Hit Google Analytics

Hit Google Analytics adalah interaksi yang menghasilkan data yang dikirim ke Analytics. Setiap kali kode pelacakan Google Analytics (GA) dipicu oleh perilaku pengguna, maka interaksi tersebut akan tercatat.

Hit ini mewakili interaksi yang tercatat dalam Google Analytics. Dan hit sangat erat hubungannya dengan session. Mari kita ingat kembali pengertian session yang pernah kita bahas dalam artikel sebelumnya.

Berikut ini videonya.

Apa Itu Session Google Analytics?

Session Google Analytics adalah sekelompok interaksi pengguna dengan website Anda yang berlangsung dalam jangka waktu tertentu.

Interaksi yang dimaksud pada pengertian di atas adalah hit Google Analytics.

Baca lebih lengkap mengenai Session Google analytics pada artikel saya berikut ini

Apa Itu Hit Google Analytics?

Hit Google Analytics adalah interaksi yang menghasilkan data yang dikirim ke Analytics [1].

Sebelum melanjutkan lebih jauh, saya sarankan anda membaca lebih dalam mengenai session. Karena Session merupakan salah satu pondasi untuk memahami Google Analytics.

Hit Tanpa Interaksi

Jika anda sudah memahami pentingnya session dalam Google Analytics tentu anda juga tahu bahwa Hit juga amat penting.

Anda dapat menentukan suatu hit itu apakah akan dihitung sebagai suatu interaksi atau tidak. Menentuan ini sepenuhnya keputusan anda. Anda anda harus bijak dalam mengambil keputusan.

Jika anda salah melakukan perencanaan pada bagian ini maka anda bisa saja merusak data dari Google Analytics.

Hit dapat menentukan panjangnya suatu session. Jika suatu hit kita nyatakan sebagai interaksi, maka kita harus konsisten dengan pernyataan tersebut.

Misalnya anda membuat suatu event hit berupa scroll dengan kedalaman 60%. Saat anda mengimplementasikan codenya, maka anda memiliki kewenangan untuk menentukan event itu termasuk interaksi atau tidak.

Jika kita anggap sebagai interaksi, maka setiap kali pengguna scroll hingga 60% halaman, maka Google Analytics pun akan menghitungnya sebagai interaksi.

Efeknya akan tentu akan berdampak besar bada banyak hal. Seperti Bounce rate, session duration, averate time on page dan lain-lain.

Dengan memanfaatkan hal ini anda bahkan dapat menekan nilai bounce rate menjadi sangat minimal, hanya dengan menerapkan event scroll 10% sebagai sebuah interaksi misalnya. Anda yang punya kewenangan.

Untuk itu anda perlu memberikan keterangan jelas untuk hit yang tidak ingin dihitung sebagai interaksi. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah pada Google Tag Manager.

Contoh Hit Google Analytics

Ini adalah contoh data hit yang saya kutip dari website digishuffle [2].

Contohnya https://www.google-analytics.com/r/collect?v=1&_v=j72&a=834238095&t=pageview&_s=1&dl=https%3A%2F%2Fwww.digishuffle.com%2Ftesting-page%2F&ul=en-gb&de=UTF-8&dt=Testing%20Page%20-%20Digishuffle&sd=24-bit&sr=1366×768&vp=1499×427&je=0&_u=SCCAAAADQ~&jid=1526552845&gjid=2113202529&cid=1885418923.1520692526&tid=UA-89611791-1&_gid=1918538701.1543666955&_r=1&gtm=2wgbc0K69QHW7&z=608482186

Jenis Hit Google Analytics

Berikut ini adalah jenis-jenis hit yang biasa digunakan.

Pageview Hit

Hit jenis ini paling sering kita temukan, karena umumnya akan tercatat setiap kali browser memuat halaman website. Pageview hit ini bahkan dapat anda pantau melalui chrome debugger network.

Screenview Hit

Jika Anda menggunakan Google Analytics di aplikasi Anda. Maka setiap tampilan layar akan memicu Screenview Hit yang kemudian mengirimkan data ke server.

Event Hit

Event Hit memerlukan custom code yang anda buat sendri tergantung kebutuhan. Untuk kemudahan biasanya kebanyakan user akan menggunakan bantuan Google Tag Manager.

Jika code trackingnya sudah terpasang dengan benar, maka anda dapat melihat datanya pada laporan Google Analytics di bagian Behavior > Events > Top events.

Social Interaction Hit

Sama dengan sebelumnya, Social Interaction Hit ini butuh code yang disiapkan secara manual. Jenis hit ini akan tsmpil dalam laporan sosial di Google Analytics, Acquisition > Social > Plugins.

Ecommerce Hit

Dari namanya ada sudah bisa menebak bahwa hit jenis ini untuk mengumpulkan data terkait transaksi. Data ini dapat anda lihat di Conversion > Ecommerce.

User Timing Hits

User Timing Hit ini butuh code yang disiapkan secara manual. Laporannya dapat anda lihat di Behavior > Site Speed > User Timings

Exception Hit

Exception Hit memungkinkan Anda mengukur jumlah & jenis error yang terjadi pada properti Google Analytics Anda

Simpulan

Hit itu adalah awal dari semua data Google Analytics. Suatu Hit dapat kita anggap sebagai interaksi dan sebaliknya, tergantung dengan definisi yang kita tetapkan.

Pemilihan hit yang dianggap sebagai interaksi harus dilakukan dengan bijak karena dampaknya akan sangat besar dimasa depan. Dan jika keputusan itu berubah maka data G

Referensi

  1. Google.
  2. digishuffle.

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan dikolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang Hit Google Analytics. Semoga bermanfaat

Leave a Comment