7 Keuntungan Reseller di Tahun 2020

Banyak sekali keuntungan reseller dibandingkan bisnis yang lain. Bahkan dengan menjalankan bisnis reseller anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar daripada dropship.

Bagi yang sudah lama berkecimpung di bisnis dropship biasanya akan mulai beralih ke reseller karena reseller memiliki lebih banyak potensi keuntungan dibandingkan dropship.

Tapi tentu bisnis reseller tidak bisa dijalankan dengan asal-asalan. Anda harus mempelajarinya dengan sungguh-sungguh agar mampu mencapai sukses.

Sebelum membahas mengenai keuntungan reseller, mari kita bahas lebih dulu mengenai pengertian reseller.

Apa Itu Reseller?

Reseller adalah seseorang atau perusahaan yang menjual sesuatu yang telah mereka beli dari orang lain. [1].

Lebih lengkap mengenai pengertian reseller dapat anda baca pada artikel berikut ini.

Keuntungan Reseller

Ada banyak keuntungan menjadi reseller yang dapat anda rasakan.

Hemat Waktu

Keuntungan reseller yang pertama adalah hemat waktu. Ketika anda memulai bisnis reseller, maka bisnis anda dapat berjalan dengan waktu yang cepat.

Anda dapat mulai mempromosikan produk bahkan sebelum produknya sampai ke tangan anda. Jadi dengan reseller, waktu yang anda butuhkan untuk memulai bisnis menjadi sangat singkat.

Lebih Menguntungkan

Jika anda yang sudah memulai bisnis dropship, maka menjadi reseller adalah tahap berikutnya. Dengan menjadi reseller bisnis anda akan meningkat dan andapun akan belajar hal baru berupa manajemen produkd an stok.

Satu hal yang pasti adalah, jika anda menjadi reseller, tentu margin keuntungan yang anda dapatkan lebih besar daripada sekedar menjadi dropshipper.

Tidak Perlu Mengeluarkan Modal Besar

Inilah salah satu alasan yang membuat banyak orang tertarik untuk menjadi reseller. Berbeda dengan menjadi produsen yang harus memproduksi barang sendiri, reseller hanya bertugas untuk menjualkan barang yang sudah ada.

Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk memproduksi produk.

Modal yang dibutuhkan hanyalah biaya untuk membeli barang dari produsen atau supplier yang besarnya bisa diatur sendiri sesuai kemampuan finansial Anda. Anda hanya perlu menawarkan barang dan mencari pembeli.

Risiko Kecil

Karena tidak harus memproduksi barang sendiri, risiko yang dihadapi reseller pun relatif kecil.

Seorang produsen bisa saja mengalami kerugian yang cukup banyak jika produk yang dibuatnya ternyata kurang laku di pasaran karena dibuat dalam jumlah banyak.

Namun tidak demikian dengan reseller. Anda bisa menyetok barang secukupnya dan memilih item yang paling banyak dicari konsumen.

Jika tidak laku, Anda bisa mengembalikannya kepada produsen/supplier karena biasanya mereka memiliki kebijakan tentang retur.

Pasar Tak Terbatas

Pada bisnis offline, Anda hanya dapat mempromosikan dan menjual produk pada target pasar yang sangat terbatas, yaitu orang-orang yang ada di sekitar lokasi toko offline saja.

Sebaliknya, dengan menjadi reseller online dan memanfaatkan media sosial, Anda bisa mempromosikan produk yang dijual ke seluruh dunia.

Tak perlu waktu lama, produk Anda bisa segera dikenal dan pada akhirnya menarik orang untuk membelinya.

Waktu Fleksibel

Menjadi reseller online juga memberikan keleluasaan kepada Anda untuk mengelola waktu dengan fleksibel.

Tak seperti pekerja kantoran yang harus berangkat dan pulang bekerja di jam-jam yang sudah ditentukan, seorang reseller bisa menentukan waktu dengan lebih fleksibel.

Potensi Keuntungan Menarik

Besarnya keuntungan yang didapat seorang reseller sangat tergantung pada kebijakan produsen/supplier. Ada supplier yang memberikan margin keuntungan cukup besar, ada juga yang sebaliknya.

Meskipun margin keuntungan per produknya kecil, jika produk yang dijual ternyata laku keras, total profit yang didapatkan cukup besar.

Membangun Relasi

Sebagai reseller, Anda pasti harus berhadapan dengan banyak orang, baik para supplier maupun konsumen. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menjalin kerja sama dalam berbagai hal.

Keraguan Menjadi Reseller

Sejak bisnis online mulai dikenal di Indonesia, banyak orang yang tertarik untuk menekuni bisnis sebagai reseller.

Tak sedikit orang yang semula hanya coba-coba menjadi reseller sebagai pekerjaan sampingan, tetapi kemudian menjalankannya dengan lebih serius, bahkan menjadikannya sebagai sumber penghasilan utama.

Di sisi lain, ada juga orang yang merasa ragu untuk menjadi reseller. Terlebih lagi dengan maraknya penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang bertransaksi secara online. Hal ini membuat sebagian orang tidak merasa yakin bahwa menjadi reseller adalah bisnis yang menguntungkan.

Jika dicermati, sebetulnya keraguan tersebut tidak beralasan. Dibandingkan dengan transaksi lancar yang terjadi setiap hari, persentase kasus penipuan tersebut sangatlah kecil.

Lagipula, bukankah setiap bisnis pasti memiliki risiko? Adanya oknum-oknum penipu adalah risiko dan tantangan dalam bisnis online yang harus siap dihadapi.

Dengan tekad yang kuat, kerja keras, dan skill dalam mengelola bisnis, apa pun kendala yang dihadapi pasti akan bisa diatasi. Hal tersebut juga tidak sebanding dengan keuntungan yang akan didapat dengan menjadi seorang reseller.

Langkah Utama Menjadi Reseller

Ketika Anda memutuskan untuk menekuni bisnis sebagai reseller, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari supplier karena supplier yang tepat adalah kunci kesuksesan seorang reseller.

Setelah itu, mulailah berusaha untuk membuat toko online Anda ramai dikunjungi calon pembeli.

Carilah supplier dengan kriteria:

  • produknya berkualitas
  • menawarkan kerja sama yang mudah dan saling menguntungkan
  • memberikan margin keuntungan yang besar

Dengan langkah-langkah sederhana tersebut, Anda sudah bisa mulai menjalankan bisnis reseller. Mudah, bukan? Jika dilakukan dengan serius, profit yang bisa didapatkan dari bisnis ini sangat menggiurkan.

Simpulan

Reseller menyajikan banyak keuntungan bagi anda yang ingin memulai bisnis. Tapi tentu lebihbanyak keuntungan juga berarti memerlukan komitmen yang lebih tinggi.

Referensi

  1. Kamus Oxford.

Uraian tentang keuntungan reseller di atas semoga bisa membuat Anda tidak ragu lagi untuk segera memulai usaha sebagai reseller. Tanpa harus menyiapkan modal yang besar, Anda bisa langsung memulainya.

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan dikolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang keuntungan reseller. Semoga bermanfaat

Leave a Comment