projasaweb logo

Google Multisearch, Apa Itu & Apa Pengaruhnya?

Estimasi Waktu Baca 3 Menit

Google Multisearch adalah fitur pencarian baru yang memungkinkan Anda mencari berdasarkan gambar dan teks pada saat yang sama.

Google multisearch memungkinkan Anda menggunakan ponsel kamera untuk mencari berdasarkan gambar yang didukung oleh Google Lens, dan kemudian menambahkan kueri teks tambahan di atas pencarian gambar. Google kemudian akan menggunakan gambar dan kueri teks untuk menampilkan hasil pencarian visual kepada Anda.

Apa Itu Google Multisearch

Google Merilis Multisearch

Pada tanggal 7 April 2022, Belinda Zeng seorang Product Manager di Google Search memperkenalkan fitur penelusuran baru bernama Google Multisearch. Belinda juga menyampaikan dalam rilis tersebut bahwa ini merupakan cara penelusuran yang sepenuhnya baru, yaitu dengan menggunakan teks dan gambar secara bersamaan.

Dengan Google Multisearch di Lens, Anda dapat melampaui kotak pencarian dan mengajukan pertanyaan tentang apa yang Anda lihat.

google merilis multisearch
Google merilis multisearch

Cara Menggunakan Google Multisearch

Pertama, unduh pembaruan terbaru untuk aplikasi Google Anda, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini:

cara menggunakan Google Multisearch
  • Buka aplikasi Google di Android atau iOS
  • Ketuk ikon kamera Google Lens
  • Unggah gambar yang disimpan atau ambil foto di sekitar Anda
  • Geser ke atas dan ketuk tombol “+ Tambahkan ke pencarian Anda” untuk menambahkan teks

Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada Google tentang objek di depan Anda, dan menggunakan teks untuk mempersempit pencarian Anda berdasarkan warna, merek, atribut visual atau hal lainnya.

Contoh Penggunaan Google Multisearch

Google memberikan contoh berikut dari jenis kasus penggunaan yang dirancang untuk Multisearch:

  • Tangkapan layar gaun oranye bergaya dan tambahkan kueri “hijau” untuk menemukannya dalam warna lain
  • Ambil foto set makan Anda dan tambahkan kueri “meja kopi” untuk menemukan meja yang cocok
  • Ambil gambar tanaman rosemary Anda dan tambahkan kueri “instruksi perawatan”

Belum Tersedia Di Indonesia

Tapi sayang sekali menurut Google fitur ini belum tersedia di Indonesia. fitur ini baru tersedia dalam bahasa Inggris. 

Multisearch sudah apat dinikmati sekarang tapi dalam versi fitur beta dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat. Dan fitur ini tidak akan dirilis secara global hingga akhir tahun 2022.

Belum ada informasi yang jelas mengenai kapan fitur ini akan diterapkan di Indonesia. tapi sau hal yang pasti adalah, fitur ini akan mengubah kebiasaan orang dalam melakukan pencarian.

Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Saat Google merilis cara baru bagi konsumen untuk melakukan pencarian, pelanggan Anda juga dapat mengakses konten Anda dengan cara baru. Ini berarti sebuah kesempatan yang terbuka lebar.

Ada banyak cara konsumen mengakses konten Anda, baik itu pencarian desktop, pencarian seluler, pencarian suara, pencarian gambar, dan sekarang multisearch.

Yang harus Anda lakukan sekarang adalah melakukan persiapan untuk menghadapi persaingan yang akan segara muncul. Dan tentu saja mencari berbagai metode yang mungkin diterapkan untuk melakukan optimasinya.

Saat ini tidak ada satu orangpun yang tahu bagaimana metode optimasinya, tapi diperkiraan optimasi ini masih seputar image optimization.

Cara Optimasi Google Multisearch

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, bahwa saat ini tidak ada seorangpun yang tahu cara optimasi Google multisearch, karena memang fitur ini belum dirilis secara global. Tapi saya pribadi memiliki beberapa saran seputar image SEO sebagai persiapan.

Gunakan Gambar Berkualitas Tinggi.

Gambar berkualitas tinggi lebih menarik bagi pengguna daripada gambar yang buram, tak jelas, dan beresolusi rendah. Gambar yang tajam sering kali lebih menarik untuk dijadikan thumbnail.

Pilih Format Gambar Terbaik

Google Gambar mendukung gambar dalam format berikut: BMP, GIF, JPEG, PNG, WebP, dan SVG. Meskipun ada banyak format gambar untuk dipilih, PNG dan JPEG adalah yang paling umum untuk web.

Selalu Pertimbangkan Kecepatan

Kecepatan menjadi semakin penting semenjak Google merilis Page Experience sebagai salah satu faktor baru yang dipertimbangkan dalam menentukan peringkat Google. Dan Core Web Vitals sebagai bagian dari Page Experience juga mendapat banyak sorotan dikarena alasan yang sama.

Salah satu masalah yang paling sering muncul terkait kecepatan sebuah website adalah image yang tidak dioptimasi untuk kecepatan. Pengaruhnya bisa sangat mengejutkan karena biasanya ukuran file image bisa sangat besar dibandingkan aset-aset yang lainnya.

Tambahkan Schema Markup

Schema Markup adalah kode yang dapat Anda pasang di situs website Anda untuk membantu mesin pencari menemukan hasil yang lebih informatif pada website anda.

Bagi Anda yang tertarik mengenai image SEO, telah menulis artikel lengkap mengenai cara optimasi gambar untuk SEO.

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan dikolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang Google Multisearch. Semoga bermanfaat

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Tinggalkan komentar

Share via