Kursus Digital Marketing Gratis 2020

Anda ingin mengikuti kursus digital marketing gratis? Anda datang pada tempat yang tepat. Disini kita akan membahas tuntas mengenai seluk beluk digital marketing.

Penting bagi seorang pemula untuk memahami seluk beluk digital marketing yang baik. Untuk itu kursus online ini akan menyediakan materi-materi tentang pemasaran digital secara menyeluruh. Berikut adalah beberapa materi yang dapat dipelajari saat melakukan kursus digital marketing.

Kursus Digital Marketing Gratis

Berikut ini beberapa materi kursus digital marketing yang dapat anda pelajari.

Cara Membuat Landing Page

Hal pertama yang harus pemula pelajari saat melakukan kursus adalah mempelajari bagaimana cara membuat landing page bisnis. Landing page ini dibuat untuk menjadikan seorang pengunjung menjadi leads atau potensial buyer. Sebuah landing page bisnis biasanya menyediakan form yang bisa diisi oleh pengunjung.

Formulir tersebut berisi produk atau jasa yang ditawarkan dalam bisnis tersebut. Selain itu landing page juga memiliki tujuan utama untuk menjadikan pengunjung sebagai potensial buyer. Dalam kursus tersebut, pelajari mulai dari tujuan dasar, headline yang menarik, the blind test, dan menjabarkan secara detail dalam bullets points.

Selain itu pelajari juga bagaimana cara untuk membuat form isian tepat guna, foto dan ilustrasi yang relevan jika diperlukan, dan tampilkan testimoni. Akan lebih baik lagi jika landing page tersebut menampilkan tahapan lanjutan (what’s next) dan bonus tips. Konversi pada sebuah landing page akan ditingkatkan dengan bonus tips tersebut.

Membuat Website Bisnis Yang Profitable

Untuk bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari sebuah website, tentunya ada berbagai kriteria yang harus dipenuhi oleh website tersebut. Mulai dari infrastruktur website, traffic pengunjung, landing page dan call-to-action. Infrastruktur website yang baik selain dari desainnya yang menarik tetapi dapat beradaptasi dengan browser dan device yang digunakan serta jaringan user.

Untuk meningkatkan traffic web ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari membuat konten yang berkualitas atau memanfaatkan media sosial. Selain itu, bisa juga memanfaatkan traffic berbayar dengan cara mengiklankan web bisnis melalui Facebook Ads, Google Ads dan masih banyak lainnya. Atau menciptakan sumber traffic eksternal gratisan melalui komentar di web lain atau sharing akun media sosial pribadi.

Website bisnis yang profitable tentu membutuhkan landing page yang berkualitas dan menarik. Selain itu, pemula juga harus belajar untuk membuat call to action yang baik. Hal ini akan sangat berguna untuk mengubah status pengunjung menjadi calon pelanggan sebanyak-banyaknya.

SEO (Search Engine Optimization)

Materi yang wajib ada pada kursus digital marketing selanjutnya adalah SEO Bisnis. Sebenarnya membuat optimasi SEO sangatlah mudah jika seseorang tahu kunci dasarnya. Kunci SEO untuk bisnis ada dua yakni quality content that counts dan performa website. Untuk membuat quality content that counts, pemula harus memilih topik yang sesuai dengan bidang keahlian atau minat.

Kemudian pilih topik dengan mencari kata kunci yang banyak dicari di Google. Sedangkan untuk performa website bisa didapatkan dengan web hosting dan juga tema website yang nyaman untuk dibaca. Sedangkan agar SEO artikel dapat muncul di blog, pemula harus mempelajari beberapa optimasi.

Optimasi tersebut dilakukan pada kata kunci atau keywords, isi blog post atau content, optimasi tautan atau link, dan optimasi struktur URL. Selain itu lakukan juga optimasi gambar pada blog post, optimasi Rich Snippet atau fitur SERP. Dengan mempelajari itu semua, dapat dipastikan SEO bisnis yang dilakukan akan berhasil untuk meningkatkan keuntungan.

Cara Optimasi Google Ads

Salah satu platform investasi yang sangat menjanjikan untuk sebuah bisnis adalah Google Ads. Meskipun SEO memberikan traffic pencarian organik dalam jangka panjang, namun butuh waktu yang lama dan biaya yang besar untuk mencapainya. Dengan menggunakan jasa iklan Google Ads, maka biaya yang dikeluarkan hanya jika usaha tersebut membuahkan hasil.

Untuk mengefektifkan iklan Google yang telah dibuat, maka pemula harus mengetahui mengenai quality score yang dimilikinya. Dengan kata lain quality score sangat menentukan performa dari campaign iklan tersebut berhasil atau tidak Dan untuk meningkatkan quality score dari sebuah iklan Google Ads, maka pemula harus mempelajari optimasi click through rate.

Kemudian gunakan long-tail keywords yakni sebanyak 3 kata atau lebih dan juga perbanyak versi copywriting dalam iklan. Setelah itu dedikasikan waktu yang cukup dan lakukan improve secara bertahap. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk resmi dari google yang bernama best practice.

Copywriting

Copywriting merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis terutama dalam bidang marketing. Skill ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan penghasilan dari menulis. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dipelajari dalam kursus digital marketing untuk melakukan copywriting.

Hal yang pertama adalah penulis atau pemula harus mengenali audiences terlebih dahulu. Kenali apa yang dibutuhkan sehingga tulisan yang dibuat akan lebih bermanfaat. Kemudian bahas secara tuntas manfaat dan fitur utama dari produk yang ditawarkan.

Kemampuan selanjutnya adalah membuat proposisi penjualan yang lebih unik. Ini akan bermanfaat agar produk yang ditawarkan lebih menonjol dari pada produk yang ditawarkan oleh pesaing. Yang terakhir adalah jangan lupa untuk terus memperluas pengetahuan. Selain itu, pengetahuan yang terus diperbaharui ini akan sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan perkembangan zaman saat ini.

Itulah beberapa materi yang biasanya dipelajari dalam kursus digital marketing. Digital marketing ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang mau tidak mau harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan juga agar tidak tertinggal jauh dengan para pesaing.

Tak harus mencari lembaga khusus untuk kursus digital marketing ini. Bisa juga dilakukan secara otodidak dengan mencari materi-materi yang telah disebutkan di atas secara mandiri dan mempelajarinya. Prakteknya pun bisa coba langsung diterapkan.

Leave a Comment