Kerangka Artikel

Semua orang bisa membaca sebuah artikel, namun tidak semua orang bisa menulis sebuah artikel. Agar artikel mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca, sebuah artikel harus memiliki kualitas yang baik dari segi isi dan alur tulisan. Namun, seringkali orang mengalami kesulitan dalam hal ini sehingga artikel sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel ada baiknya untuk menyusun kerangka artikel terlebih dahulu.

Kerangka artikel adalah bentuk susunan dari sebuah tulisan untuk membantu menentukan alur dari tulisan tersebut. Jadi, sebelum menulis sebuah artikel ada baiknya penulis menentukan kerangkanya terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan proses alur penulisan dan membuat satu bagian dengan bagian yang lain pada artikel saling berkaitan.

Namun perlu diketahui bahwa isi kerangka setiap artikel tidaklah sama. Karena kerangka artikel juga dibuat berdasarkan artikel yang akan ditulis. Jadi, tentukan terlebih dahulu jenis artikel yang ingin dibuat lalu buatlah kerangkanya.

Isi Kerangka Artikel

Sebelum menentukan isi kerangka dari sebuah artikel, ketahui terlebih dahulu isi dari sebuah kerangka. Meskipun isinya berbeda, namun kerangka artikel pada umumnya sama, yaitu berisi judul, pembukaan, isi dan penutupan. Untuk lebih paham dan jelas mengenai apa saja yang harus ditulis pada setiap bagian, berikut adalah penjelasan untuk masing-masing bagian:

1. Judul

Judul merupakan salah satu bagian penting dalam penulisan sebuah artikel. Hal pertama yang akan dibaca orang adalah judul dari artikel. Apabila dari awal judul sudah tidak tampak menarik, maka orang tidak akan melanjutkan membaca artikel tersebut.

Oleh karena itu, pastikan untuk membuat judul yang menarik, singkat, padat dan jelas. Jangan lupa untuk mencantumkan keyword dari isi artikel pada bagian judul. Dengan begitu, pembaca bisa mendapat gambaran mengenai isi artikel.

2. Pembukaan

Bagian kedua dari sebuah artikel adalah pembukaan dari artikel tersebut. Bagian ini membuka penjelasan mengenai judul artikel serta latar belakang dari isi artikel. Ketika pembaca membaca bagian ini, mereka bisa mendapatkan gambaran mengenai isi artikel.

Bagian pembukaan juga dapat menjelaskan mengenai kondisi sebuah masalah yang menyebabkan masalah tersebut diangkat dan dibahas. Jika memungkinkan, sertakan data yang jelas mengenai sebuah kondisi.

3. Isi

Salah satu bagian penting dalam kerangka artikel adalah isi dari sebuah artikel. Namun bagian ini pun sangat luas sehingga untuk bagian ini bisa dibuat tambahan kerangka khusu untuk membahas isi artikel. Karena pada bagian isi, penulis akan menjelaskan berbagai hal mengenai topik dari data masalah hingga solusi (tidak selalu ada).

Isi merupakan puncak dari sebuah artikel jadi pastikan untuk menulisnya dengan detail sesuai kebutuhan pembaca. Pada bagian isi, pembaca seharusnya bisa mendapatkan segala informasi mengenai keyword yang dicari dan bisa menjadikannya referensi.

Untuk memudahkan proses penulisan bagian isi, detailkan lagi apa saja yang akan dibahas. Mulai dari kondisi eksisting, data masalah hingga usulan penulisan mengenai masalah tersebut. Dengan membuat kerangka seperti ini, maka tidak ada isi yang terlewatkan.

4. Penutup

Jika semua telah dibahas, maka tahap selanjutnya dalam kerangka adalah penutup. Ini merupakan bagian antiklimaks dari artikel yang berisi mengenai kesimpulan dari tulisan. Pada bagian ini, pembaca seharusnya bisa mendapatkan gambaran mengenai pandangan penulisan mengenai masalah pada tulisan.

Contoh Kerangka Artikel pada Berbagai Jenis Artikel

Jika sudah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kerangka umum pada artikel, maka untuk membuatnya lebih jelas mari menggunakan contoh artikel. Berikut adalah contoh kerangka pada beberapa jenis artikel:

1. Artikel Natural

Artikel natural adalah sebuah artikel yang bertujuan untuk menjelaskan mengenai sebuah topik dengan keyword tertentu. Isi dari artikel tersebut biasanya bersifat umum namun agar pembahasannya tidak terlalu melebar ada baiknya membuat kerangka terlebih dahulu.

Pertama, buatlah judul berdasarkan dengan tema artikel. Apabila artikel akan membahas mengenai virus corona yang sedang terjadi saat ini, maka pastikan corona ada dalam judul tersebut. Jadi, ketika pembaca membaca judul, mereka mengetahui bahwa tema artikel adalah corona.Selanjutnya pada bagian pembukaan jelaskan mengenai kondisi dan virus corona.

Untuk bagian isi, penulis bisa mengupas habis mengenai tren corona di Indonesia serta solusi untuk mencegahnya. Pada bagian kesimpulan, tuliskan ringkasan atau hasil dari artikel tersebut namun hanya dalam beberapa kalimat saja.

2. Artikel Penawaran

Artikel tidak harus selalu formal seperti artikel penawaran. Jenis artikel ini bertujuan menawarkan sebuah produk ataupun jasa kepada pelanggan agar mereka tertarik dengan produk tersebut. Jika artikel lain bersifat kaku dan resmi maka beda dengan kerangka dan isi dari artikel penawaran.

Hal pertama yang harus ditulis dalam kerangka penawaran adalah judul penawarannya. Sebutkan produk atau jasa yang akan ditawarkan serta mengapa orang tersebut harus membeli produk tersebut. Namun ubahlah kata-kata tersebut menjadi sebuah judul yang menarik seperti, “Alat Vaccum yang Mampu Membersih Rumah dalam Waktu 5 Menit”.

Selanjutnya, pada bagian pembukaan jelaskan mengapa orang membutuhkan vacuum cleaner untuk membersihkan rumahnya. Bagian ini bertujuan membuka pikiran dan membuat orang berpikir untuk menggunakan vacuum cleaner di rumah.

Pada bagian isi, jelaskan segala hal mengenai produk yang ditawarkan mulai spek produk, dimensi, fungsinya apa saja, tersedia dimana saja dan harganya. Jelaskan pula urgensitas dari pembelian produk agar pembaca mulai tertarik untuk membeli. Jangan lupa untuk memasukkan keuntungan dan promosi diskon jika ada agar pembeli menjadi lebih tertarik.

Jangan lupa untuk mencantumkan pula cara pembelian serta nomor orang sales yang dapat dihubungi. Agar ketika ada yang ingin membeli, dapat langsung menghubungi tersebut.

Untuk menutup artikel, tegaskan sekali lagi mengapa orang perlu membeli produk tersebut dibandingkan dengan yang lain. Jelaskan dengan kata-kata yang singkat agar orang langsung memahaminya.

3. Artikel Review

Kerangka artikel untuk melakukan review terhadap produk dengan artikel penawaran tentunya berbeda. Namun salah satu hal yang sama adalah menyebut kata kunci atau nama produk pada bagian judul. Sehingga pembaca bisa mengetahui produk apa yang akan dibahas dalam artikel.

Pada umumnya, jenis artikel seperti ini akan menjadi pertimbangan seseorang membeli produk atau jasa tersebut. Jadi, pastikan melakukan pembahasan secara detail dan menyeluruh untuk artikel review.

Pada bagian pembukaan, silahkan menjelaskan mengenai alasan mereview produk tersebut. Serta berikan sedikit penjelasan mengenai produk yang akan dibahas. Hal ini untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai produk yang akan dicoba dan dibahas.

Selanjutnya , jelaskan semua hal tentang produk tersebut mulai dari bentuk produknya, fungsinya, pilihan warnanya hingga speknya. Jangan lupa untuk membahas juga mengenai kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut agar pembaca juga bisa mendapat masukan pendapat. Semakin detail yang dijelaskan akan membuat artikel semakin berguna untuk para pembaca.

Terakhir, pada bagian penutup berikan nilai total untuk produk yang sudah dibahas. Selanjutnya, berikan rekomendasi apakah produk layak dibeli atau tidak serta alasannya. Dengan demikian, pembaca bisa ikut memutuskan perlu atau tidaknya produk tersebut untuk mereka.

Jadi itulah yang dimaksud dengan kerangka artikel untuk beberapa jenis artikel yang berbeda. Meskipun setiap artikel memiliki tema yang berbeda, namun kerangka dasarnya tetap sama. Semua artikel akan dimulai dengan judul, pembukaan, isi, dan penutupan.

Dengan membuat kerangka artikel yang detail, maka penulis bisa lebih mudah menentukan alur tulisan. Kerangka juga mampu membantu memastikan seluruh hal yang perlu ditulis sudah tercantum dalam artikel tersebut. Jadi, pastikan untuk membuat kerangka penulisan terlebih dahulu sebelum memulai menulis.