4 Keuntungan Freelance, Kelebihan Freelancer

Apa sih keuntungan freelance? Bagi sebagian orang, menjadi freelancer yang bukan pekerja kantoran mungkin cukup mengkhawatirkan dari segi finansial. Kebanyakan dari mereka mempertanyakan besaran penghasilan yang akan didapatkan jika memilih untuk menjadi freelancer.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai apa itu freelance? Jika merujuk dari wikipedia, maka freelance adalah istilah yang umum digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus terikat dengan majikan jangka panjang tertentu.

Hal ini karena pekerja freelance sering kali dipandang sebelah mata dan dikira tidak bisa menghasilkan uang lebih banyak. Padahal, pada kenyataannya para freelancer ini justru memiliki kesempatan yang besar untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya.

Keuntungan Freelance

Nah, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menjadi freelancer, antara lain:

Fleksibel, Bisa Fulltime atau untuk Sampingan

Menjadi freelancer sebenarnya tak perlu resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan yang sedang Anda lakukan saat ini. Justru Anda tetap bisa bekerja sambil menjadi freelancer untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, sebagian orang juga ada yang memilih untuk menjadikan sistem kerja freelance sebagai pekerjaan utama mereka. Hal ini disebut dengan fulltime freelancer, dimana mereka tidak perlu ke kantor.

Jam Kerja Bebas Atur Sendiri

Selain status pekerjaan, freelancer juga lebih fleksibel mengatur jadwal kerja mereka sendiri, mau mulai jam berapa dan berakhir jam berapa. Bekerja sebagai freelancer bisa mengatur waktu kerja sesuai dengan keinginan, misalnya lebih suka bekerja pagi atau di malam hari.

Namun, bagi yang belum terbiasa mungkin akan sedikit keteteran dengan kebebasan waktu yang dimiliki. Beberapa orang mungkin terlalu tenggelam dalam kenikmatan bersantai di rumah, jadi tetap buat jadwal kegiatan harian Anda agar lebih produktif.

Bisa Bekerja Dimana Saja

Salah satu hal yang bisa membuat para pekerja kantoran stress adalah karena mereka harus bekerja di meja mereka setiap hari. Kegiatan bekerja yang monoton akan membuat mereka bosan dan bisa memicu stress di tempat kerja.

Sedangkan jika Anda menjadi freelancer akan lebih fleksibel menentukan area kerja yang diinginkan. Sederhana saja, setiap ruangan di rumah bisa digunakan untuk bekerja. Jika bosan di rumah, sesekali Anda bisa bekerja di luar rumah dengan mengunjungi coworking space, café, perpustakaan dan lain sebagainya.

Tak Perlu Gelar atau Sekolah Tinggi

Nah, keuntungan lainnya dari pekerjaan freelance ini adalah tidak ada persyaratan umur ataupun gelar pendidikan. Siapa pun bisa menjadi freelancer dan bekerja sebagai apapun, asalkan memiliki minat dan kemampuan di bidang yang akan dijalani. Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan di rumah seperti menjadi penulis, translator, konsultan, designer, bahkan berjualan online.

Jika Anda masih bingung ingin menjalani pekerjaan sebagai apa, mungkin mencari referensi di internet akan bisa membantu menemukan ide. Semua wawasan yang Anda butuhkan untuk peningkatan skill juga bisa dengan mudah ditemukan melalui media maya.

Nah, itulah berbagai macam keuntungan freelance yang bekerja dari rumah. Bekerja di rumah juga membuat Anda terhindar dari rutinitas kemacetan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment