Instant Articles

Bagi pemilik website tentu memiliki media sosial menjadi salah satu cara untuk mempromosikan situs web dan produk yang dimilikinya. Sayangnya jumlah karakter dalam postingan sosial media cenderung terbatas. Maka dari itu Facebook sebagai salah satu platform sosial media terbesar di dunia mengeluarkan fitur Instant Articles.

Fitur ini dipercaya mampu membawa audiens dari platform media sosial ke website WordPress secepat kilat. Berbeda dengan tautan atau link yang disalin ke sebuah postingan, instant articles ini merupakan bagian dari postingan tersebut yang langsung terintegrasi dengan situs website. Pahami lebih lanjut mengenai fitur unik Facebook di artikel berikut ini.

Kenali Facebook Instant Articles

Facebook meluncurkan instant articles untuk memudahkan website bisnis maupun media massa untuk memberikan berita secara cepat. Platform Facebook memang memiliki populasi pengguna paling banyak bila dibandingkan dengan media sosial lainnya seperti Youtuber dan Instagram. Berkat kepopulerannya ini, kecepatan dan jangkauan sebuah informasi dapat tersebar luas dengan cepat berkat platform ini.

Maka dari itu Facebook berinisiatif untuk menambahkan fitur untuk menambahkan tautan artikel. Bila tautan tersebut dibuka pada aplikasi Facebook Mobile dapat menjadi lebih cepat hingga sepuluh kali. Dibalik dari fitur ini tersimpan niat baik dari Facebook kepada para penggunanya agar dapat mengakses informasi dan artikel lengkap langsung dari website aslinya secepat mungkin tanpa membuka browser untuk mencari artikel tersebut.

Secara sekilas, bila sebuah akun mengunggah postingan yang merupakan link artikel dengan tanda petir di sebelah pojok kanan atas pada gambar yang menjadi thumbnail dari artikel tersebut. Saat mengklik tautan tersebut maka tak perlu menunggu lama, secepat kilat pengguna akan dapat membaca artikel secara lengkap tanpa adanya loading page transisi dari aplikasi Facebook mobile ke browser.

Banyak media massa menggunakan fitur ini pada fanpage Facebooknya. Mulai dari media nasional seperti Kompas, Tempo, Jawa Pos, Republika, dan Liputan 6. Tentunya, media massa internasional seperti CNN, VOA, Huffington Post, Forbes, Time, dan National Geographic benar-benar memanfaatkan fitur ini untuk menarik massa Facebook untuk langsung mengunjungi situs websitenya.  

Nah, bagi para blogger dan pemilik bisnis online cara ini dapat dilakukan untuk menarik perhatian populasi pengguna Facebook. Pemanfaatan fitur ini dapat benar-benar efektif apabila memahami keuntungan, persiapan dan cara menggunakan fitur ini.

Keuntungan Facebook Instant Articles 

Sebelumnya telah disebutkan bahwa agar fitur ini efektif untuk digunakan dan dapat dirasakan manfaatnya perlu untuk mengetahui keuntungannya. Terdapat 4 keuntungan yang diperoleh oleh pemilik website yaitu sebagai berikut:

1. Lebih Cepat 10x Membawa Pengguna ke Artikel Asli

Ketika mengklik tautan instant articles pada Facebook fanpage media massa tersebut, pengguna langsung dialihkan menuju ke artikel asli tanpa menunggu lama. Ya, pengguna tidak perlu membuka browser lagi karena sudah langsung ditautkan ke website sumber informasi tersebut. Pengalaman ini sangat menyenangkan bagi para pengguna karena tidak perlu menghabiskan banyak kuota internet hanya untuk loading.

2. Potensi Penyebaran Informasi Semakin Luas

Pengguna berpotensi untuk mengupload dan membagikan postingan instant article pada akun sosial medianya. Hal ini berdampak positif bagi pemilik akun tersebut karena informasinya disebarkan secara luas tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Metode semacam ini adalah transformasi metode word of mouth konvensional ke ranah digital dengan fitur Share.

3. Pengaturan Lebih Fleksibel

Bagi pemilik akun, menambahkan instant article pada fanpage Facebook nya akan memberikan kenyamanan dan fleksibilitas dalam pengaturan tampilan akun. Mulai dari tampilan logo, warna hingga layout dapat disesuaikan.

4. Analisis Audiens Berdasarkan Algoritma Facebook

Siapa yang menyangka bahwa penggunaan fitur ini akan sangat membantu perusahaan untuk menemukan data yang terbilang susah untuk didapatkan yaitu kategori pengguna. Melalui Facebook Instant Articles, pemilik akun akan diberi informasi mulai dari pengguna dengan spesifikasi umur, hobi, minat, negara dan kategori tertentu secara detail yang membuka artikel tersebut serta membagikan tautan tersebut. Hal ini sangat menentukan bagi perkembangan perusahaan untuk menentukan langkah bisnis berikutnya.

Persiapan Sebelum Menggunakan Instant Articles

Lantas apa yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur ini? Ada 4 hal yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

1. Fanpage Facebook Khusus WordPress

Pertama, fanpage Facebook untuk WordPress ini berguna sebagai akun Facebook yang mewakili blogger dan pemilik bisnis yang juga pemilik website wordpress ini. Tentu pengaturan fanpage ini harus menarik dan rapi akar mendapat likes dan banyak pengikut.

2. Website WordPress

Kedua adalah website WordPress. Website ini akan menjadi induk dari artikel yang akan ditautkan pada Facebook Instant Articles. Buatlah akun WordPress semenarik mungkin agar dapat menarik banyak pengunjung.

3. Tambahkan Plug-In Instant Articles for WP 

Kemudian, install plug-in pada WordPress. Cari pada menu Add Plugins dengan kata kunci Instant Articles for WP. Pastikan lakukan pengaturan dan penyesuaian pada menu Facebook Instant Articles Settings. Lakukan Plugin Activation pada WordPress tersebut. 

4. Website Minimal Punya 10 Artikel 

Sebuah website wordpress yang menarik, minimal memiliki 10 artikel yang dikelompokkan sesuai kategorinya. Hal ini diperlukan agar website tersebut memiliki kredibilitas pada algoritma Facebook maupun mesin pencari seperti Google.

Langkah-Langkah Memanfaatkan Fitur Instant Articles di Facebook

Setelah sudah siap dengan 4 hal penting diatas, maka sangat penting untuk mengetahui langkah dan prosedur yang benar untuk membuat instant article. Ada 4 langkah mudah yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut:

1. Daftar Facebook Instant Articles

Hal pertama yang dilakukan adalah mendaftar Facebook Instant Articles. Pendaftaran dapat dilakukan di https://instantarticles.fb.com. Gunakan akun Facebook bisnis atau blog untuk mendaftar di sini. Lalu, masukkan anggota tim marketing dan penulis sebagai admin agar memudahkan mengatur rilisnya sebuah artikel. Kemudian, hubungkan WordPress dengan akun Facebook fanpage tersebut dengan menekan Connect Your Site.

Setelah itu, masukkan URL WordPress atau website yang digunakan sebagai sumber artikel. Tak lupa untuk memberikan meta tag pada laman facebook tersebut untuk dimasukkan pada footer WordPress Editor. Kemudian lakukan klaim URL, selanjutnya setiap ingin menautkan instant article dapat menggunakan menu Produksi Umpan RSS dengan cara memasukkan link URL pada kolom tersebut. 

2. Lakukan Pengaturan di Website WordPress dengan Plug-In Instant Articles for WP 

Setelah melakukan instalasi plugin instant article tersebut, pilih menu Instant Articles. Di menu ini isilah URL Facebook fanpage agar terkoneksi dengan WordPress tersebut.

3. Aktivasi Fitur Plug-In Instant Artikel

Kemudian, untuk mengaktivasi menu ini diperlukan App ID dan App Secret yang bisa diperoleh di https://developers.faceboo.com/apps/. Lalu pilih Buat Aplikasi Baru, di menu ini pilih aplikasi sesuai dengan sumber artikel tersebut yaitu situs web. Maka, pilih Situs Web di menu Pilih Platform dan klik Tambahkan Platform.

Berikutnya, akan muncul App ID dan App Secret pada Dashboard website developer Facebook Instant Article ini. Setelah itu, pilih menu Tinjauan Aplikasi dan kemudian ubahlah menu tersebut menjadi akun publik agar dapat dibuka oleh banyak orang saat sekali klik pada tautan tersebut.

4. Atur Instant Articles pada WordPress

Kemudian, kembali ke WordPress dan isi App ID serta App Secret untuk login. Berikutnya, pilih laman Facebook untuk diatur konfigurasi layout, warna dan logonya agar lebih menarik dengan postingan artikel pada WordPress. Lakukan peninjauan terlebih dahulu secara internal tim, jika sudah lakukan Submit Review.

Setelah itu, tunggu maksimal 3 hari untuk proses ini karena Facebook perlu untuk mengecek pengajuan aktivasi fitur ini. Warna, logo, layout ini dapat dilihat melalui Facebook Manager, akan nampak perbedaan tampilan preview sebelum ditinjau dan setelah disetujui oleh pihak Facebook. 

Nah, caranya tidak begitu sulit kan untuk membuat instant articles sendiri? Dengan adanya fitur ini, memungkinkan sebuah website dapat meningkatkan traffic pengunjung dari pengguna Facebook. Ayo coba sekarang.