projasaweb logo

Google Search Quality Rating Guidelines

Estimasi Waktu Baca 4 Menit

Google Search Quality Rating Guidelines merupakan cara Google untuk selalu berupaya meningkatkan pengalaman Penelusuran para pengguna. Ini biasa disebut sebagai kitab nya SEO.

Google terus-menerus bereksperimen dengan ide-ide untuk meningkatkan hasil penelusuran. Salah satu caranya adalah dengan mengevaluasi masukan dari Penilai Kualitas Penelusuran pihak ketiga. Penilai Kualitas tersebar di seluruh dunia dan sangat terlatih menggunakan pedoman khusus dari Google. Masukan mereka akan membantu Google memahami perubahan mana yang membuat Penelusuran menjadi lebih baik.

TAPI INGAT, Google menggunakan tanggapan dari Penilai untuk melakukan mengevaluasi, tetapi tanggapan tersebut tidak secara langsung memengaruhi peringkat hasil penelusuran Google.

Google Search Quality Rating Guidelines

Apa Itu Google Search Quality Rating Guidelines?

Google Search Quality Rater Guidelines adalah dokumen yang dirilis oleh Google dan digunakan sebagai referensi oleh para Penilai Kualitas Google saat mereka menilai kualitas suatu situs web.

Google Search Quality Rater Guidelines juga dikenal sebagai Panduan Penilai Kualitas, memberikan petunjuk tentang cara mengevaluasi kualitas situs web. Tujuan dari rekomendasi ini adalah untuk perbaikan algoritme pencarian Google dan menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pencari. 

Dengan menggunakan Panduan Penilai Kualitas Google sebagai panduan, penilai kualitas melakukan pemeriksaan acak untuk melihat apakah situs web yang ditampilkan dalam hasil penelusuran relevan dan bermanfaat bagi pengguna.

daftar isi google search quality rating guidelines
daftar isi google search quality rating guidelines

Siapakah Google Search Quality Rater?

Google Search Quality Rater adalah orang-orang pihak ketiga yang membantu Google dalam mengevaluasi situs web yang muncul di hasil penelusurannya. Mereka secara manual memeriksa puluhan ribu halaman web terkait relevansinya dengan permintaan pencarian masing-masing pengguna.

Menurut artikel dari situs resmi Google berjudul “An overview of our rater guidelines for Search” yang ditulis oleh Danny Sullivan, Public Liaison for Search di Google yang diterbitkan pada tanggal 19 Oktober 2021 disebutkan bahwa Google Search Quality Rating itu terdiri dari lebih dari 10.000 orang di seluruh dunia.

Untuk melakukan penilaian, mereka menggunakan skala penilaian yang ditentukan dalam Google Search Quality Rating Guidelines. Pekerjaan penilai kualitas adalah dasar untuk ratusan pembaruan kecil (Update ALgoritma Google) yang dilakukan terus- menerus sepanjang tahun.

Tujuan Google Search Quality Rating Guidelines

Menurut Google, Search Quality Rater atau Penilai Kualitas Pencarian bertujuan untuk membantu mengevaluasi kualitas mesin pencari di seluruh dunia. Mesin telusur yang baik akan memberikan hasil yang bermanfaat bagi orang-orang dalam bahasa lokal tertentu yang sesuai.

Hal ini digunakan untuk mengukur seberapa efektif mesin telusur bekerja untuk memberikan konten yang bermanfaat kepada orang-orang di seluruh dunia. Hal ini juga digunakan untuk meningkatkan mesin telusur dengan memberikan contoh antara hasil yang bermanfaat dan hasil yang tidak bermanfaat untuk berbagai hasil penelusuran.

Kualitas informasi adalah inti dari Penelusuran, dan sistem Google pada dasarnya bekerja untuk memunculkan informasi berkualitas tinggi. Pedoman penilai membantu penilai menentukan apakah perbaikan yang direncanakan sudah memenuhi tujuan itu.

Perubahan Google Search Quality Rater Guidelines Terbaru

Google memperbarui pedoman kualitas penilai dari waktu ke waktu untuk memastikan pedoman tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa perubahan dimaksudkan untuk mengatasi masalah yang telah diidentifikasi di Penelusuran. Jadi tidak ada jadwal tetap untuk perubahan ini.

Berikut adalah beberapa versi terbaru dari Google Search Quality Rater Guidelines.

Pada Google Search Quality Rater Guidelines dijelaskan beberapa istilah yang mungkin perlu Anda ketahui.

Apa Itu Halaman Berkualitas Tinggi?

Halaman berkualitas tinggi adalah halaman yang memiliki tujuan yang bermanfaat dan dapat mencapai tujuan itu dengan baik. Selain itu, halaman berkualitas tinggi memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Memiliki tingkat Expertise, Authoritativeness, & Trustworthiness (EAT) yang tinggi.
  • Jumlah konten utama berkualitas tinggi yang memuaskan, termasuk judul yang deskriptif dan bermanfaat.
  • Memiliki informasi situs web dan/atau informasi tentang siapa yang bertanggung jawab atas situs web yang lengkap. Jika halaman tersebut untuk belanja atau mencakup transaksi keuangan, maka halaman tersebut harus memiliki informasi layanan pelanggan yang memuaskan.
  • Website dan penulis konten utama memiliki reputasi yang positif.

Apa Itu Halaman Berkualitas Rendah?

Halaman berkualitas rendah adalah halaman yang tidak mencapai tujuannya dengan baik karena diberbagai aspek. Halaman berkualitas rendah dapat muncul di semua jenis situs web dan dapat dibuat untuk tujuan apa pun.

Jika halaman memiliki satu atau lebih karakteristik berikut, maka halaman tersebut akan dinilai berkualitas rendah.

  • Tingkat Expertise, Authoritativeness, & Trustworthiness (EAT) tidak memadai untuk tujuan halaman
  • Kualitas konten utamanya rendah untuk tujuan halaman.
  • Kuantitas konten utama tidak memuaskan untuk tujuan halaman.
  • Judul konten utama berlebihan atau bahwa mengada-ada.
  • Iklan atau konten lain secara signifikan mengalihkan atau mengganggu konten utama.
  • Ada sejumlah informasi situs web atau informasi tentang pembuat kontan utama yang tidak memuaskan untuk tujuan halaman (tidak ada alasan yang baik untuk anonimitas).
  • Reputasi yang agak negatif untuk situs web atau pembuat MC, berdasarkan penelitian reputasi yang ekstensif.

Cara Menjadi Google Search Quality Rater

Hal ini cukup sederhana. Anda dapat menjadi evaluator mesin pencari dengan tiga cara sederhana:

  1. Lamar ke salah satu perusahaan yang mempekerjakan penilai Google (Google tidak merekrut langsung untuk posisi tersebut)
  2. Lulus tes kualifikasi
  3. Lengkapi dokumen dan mulai bekerja.

Sesederhana itu!

Saya tidak pernah bekerja sebagai Google Search Quality Rater, tapi hal di atas berdasarkan pengakuan seorang Google Search Quality Rater bernama Sam Narzary yang telah bekerja sejak 2016.

Sam Narzary
Sam Narzary
https://www.makingsenseofcents.com/2019/11/search-engine-evaluator.html

Menurut Sam, salah satu faktor penting adalah memilih perusahaan yang tepat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih perusahaan tempat Anda akan bekerja. Ada 4 perusahaan yang biasanya melakukan perekrutan untuk pekerjaan ini yaitu.

  • Appen Connect (Sebelumnya Leapforce)
  • Lionbridge
  • Raterlab
  • iSoftstone
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Tinggalkan komentar

Share via