projasaweb logo

Google Link Spam Update 2021

Estimasi Waktu Baca 3 Menit

Google meluncurkan update Google terbaru pada 26 Juli 2021 lalu. Algoritma terbaru ini diberi nama “Google Link Spam Update 2021”.

Update kali ini termasuk dalam Google Core Update karena berpengaruh luas terhadap hasil pencarian. Google bahkan membuatkan rilis khusus untuk memberikan penjelasan mengenai algoritma terbaru ini.

rilis google search central
rilis google search central

Kenapa Google Melakukan Update Kali Ini

Google menjelaskan bahwa ada banyak cara untuk mengoptimasi situs web dan blog yang saat ini dilakukan oleh para pemilik situs ataupun para SEO.

Beberapa metode ini mengarah pada pembuatan backlink berlebihan. Ditambah lagi backlink tersebut dibuat tanpa menggunakan atribut yang tepat. Hal ini jelas dapat melanggar pedoman kualitas Google.

Google Link Spam Update 2021

Teknik Terbaik Membangun Backlink Menurut Google

Google kembali menjelaskan bahwa tautan atau backlink adalah salah satu cara Google memahami konten apa yang mungkin berguna bagi pencari. Jika website Anda menerima backlink dari situs yang lain, maka itu suatu hal yang baik, asalkan diperoleh dengan cara yang benar.

Dalam rilisnya Google menyampaikan bahwa praktik terbaik membangun backlink adalah dimulai dengan memahami Pedoman Google mengenai backlink. Kemudian berusaha untuk menghindari metode yang melanggar pedoman tersebut.

Selanjutnya Google menjelaskan bahwa Anda juga harus menerapkan kualifikasi backlink yang tepat pada situs Anda, Ini juga termasuk teknik terbaik dalam membangun backlink.

Yang dimaksud kualifikasi backlink di sini adalah atribut yang Anda gunakan saat membuat backlink menuju website lain. Berikut ini contohnya.

apa itu backlink : atribut nofollow
atribut nofollow

Ada beberapa jenis atribut yang dapat Anda terapkan pada sebuah backlink. Berikut ini penjelasannya.

Jenis Atribut Backlink

Pada tulisan yang berjudul apa itu backlink, saya sudah menjelaskan berbagai atribut backlink ini. Saya bahkan menyertakan video khusus agar lebih memudahkan Anda untuk memahaminya. Baca artikel tersebut untuk penjelasan lebih lengkap mengenai backlink.

Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan ulang mengenai berbagai jenis atribut backlink, dan cara penggunaannya.

Atribut ini dapat ditulis seperti berikut rel=”sponsored”. Atribut ini digunakan untuk menandai link yang merupakan iklan atau link berbayar. Link afiliasi juga termasuk dalam jenis ini.

Link afiliasi di halaman ulasan produk atau panduan belanja adalah cara umum bagi blog dan penerbit untuk melakukan monetisasi. Secara umum, hal ini tidaklah masalah.

Tapi jika Anda melakukannya, jangan lupa untuk menambahkan atribut rel=”sponsored” pada link yang Anda buat sebagai cara untuk menerapkan kualifikasi backlink.

ugc

Atribut ini dapat ditulis seperti berikut rel=”ugc”. UGC adalah singkatan dari user generated content.

Atribut ini digunakan untuk menandai link untuk konten yang dibuat pengguna, seperti komentar dan posting pada forum.

nofollow

Gunakan atribut nofollow JIKA link tersebut tidak sesuai dengan atribut lain yang sudah disebutkan sebelumnya. DAN anda tidak ingin Google mengaitkan website anda dengan website yang anda beri backlink, ATAU anda tidak ingin Google merayapi link tersebut.

Sanksi Google Link Spam Update 2021

Setidaknya terdapat dua jenis sanksi yang akan diterapkan oleh Google

Nullifying

Terkait dengan sanksi secara spesifik Google menyebutkan istilah “nullifying” yang bisa artikan dengan “meniadakan“. Artinya backlink yang melanggar tidak akan dihitung dalam proses ranking yang dilakukan oleh Google.

Tentu saja efek dari tindakan seperti ini bisa membuat sebagian website, traffiknya terjun bebas. Dan tidak hanya itu, semua sumber daya yang dikeluarkan untuk mendapatkan backlink juga jadi sia-sia.

Hal ini terlihat BUKAN seperti hukuman, tapi akan terasa LEBIH PARAH dari hukuman untuk sebagian website.

Manual Action

Alternatif sanksi yang akan diberikan oleh Google adalah manual action atau tindakan manual. Sanksi ini lebih kita kenal dengan nama pinalti Google.

Google Manual Action adalah tindakan manual terhadap sebuah situs ketika pengulas di Google telah memutuskan bahwa halaman di situs tersebut tidak sesuai dengan pedoman kualitas Google.

Oleh karena itu saya sarankan untuk tidak memulai optimasi website Anda dengan membeli backlink pada sembarang provider. Bahkan untuk paket PBN sekali pun.

Saya sudah pernah membuat tulisan yang cukup panjang mengenai PBN ini. Saya juga telah membuat video penjelasannya untuk Anda.

Silakan klik link berikut ini untuk mempelajarinya lebih jauh, Apa Itu Privat Blog Network. Nah sampai di sini dulu artikel dari saya.

Sumber : Google

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan di kolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang Google Link Spam Update. Semoga bermanfaat.

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Tinggalkan komentar

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds