Apa Itu Landing Page – Panduan Landing Page 2019

Pada Panduan Landing Page ini saya akan membahas secara terperinci mulai dari pengertian dan beberapa hal lain terkait landing page. Dengan begitu anda diharapkan lebih mudah mengerti dan paham serta dapat segera mempraktekkannya. Berikut ini adalah beberapa topik yang akan kita bahas dalam panduan kali ini :

  1. Apa itu landing page
  2. Jenis-jenis landing page
  3. Contoh penggunaan landing page
  4. Kriteria landing page yang baik

Ok baiklah, mari kita segera mulai panduan ini. Yuk mari kita mulai pembahasannya dari pengertian landing page.

Apa Itu Landing Page

Landing page merupakan sebuah istilah dari bahasa inggris untuk menyebutkan halaman dari website yang pertama kali dilihat oleh pengunjung. Halaman ini bisa muncul jika pengunjung mengklik sebuah tautan atau link tertentu. Sebagaimana yang kita ketahui jika sebuah website terdiri dari banyak halaman. Ada halaman website yang bisa dibaca oleh pengunjung website dan ada halaman yang hanya bisa dibaca oleh pemilik website. Bagian yang bisa dibaca oleh para  pengunjung website itulah yang disebut dengan landing page.

Secara estimologi atau tata bahasa, landing artinya mendarat dan page adalah halaman. Jadi bisa kita simpulkan jika landing page adalah halaman dimana mata pengunjung mendaratkan pandangannya pertama kali di sebuah website. Mau seperti apapun bentuknya dari halaman website tersebut, jika halaman itulah yang pertama kali dijumpai oleh pengunjung maka itu adalah landing page. Sejauh ini rasanya mudah untuk memahami apa sebenarnya istilah yang satu ini.

Landing Page adalah halaman dari website yang pertama kali dilihat oleh pengunjung

Jenis-Jenis Landing Page

Memahami tentang jenis-jenis landing page ini sangat penting. Jika anda ingin membuatnya, maka anda wajib mengetahui landing page yang mana yang paling sesuai untuk anda gunakan.

Secara umum, landing page dibagi dalam dua jenis.  Pertama yaitu Click Trough dan yang kedua adalah Lead Generation.

Click Trough

Click trough adalah sebuah landing page yang menarik pengunjung untuk mengklik halaman yang lainnya. Jenis landing page ini biasanya digunakan untuk membantu ecommerce. Cara ini cukup efektif. Sebab pengunjung biasanya akan merasa penasaran dengan link yang disedikan dan mau untuk mengklik tautan atau link yang diberikan.

Lead Generation

Landing page seperti ini bentuknya seperti sebuah format formulir. Bentuk landing page seperti ini memang dikhususkan untuk mendapatkan data dari pengguna. Data-data yang diminta beragam mulai dari nama, umur, hingga alamat. Beberapa pengelola website akan memberikan imbalan atas informasi yang telah diberikan. Informasi yang telah diberikan ini nantinya akan berguna untuk pemilik website memberikan iklan sesuai dengan target yang diinginkan.

Contoh Penggunaan Landing Page

Walaupun jenisnya hanya ada dua, tetapi landing page dapat digunakan untuk banyak keperluan. Berikut ini 4 contoh penggunaan landing page secara khusus:

Landing Page Untuk Menangkap Email

Landing page seperti ini fungsinya untuk menangkap atau mendapatkan alamat email pengunjung. Penting sekali mendapatkan alamat email pengunjung dalam proses internet marketing. Sebab nantinya pengelola website bisa langsung mengirimi penawaran produk atau jasa langsung ke email pengunjung. Hal ini terbukti memiliki lebih efektif ketimbang beriklan di Facebook atau Google.

Landing Page Untuk PPC Campaign

Dominasi iklan sangat kental dalam landing yang satu ini. Landing page khusus untuk PPC Campaign ini adalah landing page yang hanya berasa tentang iklan. Iklan yang ditawarkan juga terserah pada pengelola website. Pada umumnya, Landing page seperti ini harus dibuat semenarik mungki. Sebagaimana iklan pada umumnya, landing page yang satu ini harus bisa menarik minat pengunjung website untuk membeli produk yang ditawarkan.

Landing Page Untuk SEO

Landing page seperti ini adalah landing page yang telah memenuhi kriteria tertentu. Sehingga ketika ada seseorang yang mengetikkan sesuatu di laman pencarian, leadung page ini akan muncul. Untuk membuat landing page yang seperti ini anda harus membuat banyak konten yang mudah terdeteksi oleh mesin pencari. Jika anda masih bingung apa itu SEO, sebaiknya anda mempelajarinya lebih dalam lagi. Sebab SEO (Search Engine Optimism) ini cakupannya luas sekali.

Landing Page Untuk Presell

Untuk jenis yang satu ini biasanya digunakan untuk landing prapenjualan. Berupa website yang menampilkan suatu produk sebelum penjualan. Landing untuk presell ini biasanya ditemukan saat anda mencari sesuatu pada laman pencarian.

Itulah jenis-jenis dari Landing page yang harus anda ketahui. Berikutnya setelah anda mengetahui apa itu Landing page dan jenis-jenisnya, sebaiknya anda mengetahui kriteria landing page yang profesional.

Kriteria Landing Page Yang Profesional

Mungkin anda bertanya-tanya Landing page seperti apa yang dikatakan sebagai Landing page yang profesional. Secara garis besar, Landing page yang bagus adalah Landing page yang bagus dan bisa membuat pengunjung nyaman berkunjung. Sebelum anda mengetahui cara membuat Landing page, maka anda harus mengetahui kriteria Landing page yang profesional. Berikut ini 5 kriteria Landing page yang profesional:

CTA (Call To  Action) Jelas

Kriteria yang pertama adalah CTA yang jelas. CTA adalah singkatan dari Call To Action. Jika sebuah landing page adalah landing page yang menawarkan produk atau jasa, maka CTA-nya harus jelas. CTA ini akan membuat pengunjung website segera mengambil tindakan akan membeli produk anda atau tidak. Desain dari CTA ini harus dibuat semudah mungkin. Tentuny agar pengunjung website tidak perlu merasa kesulitan untuk menghubungi anda.

Berbeda Dari Bagian Isi

Landing page yang bagus adalah landing page yang berbeda dari bagian isinya. Selain itu halaman tersebut juga harus cukup ruang. Cukup ruang artinya tidak terlalu semak dan membuat pengunjung merasa nyaman. Pengunjung tidak akan merasa nyaman jika landing page terlalu penuh. Oleh sebab itu, sebaiknya berikan cukup  ruang pada bagian Landing page. Penting sekali untuk mengatur masalah tata ruang ini agar nantinya landing page terlihat bagus.

Teks Terlihat Bersih Dan Ringkas

Berikutnya sebuah Landing page akan terlihat profesional jika bersih dan ringkas. Bersih dan ringkas artinya kalimat yang ada tidak bertele-tele. Sehingga poin yang ingin disampaikan langsung tersampaikan para pengunjung. Para pengunjung tidak perlu merasa bingung melihat atau membaca apa yang ada pada Landing page.  Penggunaan bahasa yang efektif sangat dibutuhkan dalam memberikan teks di landing page ini. Jangan ada bahasa yang ambigu dan dapat membingungkan pengunjung website anda.

Menggunakan Informasi Visual

Informasi visual juga sangat penting untuk ditambahkan. Informasi visual di sini maksudnya informasi berupa gambar atau grafik. Tentu saja ini diberikan agar para pengunjung bisa dengan mudah memahami maksud dan tujuan dari Landing page tersebut. Informasi visual ini sangat membantu pengelola website untuk menyampaikan maksud dan tujuan page tersebut kepada para pengunjung.

Kombinasi Warna Yang Menarik

Terakhir sebuah Landing page yang bagus harus memiliki kombinasi warna yang bagus. Kombinasi warna ini akan menentukan tampilan dari page itu sendiri. Desain dari tampilan page juga akan menentukan kenyamanan pengunjung. Oleh sebab itu, sebuah Landing page yang baik harus memiliki kombinasi warna yang sesuai. Bila perlu kombinasi warna ini harus sesuai dengan apa yang mau disampaikan dalam page tersebut.

Setelah mengetahui kriteria sebuah Landing page yang bagus, sekarang saatnya anda mengetahui bagaimana cara membuat Landing page yang bagus dan tampak profesional. Tentu saja agar nantinya pengunjung website anda bisa nyaman berada di page tersebut. Untuk itu silakan langsung menuju artikelnya Cara Membuat Landing Page.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *