Laporan Cakupan Google Search Console Terlambat

Laporan cakupan Google Search Console terlambat hingga hampir dua pekan. Dan belum juga diperbaharui hingga artikel ini saya tulis.

Google Search Console kembali mengalami gangguan, khususnya pada bagian laporan cakupan.

Berikut ini videonya.

Apa Itu Laporan Cakupan Google Search Console?

Tentu saja laporan ini dapat anda temukan pada Google Search Console. Laporan ini menampilkan status proses index semua URL yang telah dan akan dikunjungi Google di properti Anda.

Berikut ini screenshotnya.

laporan cakupan google search console
laporan cakupan google search console

Bagi anda yang tidak tahu maksud dari index, mari kita ulangi sedikit mengenai cara kerja Search Engine.

Cara Kerja Search Engine

Cara kerja Search Engine terdiri dari minimal tiga tahap, yaitu Crawl, Index dan Ranking. Index merupakan proses kedua yang harus dilalui.

Crawl adalah proses yang digunakan bot search engine untuk mengunjungi halaman baru dan yang diperbarui untuk ditambahkan ke indeks.

Indexing adalah proses yang dilakukan Google atau mesin pencari yang lain dalam memahami elemen-elemen dalam suatu halaman.

Nah, laporan cakupan Google Search Console menampilkan hasil untuk semua URL yang ada di properti Anda, dikelompokkan menurut status (error, peringatan, atau valid) dan alasan spesifik untuk status tersebut (seperti URL yang dikirim tidak ditemukan (404).

Laporan Cakupan Google Search Console Terlambat

Pada keadaan normal laporan ini akan diupdate google biasanya 2 sampai 3 hari sekali. Tapi kali ini, belum ada update hingga hampir dua pekan.

Kejanggalan ini pertama kali saya ketahui setelah membaca artikel pada SERoundTable tertanggal 8 September 2020.

artikel tentang laporan cakupan google search console terlambat
artikel tentang laporan cakupan google search console terlambat

Tadinya saya tidak terlalu perduli karena memang sudah ada klarifikasi dari pihak Google. JohnMu sendiri sudah menanggapi masalah ini di twitter.

Tapi ternyata, sampai dengan artikel ini saya tulis, belum ada perubahan sama sekali.

laporan cakupan google search console terlambat 2 pekan
laporan cakupan google search console terlambat 2 pekan

Pengaruhnya Pada Indexing Google

Karena laporan ini sangat erat kaitannya dengan proses indexing dari Search Engine Google maka saya jadi khawatir. Jangan-jangan semua artikel yang saya tulis setelah tanggal satu September 2020 tidak terindex.

Maka dari itu saya langsung cek halaman hasil pencarian. Dan inilah yang saya temukan.

kondisi serp
kondisi serp

Seperti yang terlihat pada screenshot di atas bahwa artikel yang saya terbitkan enam hari yang lalu telah masuk pada halaman hasil pencarian Google.

Itu artinya laporan cakupan Google Search Console terlambat itu tidak mempengaruhi kinerja Google itu sendiri. Jadi proses crawling, indexing dan ranking sama sekali tidak mengalami kendala.

Simpulan

Anda tidak perlu khawatir mengenai dampak masalah ini pada website anda. Hanya mungkin akan terlihat ada masalah pada laporan cakupan saja.

Demikianlah artikel singkat mengenai laporan cakupan Google Search Console terlambat. Semoga bermanfaat.