7 Jenis Pekerjaan Freelance Paling Dicari 2020

Jenis pekerjaan freelance semakin diminati. Millenial cenderung ingin bebas dan tidak mau terkekang termasuk dalam urusan pekerjaan. Jadi tidaklah mengherankan jika saat ini semakin banyak orang yang suka menjalani pekerjaan sebagai pekerja freelance. Apalagi di era internet seperti ini pekerjaan freelance dianggap lebih menjanjikan karena luasnya bidang yang bisa dikerjakan.

Pekerjaan kantoran mengharuskan karyawannya setidaknya bekerja selama 8 jam sehari selama 5 hingga 6 hari seminggu. Belum lagi kalau harus overtime atau lembur maka bisa saja lebih dari 12 jam waktu sehari habis di kantor. Jam kerja yang mengikat dan telah ditentukan tersebut seringkali menjadi sumber stres bagi seseorang. Wajar kalau kemudian banyak yang merasa bosan dan lelah.

Itulah mengapa sekarang ini semakin banyak saja orang yang memiliki keahlian tertentu memilih kerja freelance dan keluar dari kantornya. Kalau Anda termasuk orang yang sedang berpikir untuk menjadi seorang pekerja freelance, anda bisa memilih beberapa pekerjaan dalam artikel ini. Setelah merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa jenis pekerjaan freelancer yang dapat anda coba.

Jenis Pekerjaan Freelance

Ada banyak jenis pekerjaan freelance yang banyak dicari dan dapat anda jalankan, berikut ini diantaranya

Content Writer

Salah satu perubahan besar yang dibawa oleh teknologi digital adalah cara orang dalam jual beli. Kalau dulu kita akan membeli sesuatu maka harus datang ke toko dan bertemu dengan penjualnya langsung. Beda dengan sekarang ini dimana jual beli lebih banyak dilakukan secara online dimana penjual dan pembeli cukup bertemu di dunia maya saja.

Nah, untuk membuat pembeli tertarik penjual membutuhkan sebuah sarana yang bisa diakses semua orang menggunakan internet. Sarana tersebut bisa berupa tulisan atau artikel yang memuat tentang produk Anda. Artikel atau konten yang bagus dan sesuai dengan kata kunci yang tepat dengan produk Anda itu yang dibutuhkan. Kata kunci itulah yang nantinya akan ditemukan orang dalam Google.

Seorang content writer bertugas membuat konten berupa teks atau artikel agar produk dari klien bisa ditemukan oleh pengguna internet. Jika Anda memiliki hobi menulis, maka ini pekerjaan yang tepat bagi anda.

Jangan lupa untuk mempelajari mengenai content marketing untuk melengkapi pengetahuan anda. Content marketing merupakan teknik pemasaran yang dipakai berbagai perusahaan untuk pemasaran mereka dengan menggunakan konten.

content marketing img
content marketing img

SEO Specialist

Bagaimana agar sebuah konten dari produk tertentu bisa muncul di halaman pertama dari Google atau mesin telusur? Salah satu caranya adalah konten tersebut mengandung SEO yang tinggi. SEO atau Search Engine Optimazition adalah sebuah teknik yang akan meningkatkan reputasi web atau situs pada mesin pencarian.

Dampaknya adalah konten atau web tersebut akan berpeluang lebih besar ditemukan oleh para pengguna internet. SEO menjadi hal yang penting agar sebuah produk atau konten bisa dilihat oleh lebih banyak orang dan bisa meningkatkan jumlah pelanggan. Secara bisnis ini menguntungkan sehingga banyak perusahaan yang mencari seorang ahli di bidang SEO untuk meningkatkan penjualan.

Pelajari lebih jauh mengenai SEO pada artikel berikut ini.

belajar seo
belajar seo

Digital Marketer

Masih tidak jauh dari dunia digital profesi freelance lainnya yang tidak kalah keren adalah seorang digital marketer. Pada prinsipnya sebenarnya tugas marketing di dunia digital sama dengan tenaga pemasaran pada umumnya hanya saja dilakukan secara online. Karena tidak bertatap muka dengan pembeli maka bisa jadi akan lebih sulit dibandingkan dengan marketing konvensional.

Untuk bisa menjadi seorang digital marketer yang handal ada beberapa keahlian yang sebaiknya dikuasai. Bidang keahlian yang dimaksud tersebut antara lain SEO, email marketing, Pay Per  Click atau PPC, pemasaran dan masih banyak lagi.  Adapun job desc atau tugas dari seorang digital marketer yaitu melakukan pengelolaan pada produk berikut strategi pemasarannya.

Pengelolaan produk dan strategi pemasaran tersebut nantinya harus dilakukan secara digital atau online. Anda harus melakukan teknik penjualan produk dari penjual kepada pembeli melalui media sosial, blog ataupun website dari perusahaan tersebut. Pekerjaan sebagai digital marketer semakin bagus prospeknya seiring dengan semakin meningkatnya jual beli yang dilakukan secara online.

Web Designer

Selamat datang di era teknologi digital saat ini dimana hampir semua urusan dan pekerjaan manusia dilakukan secara online melalui internet. Nah, kemajuan digital ini membuka peluang yang besar bagi mereka yang memiliki keahlian programming komputer. Anda bisa memilih pekerjaan freelance sebagai seorang web desainer. Jasa seorang web desainer saat ini sedang banyak dicari.

Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa saat ini hampir semua bisnis baik skala kecil, menengah apalagi yang besar mempergunakan website. Penggunaan website sebagai alat promosi sekaligus media branding bagi sebuah bisnis. Disinilah jasa Anda dibutuhkan.

Keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang web desainer antara lain yaitu JavaScript, CSS, HTML serta penguasaan pada beberapa aplikasi seperti Corel Draw dan Photoshop. Aplikasi tersebut nantinya akan membantu Anda membuat desain sesuai permintaan klien.

Java Programmer

Pekerjaan freelance keran lainnya masih belum jauh dari urusan program komputer dan desain. Profesi tersebut adalah Java programmer. Apa yang dimaksud dengan Java programmer tersebut? Java sendiri dalam bidang multimedia memiliki pengertian kurang lebih sebuah program yang bisa digunakan pada berbagai platform.

Karena itulah program Java bisa dijalankan pada bermacam aplikasi, software dan juga sistem operasional (OS). Biasanya program Java dibutuhkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pemasaran atau marketing mereka. Bekerja sebagai seorang Java programmer akan membuat Anda bisa mendapatkan penghasilan lumayan tinggi  dari perusahaan yang menyewa jasa Anda.

Photo Editor

Bagaimana kalau Anda tidak begitu pandai dan menguasai program komputer apa jenis pekerjaan freelance keren yang cukup menjanjikan? Coba saja menjadi seorang photo editor. Syarat keahlian yang harus Anda kuasai jika akan mengambil pekerjaan sebagai photo editor tentu saja adalah penguasaan pada editing tools. Peralatan editing itulah nanti yang akan Anda gunakan saat bekerja.

Semakin pandai Anda dalam penguasaan pada editing tools maka akan semakin tinggi juga “harga” atas jasa Anda. Sekarang ini semakin banyak saja perusahaan dan bisnis yang menjadikan konten di media sosial maupun website sebagai alat marketing. Agar calon konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan dalam konten tersebut penampilannya haruslah dibuat sebagus mungkin.

Membuat penampilan foto dan gambar pada konten agar terlihat menarik adalah tugas seorang photo editor. Semakin bagus karya Anda perusahaan akan semakin mahal membayar tarif pada project yang Anda kerjakan tersebut.

Design Grafis

Bidang desain lainnya yang bisa Anda coba adalah bidang grafis. Bidang ini akan menuntut Anda untuk memiliki keahlian dalam bidang menggambar. Jenis pekerjaan freelance sebagai desainer grafis sangat pas bagi Anda yang memang punya minat pada seni terutama gambar. Tidak harus memiliki latar belakang pendidikan grafis terlebih dahulu Anda cukup belajar bagaimana menggunakan aplikasi desain .

Bagaimana caranya sebagai orang awam Anda bisa menjadi seseorang yang ahli dalam bidang grafis tersebut? Pelajari sebaik mungkin cara mempergunakan berbagai aplikasi maupun software untuk desain grafis yang ada. Kalau masih bingung Anda bisa belajar dari video-video tutorial yang ada di YouTube dan sebagainya. Asah daya kreativitas agar nantinya karya Anda mempunyai nilai jual yang tinggi.

Demikianlah beberapa jenis pekerjaan freelance yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment