Apa Itu Indexing Pada Search Engine?

Indexing adalah proses yang dilakukan Google atau mesin pencari yang lain dalam memahami elemen-elemen dalam suatu halaman.

Berikut ini videonya :

apa itu indexing pada search engine?

Preses ini merupakan bagian dari tiga tahap cara kerja search engine. Dan indexing adalah tahap yang ke dua. Sebelumnya kita sudah mempelajari tahap satu yaitu crawl.

Apa Itu Indexing?

Indexing adalah proses yang dilakukan Google atau mesin pencari yang lain dalam memahami elemen-elemen dalam suatu halaman. Click To Tweet

Setelah halaman ditemukan, Google mencoba memahami berbagai elemen yang ada di halaman tersebut. Proses inilah yang disebut indexing.

Google menganalisis konten halaman, gambar, dan video yang disematkan pada halaman, dan mencoba memahami halaman tersebut.

Hal ini mencakup konten berupa teks, atribut dan tag yang digunakan konten, seperti atribut alt pada gambar, video, dan lainnya.

Saat ini Googlebot dapat memproses banyak jenis konten. Tetapi masih terdapat jenis konten yang tidak dapat diproses oleh Googlebot.

Kemudian informasi yang didapat akan disimpan di indeks Google.

Apa Itu Index Google?

Indeks Google adalah sebuah database besar yang mengimpan seluruh konten yang mereka temukan. Click To Tweet

Optimasi Indexing Google

Walaupun Google bekerja tanpa campur tangan kita sebagai pemilik website, tapi ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu proses indexing Google.

Google memberikan panduan mengenai hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk mengoptimasi proses indexing [1].

Judul Halaman Pendek dan Bermakna.

Buatlah judul halaman yang pendek, jangan terlalu panjanga. Semakin panjang judulnya maka itu berarti memberi tugas yang lebih berat bagi Googlebot untuk memahaminya.

Gunakan Text

Gunakan teks untuk menyampaikan konten penting, bukan gambar. Google dapat memahami text lebih baik dari pada gambar dan video.

Jika anda benar-benar ingin menampilkan video atau gambar, maka berilah keterangan pada gambar atau video tersebut agar lebih mudah dioahami.

Gunakan Canonical URL

Sebelum melakukan indexing Google memeriksa halaman tersebut merupakan duplikat atau kanonis dari halaman lain. Jika dianggap duplikat, maka halaman itu akan lebih jarang di-crawl.

Dengan menggunakan canonical URL maka akan lebih mudah bagi mesin pencari untuk menemukan URL utama yang anda tentukan. Dan itu akan mempercepat proses secara keseluruhan.

Bahasan mengenai canonical URL merupakan bahasan yang spesifik. Jika anda ingin mempelajarinya lebih lanjut silakan klik link berikut :

Gunakan NoIndex

Jika anda ingin suatu halaman tidak diindex oleh Google, maka gunakanlah perintah noindex.

Jangan terapkan “noindex” pada halaman yang diblokir oleh robots.txt. Jika Anda melakukannya, noindex tidak akan terlihat dan halaman mungkin masih diindeks.

Gunakan Structured Data

Gunakan data terstruktur agar konten anda lebih mudah dipahami oleh mesin pencari. Saya telah membuat artikel khusus yang membahas hal ini. SIlakan baca artikel berikut ini :

Belajar SEO

Pelajarilah dasar-dasar SEO ajar anda memahami konten seperti apa yang diinginkan oleh USER dan mesin pencari.

Sayu tuliskan user dengan huruf kapital karena memang keinginan user harus lebih diutamakan daripada mesin pencari. Saya juga sudah menulis artikel khusus mengenai SEO ini.

Jika anda berminat mempelajari SEO dari awal, silakan baca artikel berikut ini :

Simpulan

Memahami bagaimana search engine bekerja akan membantu kita dalam melakukan optimasi mesin pencari (SEO). Dan salah satu cara kerja mesin pencari adalah Indexing.

Indexing adalah proses mesin pencari memahami konten. Untuk melakukan optimasi proses ini, anda harus membuat konten anda mudah dipahami user dan search engine.

Referensi

  1. Google.

Demikianlah artikel singkat mengenai apa itu indexing pada search engine, semoga bermanfaat.

Leave a Comment