Komunikasi Pemasaran 2020 : Pengertian, Jenis & Model

Komunikasi pemasaran yang baik dapat membantu perusahaan memenangkan persaingan. Komunikasi pemasaran adalah bagian penting dalam pemasaran. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus memiliki perhatian khusus terhadap komunikasi pemasaran.

Sehingga, seluruh pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan dapat diterima dengan baik oleh target market. Salah satu hal terpenting yang dapat mempengaruhi penjualan suatu produk atau jasa yang dihasilkan adalah komunikasi pemasaran.

Komunikasi pemasaran merupakan salah satu bagian terpenting dalam suatu sistem penjualan yang berhubungan langsung dengan konsumen. Untuk memahami apa itu komunikasi pemasaran, berikut merupakan pengertian, jenis dan model proses komunikasi pemasaran.

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Menurut learn.marsdd.com, komunikasi pemasaran ( dalam bahasa Inggris disebut marketing communication di singkat MarCom) adalah sebagai berikut :

Komunikasi pemasaran adalah semua bentuk pesan dan media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pasar.

Komunikasi merupakan suatu kegiatan timbal baik, baik secara langsung maupun tidak langsung tentang sebuah pesan tertentu kepada penerima. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi tertentu melalui suatu media agar penerima memahami isi dari informasi tersebut.

Sedangkan pemasaran merupakan kegiatan mengidentifikasi, mengkomunikasikan, mengirim dan mempengaruhi pelanggan dan calon pelanggan, tentang suatu produk dan jasa yang dihasilkan suatu perusahaan. Pemasaran dapat dilakukan langsung dengan bertemu maupun melalui media tertentu.

Intinya, komunikasi pemasaran merupakan sekumpulan kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan maupun organisasi kepada pelanggan dan calon pelanggan. Tujuannya adalah untuk membentuk suatu brand, mengenalkan dan mempengaruhi pelanggan dan calon pelanggan, untuk membeli dan menggunakan produk maupun jasa yang telah dihasilkan.

Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran dapat dilakukan melalui berbagai media. Baik media cetak maupun media elektronik. Dimana tujuan dari keduanya adalah sama, yaitu menginfomasikan, membujuk pelanggan dan calon pelanggan untuk menggunakan suatu produk atau jasa yang dihasilkan. Berikut merupakan jenis-jenis komunikasi pemasaran antara lain:

  1. Advertising

Advertising atau periklanan merupakan salah satu jenis komunikasi pemasaran yang bersifat berbayar. Umumnya bersifat bukan individu, tetapi mewakili karakteristik suatu perusahaan terhadap produk, jasa atau ide yang dipresentasikan. Bersifat promosi dan mempengaruhi baik individu maupun perusahaan atau organisasi tertentu agar menggunakan suatu produk tersebut.

  1. Sales promotion

Sales promotion atau promosi penjualan merupakan kegiatan yang memiliki durasi pendek yang bersifat berbayar dan tidak berbayar. Tujuannya adalah memperkenalkan, membujuk dan membangun brand dari suatu produk, jasa maupun ide yang sedang dipresentasikan.

  1. Public relation

Public relation atau hubungan masyarakat merupakan suatu kegiatan terstruktur guna memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat langsung. Kegiatan dirancang untuk promosi dan digunakan langsung untuk pelayanan terhadap masyarakat.

  1. Direct marketing

Direct marketing atau pemasaran langsung merupakan kegiatan membujuk dan menargetkan pelanggan melalui komunikasi aktif. Komunikasi dilakukan baik melalui media seperti telepon, email, faximile maupun surat. Tujuannya untuk mengetahui respon secara langsung dari pelanggan.

  1. Personal selling

Personal selling atau pemasaran perseorangan merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan secara langsung dengan bertemu pelanggan. Baik melalui pertemuan khusus maupun dalam jaringan (online). Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran, membangun citra hingga pelanggan melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang sedang ditawarkan. Sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Model Proses Komunikasi Pemasaran

Berikut ini adalah model proses komunikasi pemsaran :

  1. Makro

Model ini mencakup semua elemen yang terlibat pada komunikasi pemasaran. Pada model ini terdiri dari 3 kelompok besar. Kelompok pertama merupakan komponen utama dari komunikasi yaitu pengirim dan penerima informasi. Kelompok kedua yaitu komponen fungsi komunikasi yang terdiri dari pembuat pesan, penerjemah, respon dan umpan balik. Kelompok ketiga terdapat 1 komponen yaitu gangguan.

  1. Mikro

Model ini berhubungan erat terhadap respon yang diberikan oleh konsumen yang mencakup aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Pada model mikro ini, pemberi informasi berusaha menciptakan suatu kondisi hingga pelanggan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan secara sadar.

Demikianlah bahasan singkat mengenai komunikasi pemasaran, jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar.

Leave a Comment

Share via