20 Jenis Strategi Pemasaran Efektif 2019

jenis strategi pemasaran image

Ada banyak jenis strategi pemasaran, namun tidak semua efektif untuk bisnis anda. Kali ini kita akan menbahas 20 jenis strategi pemasaran yang patut anda coba.

Semakin modern manusia, maka teknik pemasaran produknya pun akan semakin beragam. Contohnya saja, sekitar 30 tahun silam, masyarakat Indonesia yang pada saat itu belum kenal dengan pemasaran online. Namun saat ini pemasaran menggunakan internet sudah seperti keharusan untuk sebuah bisnis agar bisa bertahan. 

Panduan Pemasaran

Artikel ini merupakan bagian dari rangkaian artikel yang membahas Pemaasaran. Berikut ini daftarnya :

BAB 1 : Pengertian Pemasaran
BAB 2 : Pengertian Merek
BAB 3 : Konsep Pemasaran
BAB 4 : Strategi Pemasaran
BAB 5 : Jenis Strategi Pemasaran

Kini, kebanyakan perusahaan justru menjual produk mereka juga secara aktif melalui marketing online. Produsen produk maupun penyedia jasa menggunakan teknologi internet sebagai media pemasaran pendukung. Bahkan kini tidak sedikit produsen produk maupun penyedia jasa yang memfokuskan marketing di pasaran dunia maya daripada di pasaran konvensional. bahkan itu semua mempengaruhi bauran pemasaran.

Pengertian Strategi Pemasaran

Pada artikel strategi pemasaran, kita telah membahas mengenai pengertian ini. Menurut wikipedia kita ketahui bahwa,

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran.

pengertian strategi pemasaran
pengertian strategi pemasaran

Jenis Strategi Pemasaran

Ada banyak strategi pemasaran yang bisa diterapkan, berikut beberapa diantaranya :

Membangun Brand

Mambangun brand sejak awal menjadi hal penting bagi bisnis anda. Menurut inc.com, proses membangun brand yang dilakukan secara konsisten akan meningkatkan pendapatan hingga 23%.

Brand yang kuat akan berdampak besar bagi bisnis anda ke depan. Kita dapat belajar hal ini dari Ronny Lukito yang berhasil membangun Eiger menjadi brand kelas dunia.

jenis strategi pemasaran : membangun brand eiger ronny lukito
jenis strategi pemasaran : membangun brand eiger ronny lukito

Oleh karena itu penting bagi anda untuk merencanakan bagaimana membangun brand sejak awal.

cara membangun brand
cara membangun brand

Simak artikel lengkap mengenai Cara Membangun Brand.

SEO (Search Engine Optimization)

Teknik SEO sangat dianjurkan dilakukan agar memastikan konten startup yang telah dibuat mempunyai ranking bagus ketika dicari calon konsumen di mesin pencarian terutama google.

Tahukah anda ada lebih dari 4 milyar pencarian Google dilakukan setiap hari. Dan 98% pencari akan memilih bisnis yang berada pada halaman pertama mesin pencari. 

Nah, dengan menerapkan SEO, maka anda dapat membuat bisnis anda muncul pada halaman pertama Google.

Tentunya apabila startup Anda berada di halaman terdepan sesuai kata kunci, maka hal tersebut akan menjadi kelebihan bagi produk Anda.

jenis strategi pemasaran : belajar seo
jenis strategi pemasaran : belajar seo

Selengkapnya mengenai SEO bisa anda baca pada artikel Belajar SEO.

Remarketing

Sistem remarketing ini menggunakan fitur advance Google AdWords. Apabila digunakan fitur ini dengan benar, maka terbilang dahsyat dalam rangka meningkatkan penjualan. Salah satu fitur remarketing dari google ini akan menampilkan iklan di Google AdWords kepada mereka yang mengunjungi situs.

Jenis strategi pemasaran ini merupakan teknik yang ampuh dan sebaiknya dilakukan bila Anda benar-benar menginginkan meningkatkan awareness terhadap startup Anda, sekaligus meningkatkan traffic dan penjualan.

jenis strategi pemasaran remarketing
jenis strategi pemasaran : remarketing (sumber : https://www.wordstream.com/google-remarketing)

Salah satu teknik lainnya yang juga dapat digunakan sebagai strategi marketing yang efektif ialah dengan meng-install aplikasi Facebook (Custom Audience Pixel). Cara ini sebaiknya dilakukan jika Anda menargetkan para konsumen agar lebih mengetahui  tentang produk Anda melalui Facebook ads.

Pemasaran Produk Secara Referral

jenis strategi pemasaran pemasaran produk referral
jenis strategi pemasaran : pemasaran produk referral

Merancang suatu program referral akan menjadi sebuah keputusan tepat jika Anda ingin mendorong transaksi bisnis startup.

Tahukah anda, menurut rilis yang diterbitkan oleh Neilsen, 83% orang ternyata lebih percaya pada rekomendasi yang diberikan oleh orang lain daripada dari perusahaan yang menjual produk tersebut.

Oleh karena itulah, referral menjadi pilihan yang sangat baik untuk diambil.

Namun dalam membangun suatu program referral yang dimulai dari nol bukanlah perkara mudah.

Agar dapat membantu mempercepat proses eksekusi, Anda dapat menggandeng tools yang berasal dari perusahaan ketiga, dimana mereka memang secara khusus menjalani bidang tersebut.

Anda juga dapat secara khusus, membuat platform yang diperuntukkan mengelola proses perekrutan referral, pendataan, pembagian bonus dan lain sebagainya. Tapi tentu anda memerlukan developer khusus untuk itu.

Nah dengan demikian, perusahaan Anda dapat lebih fokus dalam hal produksi dan pemasaran.

Content Marketing

jenis strategi pemasaran produk content marketing
jenis strategi pemasaran : produk content marketing

konten marketing saat ini menjadi salah satu trik pemasaran produk yang terbukti mampu menjangkau konsumen lebih banyak. Oleh karena itu, pastikanlah ketika produk telah siap untuk diluncurkan, maka buatlah suatu konten pemasaran edukatif dan masif. Tentukan akan seperti apa wujud konten pemasaran untuk produk milik Anda dan siapakah target pasar yang hendak dibidik.

Yang tak kalah pentingnya ialah opsi atau pilihan masuk (opt-in) atau pun pilihan keluar (opt-out) wajib selalu tersedia di situs konten pemasaran serta email yang disebarkan. Jangan sampai calon konsumen merasa tidak nyaman atau terganggu, lalu pada akhirnya jadi antipati pada produk Anda. Buatlah strategi tepat dan cerdas di saat melancarkan proses akuisisi pelanggan via email serta konten pemasaran.

Konten marketing sebagai strategi pemasaran bagi startup memang membutuhkan konsistensi serta dedikasi pemasar agar selalu menciptakan konten marketing yang berfokus pada yang dibutuhkan pelanggan, tak sekedar menjual.

Komunitas (Kegiatan Offline)

Kini sudah menjamur komunitas yang khusus dapat Anda bidik sebagai target sesuai produk yang Anda tawarkan. Untuk itu coba mengikuti maupun menggelar beragam kegiatan offline seperti acara komunitas sesuai target Anda. Kebanyakan calon konsumen potensial, investor partner sampai karyawan gemar berkumpul maupun menghabiskan waktu bersama di berbagai acara atau kegiatan komunitas.

Pastikan brand produk Anda telah tampil dalam kegiatan tersebut. Dengan cara ini para konsumen baru yang telah berhasil didapatkan setidaknya menjadi langkah positif, selain Anda mengandalkan testimoni maupun komentar di situs perusahaan Anda.

Menggelar Kompetisi Online

Mengadakan kompetisi online melalui berbagai media sosial akan menjadi salah satu langkah marketing efektif bagi startup, dan hal tersebut bisa dilakukan secara berkala. Menggelar kompetisi online bisa mengakuisisi pelanggan lebih banyak, menambah kesadaran khalayak tentang keberadaan brand produk Anda dan pastinya bisa sekaligus mempromosikan produk melalui giveaway berhadiah produk yang Anda jual.

Menggelar langkah marketing satu ini sangat direkomendasikan bagi semua startup terlebih bila secara rutin, karena terbukti berhasil menambah lebih banyak jumlah calon konsumen.

Ekslusif Beta

Kebanyakan manusia cenderung menginginkan sesuatu yang tak bisa mereka dapatkan. Hal tersebut merupakan bagian sifat alamiah manusia. Dan di sinilah peluang Anda sebagai pebisnis untuk memanfaatkan sifat alamiah tersebut. Anda sebaiknya merancang tahapan sebelum melakukan peluncuran startup, misal menerapkan sistem penyebaran undangan eksklusif kepada orang-orang tertentu.

Permisalan lainnya dengan memakai sistem “siapa yang mendaftar lebih dulu akan mendapatkan prioritas”. Strategi tersebut telah berhasil diadopsi PayPal saat debut pertamanya ke publik.

Mengikuti Event atau Pameran

Meskipun berlabel sebagai startup, keluarlah dari zona Anda dan ikuti event-event maupun pameran offline. Tentunya akan baik jika pameran dan event yang Anda ikuti masih berkaitan erat dengan tema startup yang Anda geluti.

Fokus

Pilihlah pasar yang tepat untuk bisnis startup Anda, sebaiknya jangan berusaha untuk menjangkau keseluruhan orang. Hal tersebut justru tidak akan membawa startup Anda kemana pun. Mulai dari yang kecil, kemudian kembangkanlah sayap bisnis secara perlahan ketika segalanya sudah tampak cukup baik. Misalnya Facebook dahulunya hanya ditawarkan pada mahasiswa di suatu kampus, dan bagaimanakah Facebook sekarang?

Mengadakan Lomba

Jenis strategi pemasaran ini dapat menjadi langkah untuk mendapatkan traffic dan branding dengan jumlah besar sekaligus dalam waktu relatif singkat. Berbagai jenis lomba yang dapat menjadi pertimbangan diantaranya lomba blog, lomba penulisan artikel, lomba SEO sekaligus melibatkan para pengguna social media.

Membakar Uang

Melakukan bakar uang yang dimaksudkan dalam poin ini, Anda melakukannya dengan cara berbeda yakni apabila pada umumnya kebanyakan perusahaan melakukan bakar uang dalam rangka membayar iklan kemudian berharap mendapatkan banyak konsumen baru.

Sering kali feedback yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan. Kemudian, mengapa tak mencoba memberi uang itu secara langsung pada konsumen dengan cara menjanjikan bonus berupa nominal tertentu saat pengguna mendaftar akun dalam website layanan Anda.

Jenis strategi pemasaran ini telah sukses dijalankan salah satunya oleh PayPal. Perusahaan tersebut menawarkan sejumlah dolar untuk pelanggan baru mereka dan ekstra dolar untuk setiap referral. Terapkan pula strategi ini pada startup Anda. PayPal kerap pula menawarkan cashback dalam nominal tertentu pada transaksi di merchant-merchant yang telah ditetapkan.

Menggandeng Brand Lainnya

Tidak selamanya berjalan sendirian itu menyenangkan, termasuk dalam menjalankan startup Anda. Dalam memulai startup, apabila Anda tidak mempunyai modal yang besar, maka dapat menggandeng startup lainnya yang telah mapan lebih dulu. berkolaborasi semacam ini cukup banyak dilakukan dalam mengembangkan marketing, salah satunya Google menggandeng KitKat dalam rangka memperkenalkan Android 4.4.

Perusahaan KitKat semakin terdongkrak brand-nya oleh Android, kemudian sebaliknya paa penggemar KitKat terdorong pula menjajal Android dari pada iOS.

Pemanfaatan Maksimal Media Sosial

Berinteraksi langsung dengan para pelanggan maupun calon pelanggan di media sosial meupakan satu teknik efektif yang sebaiknya diterapkan di era milenial saat ini. Tidak terkecuali dalam startup. Metode ini relatif lebih murah, salah satunya karena di Indonesia terdapat 90% pengguna internet aktif di media sosial.

Tercatat sekitar lebih dari 130 juta warga Indonesia merpakan pengguna aktif media social. Padahal jumlah masyarakat Indonesia sekitar 265 juta. Tentu hal ini sangat bagus dalam sisi pemasaran.

Pendekatan Konten dengan “Customer Journey”

Menjaring calon konsumen di dunia digital memerlukan pendekatan tertentu. Pengguna dunia maya kebanyakan tidak mengonsumsi informasi di Internet dari saluran tunggal. Sebab satu orang pengguna internet dapat mengakses beragam platform berkarakteristik berbeda. Tak semua orang pengguna internet selalu membaca website atau blog setiap hari. Begitu pun dengan video, tidak semua pengguna internet menyaksikan video setiap harinya.

Inilah perjalanan konsumen di dunia digital yang perlu Anda perhatikan. Sebab itu gali terus bagaimana pemasar bisa menghasilkan konten relevan di beragam kanal hingga ketika calon konsumen hadir dalam suatu kanal tertentu, ia akan mendapatkan informasi tepat, baik dari sisi substansi materi atau pun waktu.

Hindari Memaksakan Konten Marketing

Semakin hari model-model iklan dengan pemaksaan (hard-selling) semakin mendapat stigma negatif di mata kalangan calon konsumen digital. Misalnya dalam satu halaman website bertebaran iklan mulai dari yang berkolom besar hingga berkolom kecil, begitu pula dengan video yang semakin padat iklan hingga mengganggu calon konsumen. Konten marketing harus kreatif tanpa kesan memaksa konsumen untuk melihat iklan.

Email Marketing

Cara ini merupakan yang paling privat untuk menghubungi para calon konsumen. Akan tetapi, cara ini memerlukan list yang relevan dan potensial. Perlu merancang lebih dulu cara mendatangkan lead supaya orang-orang senang hati melakukan pendaftaran alamat emailnya.

Inbound Marketing

Ini adalah jenis strategi marketing yang tepat bagi startup. Terbilang kuat namun butuh pengorbanan, konsistensi serta waktu. Cara ini efektif dalam membangun hubungan berkualitas serta tahan lama antara pebisnis dengan para pelanggan potensialnya.

Influencer

Jenis strategi pemasaran bagi startup yang ini, lebih sering dikenal dengan nama endorse marketing. Dengan cara bagian marketing menyaring sejumlah akun atau orang yang berpengaruh atau populer, kemudian memberikan imbalan jasa dengan sejumlah uang temasuk produk. Mereka mendapatkan imbalan karena sudah membantu memperkenalkan startup Anda.

Pada sebagian perusahaan atau startup, strategi pemasaran dengan cara ini cukup efektif. Meski kini semakin hari banyak pengguna internet yang aware terhadap iklan endorse dan mulai melakukan seleksi apakah produk rekomendasi influencer tersebut benar-benar sesuai harapan.

Podcast

Apabila website atau blogging fokus dengan konten yang lebih ke sisi visual, maka Podcast jadi pelengkapnya sebab media ini cenderung fokus dengan sisi audio. Di dalam konteks pemasaran atau marketing, para pemilik startup serta pemasar kini mulai menggunakan Podcast guna mengomunikasikan produk maupun jasanya.

Menyampaikan melalui podcast cukup bermanfaat serta informatif. Dengan demikian akan membantu mencetak image perusahaan startup sebagai ahli dalam bisnis yang digeluti, sekaligus bermanfaat menumbuhkan sisi brand awareness.

Demikianlah 20 jenis strategi pemasaran. Namun selain 20 tersebut, retargeting ads saat ini juga sedang populer bagi para growth marketers. Oleh karena itu sebagai startup, mulailah dengan membangun usaha dengan keyakinan tinggi bahwa produk maupun jasa yang Anda tawarkan memecahkan masalah konsumen.

Namun tantangannya adalah calon para pelanggan Anda di bebagai tempat masih berharap agar diyakinkan dengan penjelasan yang benar-benar memuaskan sebelum mereka memutuskan menjadi pelanggan setia. Retargeting ads bisa melakukan semua itu.

Retargeting ads akan memberikan iklan relevan kepada para audiens termasuk kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs startup Anda. Ketika para calon pelanggan telah mengunjungi situs Anda yang ditanam Facebook Pixel-Code maupun Google Analytics-Code, maka para calon pelanggan tersebut secara tak langsung ditanamkan cookies.

Dengan demikian, pebisnis startup dapat membuat iklan relevan sesuai dengan halaman website mana yang telah mereka kunjungi. Membangun bisnis startup menjadi suatu hal yang akan mengasyikan di awalnya, tetapi itu hanya sebuah langkah awal dari perjalanan bisnis yang panjang untuk mengembangkan startup Anda. Pastikan bahwa Anda memberikan produk atau pun jasa yang berkualitas baik, sebab kualitas yang Anda tawarkan itu akan tegak di atas sistem marketing yang bagus juga.

Demikian artikel mengenai Jenis Strategi Pemasaran. Jika anda memiliki masukan atau pertanyaan, silakan masukkan pada kolom komentar ya.

 

GRATIS Join ProjasawebBelajar bersama ribuan marketer lainnya

Dapatkan info dan strategi marketing terbaru, untuk melejitkan bisnis anda

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GRATIS Join ProjasawebBelajar bersama ribuan marketer lainnya

Dapatkan info dan strategi marketing terbaru, untuk melejitkan bisnis anda