Apa Itu Landing Page : Pengertian Landing Page

apa itu landing page

Kali ini kita akan membahas apa itu landing page. Pada Panduan ini saya akan membahas secara terperinci mulai dari pengertian dan beberapa hal lain terkait landing page.

Dengan begitu anda diharapkan lebih mudah mengerti dan paham serta dapat segera mempraktekkannya. Ok baiklah, mari kita segera mulai panduan ini. Yuk kita mulai pembahasannya dari pengertian landing page.

Berikut ini adalah beberapa topik yang akan kita bahas dalam panduan kali ini :

Apa Itu Landing Page?

Landing page merupakan sebuah istilah dari bahasa inggris untuk menyebutkan halaman dari website yang pertama kali dilihat oleh pengunjung. Halaman ini bisa muncul jika pengunjung mengklik sebuah tautan atau link tertentu.

Secara estimologi atau tata bahasa, landing artinya mendarat dan page adalah halaman. Jadi bisa kita simpulkan jika landing page adalah halaman dimana mata pengunjung mendaratkan pandangannya pertama kali di sebuah website.

Mau seperti apapun bentuknya dari halaman website tersebut, jika halaman itulah yang pertama kali dijumpai oleh pengunjung maka itu adalah landing page. Sejauh ini rasanya mudah untuk memahami apa sebenarnya istilah yang satu ini.

Namun rasanya arti lanting page di atas kurang cocok dan kurang mudah dimengerti.

Jika kita merujuk pada pengertian yang diberikan oleh unbounce maka landing page dapat berarti :

Landing page adalah halaman web mandiri yang dibuat khusus untuk keperluan iklan.

Atau jika kita merujuk ke wikipedia maka landing page artinya :

Landing page adalah adalah halaman web tunggal yang muncul sebagai tanggapan terhadap mengklik pada hasil pencarian mesin pencari dioptimalkan, promosi pemasaran, email pemasaran , atau iklan online.
apa itu landing page menurut wikipedia
apa itu landing page menurut wikipedia

Dari dua pengertian itu maka kita lihat bahwa landing page itu erat kaitannya dengan kampanye digital yang kita jalankan. Dan landing page itu merupakan halaman khusus yang dibuat untuk kampanye digital.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat landing page, silakan langsung menuju artikelnya Cara Membuat Landing Page.

The NSAMCWADLP Principle

Bicara mengenai landing page tentu ingatan kita tak akan lepas dengan nama Oli Gardner . Dialah yang memperkenalkan The NSAMCWADLP principle.

apa itu landing page : oli gardner the NSAMCWADLP principle
apa itu landing page : oli gardner the NSAMCWADLP principle

Oli Gardner juga merupakan co-founder sebuah perusahaan marketing terkemuka yaitu Unbounce. Lalu apa itu The NSAMCWADLP principle? Apaan nih? Mungkin itu yang pertama kali terlintas dalam pikiran anda.

Saya juga begitu. Jangan khawatir, ini bukanlah hal yang rumit. The NSAMCWADLP principle hanyalah sebuah singkatan dari Never Start A Marketing Campaign Without A Dedicated Landing Page. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan :

Jangan Pernah Memulai Kampanye Pemasaran Tanpa Landing Page

Itulah gambaran pentingnya betapa pentingnya peranan landing page dalam kampanye pemasaran digital. Tanpa landing page maka tingkat konversi anda akan jauh menurun, dan tentu saja itu buruk untuk bisnis anda.

Kenapa Anda Harus Menggunakan Landing Page

Landing Page Mampu Meningkatkan Konversi. Bagi yang tidak tahu apa itu konversi, mari kita bahas sedikit tentang pengertiannya.

Konversi adalah tujuan yang ingin dicapai dari sebuah kampanye pemasaran.

Bisa dalam bentuk penjualan, pengisian form atau yang lainnya. Lalu kenapa landing page dapat meningkatkan konversi?

Landing page adalah halaman khusus yang hanya memiliki satu tujuan.

Coba bayangkan sebuah halaman web dengan 50 produk dan setiap produk memiliki tombol beli sekarang. Tentulah perhatian pengunjung terpecah, atau mungkin malah bingung karena terlalu banyak pilihan, dan akhirnya malah tidak jadi membeli.

Dengan landing page, kita hanya menyajikan satu halaman yang menjelaskan satu produk/jasa dan kemudian satu tombol beli sekarang atau hubungi kami.

Tujuannya agar pengunjung lebih fokus. Dan terbukti cara seperti ini mampu meningkatkan konversi.

Jenis-Jenis Landing Page

Memahami tentang jenis-jenis landing page ini sangat penting. Jika anda ingin membuatnya, maka anda wajib mengetahui landing page yang mana yang paling sesuai untuk anda gunakan.

Secara umum, landing page dibagi dalam dua jenis.  Pertama yaitu Click Trough dan yang kedua adalah Lead Generation.

Click Trough

Click trough adalah sebuah landing page yang menarik pengunjung untuk mengklik halaman yang lainnya. Jenis landing page ini biasanya digunakan untuk membantu ecommerce.

Cara ini cukup efektif. Sebab pengunjung biasanya akan merasa penasaran dengan link yang disedikan dan mau untuk mengklik tautan atau link yang diberikan.

Lead Generation

Landing page seperti ini bentuknya seperti sebuah format formulir. Bentuk landing page seperti ini memang dikhususkan untuk mendapatkan data dari pengguna. Data-data yang diminta beragam mulai dari nama, umur, hingga alamat.

Beberapa pengelola website akan memberikan imbalan atas informasi yang telah diberikan. Informasi yang telah diberikan ini nantinya akan berguna untuk pemilik website memberikan iklan sesuai dengan target yang diinginkan.

Contoh Landing Page

Berikut ini adalah contoh disain landing page, baik yang berjenis click trough maupun yang lead generation.

contoh landing page
contoh landing page (sumber : https://unbounce.com/landing-page-articles/what-is-a-landing-page/)

Terlihat jelas dari contoh di atas bahwa landing page haruslah menonjolkan CTA, karena itulah tujuan utamanya.

Contoh Penggunaan Landing Page

Walaupun jenisnya hanya ada dua, tetapi landing page dapat digunakan untuk banyak keperluan. Berikut ini 4 contoh penggunaan landing page secara khusus:

Landing Page Untuk Menangkap Email

Landing page seperti ini fungsinya untuk menangkap atau mendapatkan alamat email pengunjung. Penting sekali mendapatkan alamat email pengunjung dalam proses internet marketing.

Sebab nantinya pengelola website bisa langsung mengirimi penawaran produk atau jasa langsung ke email pengunjung. Hal ini terbukti memiliki lebih efektif ketimbang beriklan di Facebook atau Google.

Landing Page Untuk PPC Campaign

Dominasi iklan sangat kental dalam landing yang satu ini. Landing page khusus untuk PPC Campaign ini adalah landing page yang hanya berisi tentang iklan.

Pada umumnya, Landing page seperti ini harus dibuat semenarik mungkin. Sebagaimana iklan pada umumnya, landing page yang satu ini harus bisa menarik minat pengunjung website untuk membeli produk yang ditawarkan.

Landing Page Untuk Presell

Untuk jenis yang satu ini biasanya digunakan untuk landing prapenjualan. Berupa website yang menampilkan suatu produk sebelum penjualan. Landing untuk presell ini biasanya ditemukan saat anda mencari sesuatu pada laman pencarian.

Itulah jenis-jenis dari Landing page yang harus anda ketahui. Berikutnya setelah anda mengetahui apa itu Landing page dan jenis-jenisnya, sebaiknya anda mengetahui kriteria landing page yang profesional.

Kriteria Landing Page Yang Profesional

Mungkin anda bertanya-tanya Landing page seperti apa yang dikatakan sebagai Landing page yang profesional. Secara garis besar, Landing page yang bagus adalah Landing page yang bagus dan bisa membuat pengunjung nyaman berkunjung.

Sebelum anda mengetahui cara membuat Landing page, maka anda harus mengetahui kriteria Landing page yang profesional. Berikut ini lima kriteria landing page yang profesional:

CTA (Call To  Action) Jelas

Kriteria yang pertama adalah CTA yang jelas. CTA adalah singkatan dari Call To Action.

CTA (Call To Action) adalah bagian dari website yang didesain agar pengunjung melakukan aktivitas tertentu yang dapat mendatangkan konversi.

Untuk apa itu konversi sudah kita bahas di atas ya. Nah untuk CTA dapat berupa tombol “Beli Sekarang” atau form isian nama, email dan lain sebagainya.

Jika sebuah landing page harus memiliki CTA yang jelas. CTA ini akan membuat pengunjung website segera mengambil tindakan seperti membeli produk, melakukan pendaftaran atau yang lainnya.

Desain dari CTA ini harus dibuat semudah mungkin dan semenarik mungkin. Tentunya agar pengunjung website tidak perlu merasa kesulitan.

Berbeda Dari Bagian Isi

Landing page yang bagus adalah landing page yang berbeda dari bagian isinya. Selain itu halaman tersebut juga harus cukup ruang. Cukup ruang artinya tidak terlalu semak dan membuat pengunjung merasa nyaman. Pengunjung tidak akan merasa nyaman jika landing page terlalu penuh. Oleh sebab itu, sebaiknya berikan cukup  ruang pada bagian Landing page. Penting sekali untuk mengatur masalah tata ruang ini agar nantinya landing page terlihat bagus.

Teks Terlihat Bersih Dan Ringkas

Berikutnya sebuah Landing page akan terlihat profesional jika bersih dan ringkas. Bersih dan ringkas artinya kalimat yang ada tidak bertele-tele. Sehingga poin yang ingin disampaikan langsung tersampaikan para pengunjung. Para pengunjung tidak perlu merasa bingung melihat atau membaca apa yang ada pada Landing page.  Penggunaan bahasa yang efektif sangat dibutuhkan dalam memberikan teks di landing page ini. Jangan ada bahasa yang ambigu dan dapat membingungkan pengunjung website anda.

Menggunakan Informasi Visual

Informasi visual juga sangat penting untuk ditambahkan. Informasi visual di sini maksudnya informasi berupa gambar atau grafik. Tentu saja ini diberikan agar para pengunjung bisa dengan mudah memahami maksud dan tujuan dari Landing page tersebut. Informasi visual ini sangat membantu pengelola website untuk menyampaikan maksud dan tujuan page tersebut kepada para pengunjung.

Kombinasi Warna Yang Menarik

Terakhir sebuah Landing page yang bagus harus memiliki kombinasi warna yang bagus. Kombinasi warna ini akan menentukan tampilan dari page itu sendiri. Desain dari tampilan page juga akan menentukan kenyamanan pengunjung. Oleh sebab itu, sebuah Landing page yang baik harus memiliki kombinasi warna yang sesuai. Bila perlu kombinasi warna ini harus sesuai dengan apa yang mau disampaikan dalam page tersebut.

Apa Yang Sebaiknya Tidak Anda Lakukan Dalam Membuat Landing Page

Ada beberapa hal yang jika anda lakukan dapat membuat kesal pengunjung, dan tentu saja akan mempengaruhi konversi anda.

Terlalu Banyak Text

Jangan berikan terlalu banyak teks, karena pengunjung membenci hal tersebut. Pastikan kalimat pada landing page anda adalah kalimat yang singkat dan padat serta mudah dipahami.

Jangan Berbohong

Jangan pernah sekalipun memberikan informasi palsu atau janji-jani yang anda serdiri tidak terlalu yakin kebenarannya. Penawaran yang dilakukan berdasarkan kebohongan hanya akan membawa masalah untuk bisnis anda.

Setelah mengetahui apa itu landing page serta berbagai hal terkait itu, sekarang saatnya anda mengetahui bagaimana cara membuat Landing page yang bagus dan tampak profesional. Tentu saja agar nantinya pengunjung website anda bisa nyaman berada di page tersebut. Untuk itu silakan langsung menuju artikelnya Cara Membuat Landing Page.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *