO adalah teknik optimasi situs web dan server yang membantu spider mesin pencari (web crawler) untuk merayapi dan mengindeks situs Anda secara lebih efektif dalam rangka untuk membantu meningkatkan peringkat organik.

Seperti namanya, technical SEO itu menyangkut berbagai hal teknis dari website. Mulai dari sertifikat SSL, Robot txt. sitemap, hingga search console. Saya juga sudah membuat artikel terpisah yang membahas mengenai ini.

SEO On Page

SEO On Page adalah praktik mengoptimalkan elemen-elemen pada sebuah situs web untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas pada mesin pencari. Optimasi SEO On Page juga mencakup konten yang anda sediakan.

Fokus utama dalam SEO On Page itu sama dengan fokus utama SEO secara keseluruhan, yaitu kepuasan pengunjung. Ada cukup banyak hal yang dapat anda lakukan pada optimasi SEO On Page.

Saya sudah menulis artikel terpisah mengenai SEO On Page ini. SIlakan baca artikel berikut :

SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya memberi tahu Google (atau mesin pencari lain) apa pendapat orang lain tentang situs Anda. SEO Off Page juga merupakan salah satu dari tiga pilar utama SEO.

Pada SEO Off Page ini ada banyak sekali teknik yang dapat digunakan. Namun sayangnya ada banyak pula teknik yang telah dinyatakan terlarang oleh mesin pencari seperti Google.

Anda harus memastikan setiap teknik yang dilakukan itu bukanlah teknik yang terlarang. Agar tidak berdampak negatif terhadap website anda. baca artikel berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut :

Referensi

  1. socialmediatoday.
  2. Google Bisnisku.