Kekurangan WordPress Yang Wajib Anda Ketahui

kekurangan wordpress

Apakah Anda sudah mengetahu kekurangan WordPress? WordPress merupakan platform website yang menguasai sepertiga platform penyedia website dunia. Tidak hanya orang-orang awam saja penggunanya, bahkan artis sekelas Beyoncé menggunakan platform ini untuk mengembangkan website nya. Selain itu, perusahaan besar dunia sebut saja Sony Music, juga menggunakan kanal WordPress untuk tujuan informasi mereka.

Sekelas WordPress yang mendunia pun tidak hanya memberikan kelebihan-kelebihan yang dapat dinikmati oleh para penggunanya. Sebuah sistem pasti memiliki kekurangan-kekurangannya agar tetap bisa berkembang menjadi besar. Pada poin berikutnya akan kita bahas tentang kekurangan dari WordPress.

Kekurangan WordPress Yang Perlu Anda Ketahui

Masalah kecepatan

Untuk membuat tampilan user interface menjadi lebih menarik, kadang pengguna melupakan bahwa semakin banyak plug-in yang terpasang dapat berakibat lambatnya kecepatan website tersebut berjalan. Menurunnya kecepatan mengakses seperti ini dapat menurunkan pula kinerja dari suatu website tersebut. Lama kelamaan akan terkubur oleh website-website serupa yang lebih cepat pada mesin pencarian.

Kepemilikan konten bersifat semu

Karena kita hanya seperti mengisi konten milik WordPress, akibatnya kepemilikan konten menjadi semu. Tidak mutlak milik kita sendiri karena merupakan hosting tidak berbayar atau gratis. Dibandingkan dengan menggunakan hosting yang berbayar, maka isi konten adalah mutlak miliki kita.

Keamanan

Meskipun pengembang WordPress telah memprioritaskan soal keamanan website mereka, namun karena website tidak berbayar maka akan ada kemungkinan mengalami peretasan. Apalagi, pengembang WordPres melibatkan pihak ketiga. Hal ini akan ada kemungkinan besar bahwa mailing list kita secara otomatis masuk juga kepada pihak ketiga. Akibatnya, akan ada kemungkinan kebocoran data.

Tidak terintegrasi dengan Google Adsense

Dunia website tidak hanya menyebarkan informasi saja, namun di dalamnya juga terdapat bisnis pengiklanan. Sayangnya, WordPress tidak menyediakan bisnis iklan Google Adsense ini. Hal ini karena pihak pengembang WordPress tidak menyediakan fitur yang dapat menerjemahkan bahasa kode miliki iklan-iklan yang biasa bertebaran pada Google Adsense.

Plugin berbayar

Pada dasarnya plug-in yang disediakan oleh WordPress sangatlah banyak. Sayangnya, pengguna yang menggunakan hosting WordPress.com tidak dapat menggunakan plug-in yang telah disediakan oleh WordPress. Jika mereka menginginkan plug-in tersebut mereka harus membayarnya, kemudian baru dapat memasangnya sebagai tambahan fitur pada website mereka.

Keterbatasan dalam pengembangan website

Meskipun mudah dalam segi penggunaannya, namun dalam pengembangannya terdapat beberapa kendala. Apalagi jika kalian membutuhkan pengembangan yang besar. Untuk mendapatkan tampilan dan fungsi yang benar-benar kita butuhkan, kita harus melakukan pembayaran pada beberapa fungsinya. Akibatnya jika kita menggunakan fitur seadanya, kemungkinan tampilannya pun juga menjadi sederhana.

Adanya pihak ketiga

Selain keamanan yang terancam, dukungan pihak ketiga ini akan merugikan penggunanya juga. Dukungan pihak ketiga akan menyebabkan banyaknya spam yang masuk pada kolom komentar. Akibatnya, kolom komentar menjadi tidak kondusif karena gangguan tersebut. Oleh karena itu, sebelum menggunakan plug-in yang disediakan pastikan plug-in memiliki review yang baik dan tentunya aman.

Pembaruan plugin yang bermasalah

Pembaruan-pembaruan pada saat adanya informasi pembaruan fitur maupun fungsi kadang-kadang akan membuat fitur tersebut menjadi tidak dapat digunakan. Padahal pembaruan tersebut dapat menambal dan memperbaiki keamanan website. Akibatnya, pengguna menjadi dirugikan karena tidak berfungsinya fitur tersebut.

Tema dan warna yang monoton

Website-website hasil pengembangan WordPress pada umumnya akan memiliki tema dan warna yang hampir sama. Akibatnya pemilik website kurang memiliki karakter yang kuat dibandingkan dengan menggunakan website yang berbayar. Hal ini akan menyebabkan menurunnya branding dari suatu perusahaan karena tidak memiliki karakter yang kuat.

Kurang terkendali

Karena menggunakan hosting website yang tidak berbayar, akibatnya kendali pengembangan tidak sepenuhnya dapat kita pegang. Apalagi jika pengembangan WordPress tidak sejalan dengan visi misi pada website kita. Akibatnya, bisa saja website kita tidak sejalan dengan yang kita inginkan. Hal ini akan merugikan pengguna website tersebut.

Demikianlah beberapa kekurangan WordPress. Meskipun WordPress memiliki beberapa kekurangan dan kelemahan, nyatanya hosting ini masih banyak digunakan di dunia. Bahkan telah menguasai sepertiga pengguna website dunia. Untuk melakukan pengembangan dengan menggunakan WordPress, berlakulah bijak dan sebaiknya belajarlah bahasa kode. Sehingga dapat mengembangkan website lebih baik dan agar mengetahui celah keamanan website tersebut.

 

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share via

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.