Jenis Konten Yang Paling Disukai Pembaca

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis konten yang paling disukai pembaca. Ini merupakan hasil riset yang dilakukan oleh Fractl.

Berikut ini videonya.

Jenis Konten Yang Paling Disukai Pembaca

Riset tersebut dilakukan pada 5.625 buah konten website yang bersumber dari data BuzzSumo. Konten yang dianalisa terdiri atas berbagai jenis industri sehingga bisa dikatakan cukup beragam.

Jenis Konten Yang Paling Disukai Pembaca

Pada artikel ini kita hanya membahas tiga kategori yang menurut saya penting untuk diketahui. Berikut ini tiga kategori tersebut :

  • Jenis Konten Yang Paling Banyak Dibagikan
  • Jenis Konten Yang Paling Banyak Mendapat Respon
  • Jenis Konten Yang Paling Banyak Mendapat Backlink

Jenis Konten Yang Paling Banyak Dibagikan

Berikut ini infografis mengenai jenis konten yang paling banyak dibagikan.

jenis konten yang paling banyak dibagikan
jenis konten yang paling banyak dibagikan

Dapat kita lihat pada infografis di atas, ada beberapa jenis konten yaitu :

  • How-to article maksudnya artikel yang membahas tentang panduan step by step melakukan sesuatu atau bagaimana mengerjakan sesuatu.
  • Why-post berarti konten yang membahas mengenai alasan dari suatu hal, misalnya “kenapa website itu penting untuk bisnis anda?”
  • What post artinya konten yang menjelaskan apa itu atau pengertian sesuatu, misalnya “apa itu SEO”
  • List maksudnya konten yang menjelaskan suatu daftar tertentu, misalnya “10 Artis Korea Paling Populer”
  • General article maksudnya adalah artikel-artikel yang tidak dapat digolongkan pada empat kategori si atas
  • Newsletter
  • Infografis
  • VIdeo

Kemudian dari riset tersebut, dapat kita lihat bahwa konten yang dianalisa terbagi ke dalam delapan jenis industri. dan masing-masing industri memiliki jenis kontennya sendiri.

Misalnya jika anda ingin membuat konten seputar topik makanan dan minuman maka berikut ini adalah daftar konten yang paling banyak dibagikan, mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah :

  1. How-to acticle dan Video
  2. How-to article
  3. Why post
  4. General article
  5. What post

Terlihat jelas bahwa jenis konten yang paling banyak dibagikan adalah How-to article dan video. Oleh karena itu anda sebaiknya memprioritaskan untuk pemproduksi konten jenis ini.

Selain itu anda juga dapat menyesuikan strategi content marketing yang telah anda susun dengan hasil riset di atas agar menjadi lebih efektif.

Tapi jika bisnis yang anda geluti tidak termasuk kedalam delapan jenis bisnis di atas, maka anda dapat menggunakan data berikut ini.

jenis konten yang banyak dibagikan
jenis konten yang banyak dibagikan

Data di atas merupakan data lebih umum yang dapat anda gunakan.

Jenis Konten Yang Paling Banyak Mendapat Respon

Berikutnya kita akan membahas mengenai konten yang paling banyak mendapatkan respon dari pembaca jika di share di Facebook.

jenis konten yang paling banyak direspon
jenis konten yang paling banyak direspon

Pada grafis di atas terlihat, semakin gelap warnanya berarti semakin banyak respon didapat. Dan pada data kali ini yang dievaluasi adalah jenis emoji yang ditimbulkan oleh konten tersebut

Emoji disini maksudnya adalah icon emosi yang dapat anda pilih saat ini merspon suatu kirim pada Facebook. Ada lima jenis emoji yang di evaluasi yaitu marah, sedis, wow, love dan haha.

Sebagai contoh untuk konten seputar olehraga, maka konten yang paling banyak mendapatkan respon adalah konten yang memunculkan emosi sedih.

Sedangkan untuk konten seputar fitnes, maka konten yang mungkin akan sukses adalah konten yang mampu membuat WOW pembaca begitu melihatnya.

Jenis Artikel Yang Paling Banyak Backlink

Berikut ini beberapa jenis artikel yang diurutkan berdasarkan jumlah backlink yang didapatkan.

  1. How-to article
  2. General article
  3. List/general article
  4. Newsletter
  5. Video

Terlihat bahwa artikel jenis how-to merupakan artikel yang paling banyak mendapatkan backlink. Pada nomor lima adalah konten jenis video. Dan berikut ini adalah daftar lengkapnya.

jenis konten yang banyak backlink
jenis konten yang banyak backlink

Bagi anda yang mendalami SEO dan sedang melakukan link bulding, maka riset ini sangat penting untuk anda pertimbangkan dalam strategi link building anda.

Lebih dalam mengenai SEO, saya sudah membuat artikel terpisah. Jika anda ingin mempelajarinya lebih lanjut, silakan baca artikel berikut :

Simpulan

Optimasi strategi content marketing anda dengan data riset pada artikel ini. Utamakan search intent dalam membuat sebuah artikel. Dan pastikan anda melakukan ujicoba untuk memvalidasi data-data tersebut pada bisnis anda.

Referensi

Seluruh data yang disampaikan pada artikel ini diambil dari riset yang dilakukan oleh Fractl. Data yang digunakan bersumber dari BuzzSumo dalam dua tahun terakhir.

Demikianlah artikel mengenai jenis artikel yang paling disukai pembaca. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment