Harga SEO

Berapa harga jasa SEO di Indonesia? Pertanyaan seperti ini seringkali didengar. Jawaban dari pertanyaan tersebut tergantung dengan indikatornya, misalnya tingkat kesulitan keyword, umur blog dan performa, segmen pasar dan sebagainya.

Selain beberapa indikator tersebut, harga jasa SEO juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Perlu diketahui jika tidak semua keyword atau kata kunci harganya bisa disamakan. Apabila ada jasa SEO yang memberikan harga sama untuk semua kata kunci, maka perlu Anda pertimbangkan lagi.

Hal ini dikarenakan pekerjaan sebagai SEO tidaklah mudah. Pekerjaan ini sangat ditentukan oleh tingkat kompetensi dan juga website yang akan di optimasi. Lalu berapa standard harga jasa SEO yang ada di Indonesia? Supaya lebih jelas, simak uraian di bawah ini. 

3 Faktor yang Mnentukan Harga Jasa SEO

1. Target dari Kata Kunci

Ketika pengguna jasa menginginkan laman situsnya berada pada halaman pertama mesin pencarian Google maka harus memiliki kata kunci yang spesifik. Hal inilah yang membuat harga jasa SEO akan lebih mahal karena waktu pengerjaan lebih lama. Serta tingkat kesulitannya cukup tinggi.

2. Situs atau Website yang Digunakan

Kondisi website merupakan salah satu faktor lain yang berpengaruh terhadap harga jasa SEO. Kondisi tersebut mencakup desain, platform yang digunakan dan juga usia domain dari pada website.

3. Tingkat Persaingan

Faktor terakhir yang berpengaruh terhadap harga jasa SEO adalah tingkat persaingan kata kunci yang menjadi target pencarian. Semakin tinggi tingkat persaingan kata kunci tersebut di mesin pencarian Google, maka harga jasa SEO akan semakin mahal.

Harga Jasa SEO Termurah Sampai dengan Termahal

1. Harga Jasa SEO termurah

Jasa SEO di Indonesia paling murah memiliki harga Rp. 1.000.000/bulan. Kriteria yang ditetapkan adalah jenis kata kunci spesifik, hanya untuk pencarian lokal, memiliki persaingan yang rendah. Selain itu, jumlah situs yang bersaing menggunakan kata kunci tersebut tidak lebih dari 1000 situs. Serta akan tampil pada 10 halaman depan mesin pencarian Google yang tidak relevan dan low trust.

2. Harga Jasa SEO Termahal

Jasa SEO paling mahal di Indonesia apabila memiliki kriteria jenis kata kunci umum, dan jangkauan lokasi nasional. Selain itu, memiliki tingkat persaingan yang tinggi dengan jumlah situs yang bersaing. Serta akan tampil pada 10 halaman depan pencarian Google yang relevan dan terpercaya. Jasa SEO termahal berkisar antara Rp. 10.000.000 sampai dengan Rp. 50.000.000.

3 Kata Kunci Masuk Kategori SEO Termahal

1. Kata Kunci Finansial

Kata kunci finansial pada umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Akibatnya tidak sembarangan orang memesan jasa SEO untuk kata kunci ini. Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang tertarik untuk mengetahui perkembangan informasi tentang finansial.

2. Kata Kunci di Bidang Usaha Travel

Semakin meningkatnya kelayakan hidup dan ekonomi yang terjadi sekarang ini membuat hampir semua orang suka dengan traveling. Usaha traveling merupakan lahan basah yang memiliki profit margin atau keuntungan cukup tinggi. Usaha traveling akan sangat terbantu apabila situs mereka muncul di halaman pertama mesin pencarian Google. Banyak dari mereka mempekerjakan staff yang mempunyai keahlian di bidang SEO.

3. Kata Kunci di Bidang Usaha Properti

Properti merupakan salah satu dasar kebutuhan manusia sehingga usaha properti tidak akan mati. Usaha properti seperti usaha travel yang menjanjikan keuntungan yang berlipat-lipat sehingga sering di optimasi. Harga jasa SEO di bidang properti cukup mahal karena dipengaruhi oleh tingkat kompetisi pada mesin pencarian Google yang sangat tinggi. Oleh karena itu, memerlukan kata kunci yang sangat spesifik.

Nah itulah standar harga jasa SEO di Indonesia. Diharapkan uraian di atas bisa memberikan gambaran mengenai harga yang harus dipersiapkan jika menggunakan jasanya.

Leave a Comment

Share via