projasaweb logo

Google Link Schemes & Bahayanya Bagi SEO

Estimasi Waktu Baca 5 Menit

Google Link Schemes atau Skema Link adalah setiap link yang ditujukan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google. Hal ini melanggar Panduan Webmaster Google dan dapat dikenai Manual Action.

Ini mencakup perilaku apa pun yang memanipulasi link ke situs atau link yang keluar dari situs Anda. Ini artinya semualink yang ada pada sebuah website, baik link masuk maupun link keluar.

Apa Itu Link Schemes?

Google Link Schemes adalah setiap link yang ditujukan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs di hasil penelusuran Google.

Anda harus tahu mengenai skema link Google ini karena memiliki dampak yang besar bagi SEO (Search Engine Optimization). Silakan baca lebih lanjut mengenai SEO pada artikel saya berikut ini.

Apa Dampak Buruk Link Schemes?

Dampak terburuk dari link schemes adalah dikenakai manual action oleh Google. Situs anda dapat dihapus dari index Google dan itu berarti anda tidak akan mungkin masuk dalam hasil pencarian Google.

Link schemes dapat berdampak sangat buruk bagi website serta bisnis anda. Oleh karena itu anda harus mengenali berbagai jenis dari link schemes agar tidak terjebak atau tidak sengaja menggunakannya.

Satu hal yang harus anda ingat bahwa pengertian link schemes di atas merupakan pengertian umum yang sangat luas. Sehingga ada banyak sekali praktik link building atau pembuatan backlink yang umum dilakukan yang tergolong link schemes.

Bagi anda yang masih asing dengan istilah backlink, berikut ini adalah pengertian backlink.

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah tautan dari satu website ke website yang lain. Backlink merupakan salah satu faktor penting yang digunakan oleh Google untuk menentukan rangking website anda di halaman hasil pencarian Google.

Contoh Link Schemes Yang Dilarang

Berikut ini beberapa jenis link schemes yang dilarang oleh Google. Contoh-contoh ini saya dapatkan langsung dari dokumentasi Google pada alamat berikut ini :

https://developers.google.com/search/docs/advanced/guidelines/link-schemes

Jadi 100% berasal dari Google, BUKAN pendapat saya pribadi. Ok tanpa berlama-lama, berikut ini contoh-contohnya.

Segala Bentuk Jual Beli Link

Jadi segala bentuk backlink yang diperjualbelikan itu melanggar kebijakan Google dan harus anda hindari. Termasuk juga beberapa kegiatan berikut ini.

  • Menukarkan uang dengan link, atau pos yang berisi link.
  • Menukarkan barang atau layanan untuk link.
  • Mengirim produk “gratis” kepada seseorang sebagai ganti tulisan mereka tentang produk tersebut yang menyertakan link.

Tukaran Backlink Yang Berlebihan

Dulu pada komunitas blogger biasanya ada aktifitas tukaran link. Jadi jika anda ingin menadapatkan backlink, maka anda harus memberikan backlink terlebih dahulu.

  • Tautkan ke situs saya lalu saya akan menautkan ke situs Anda.
  • Membuat halaman eksklusif untuk partner demi cross-link.

Pemasaran Artikel Yang Berskala Besar Atau Penulis Tamu

Salah satu sumber penghasilan dari para blogger adalah artikel review. Umumnya artikel review ini membahas suatu produk atau website lain dengan tujuan utama memberikan backlink pada website yang direview.

Aktifitas ini terjadi di seluruh dunia. Untuk indonesia biasanya harganya sangat bervariasi. Mulai dari 100 ribuan per artikel hingga mencapai jutaan rupiah per artikel.

Bentuk lain dari aktifitas ini adalah penulis tamu. Dengan menjadi penulis tamu, anda akan diberikan hak untuk membuat artikel pada website tertentu dan tentu saja membuat backlink pada artikel tersebut menuju website anda.

Hal tersebut juga digolongkan pada link schemes yang dilarang oleh Google. Jika aktifitas seperti ini dibiarkan maka tentu saja akan menimbulkan banyak sekali artikel yang berkualitas rendah karena hanya mengharapkan backlink saja.

Kasus yang paling menghebohkan mengenai hal ini adalah kasusnya MyBlogGuest pada tahun 2014 dan SEMRush pada tahun 2020.

Kasus MyBlogGuest

Ini merupakan screenshot yang saya ambil dari artikel di Search Engine Land:

https://searchengineland.com/googles-matt-cutts-implies-myblogguest-publishers-will-receive-penalties-many-begin-receiving-manual-action-notifications-187122
contoh google link schemes myblogguest
contoh google link schemes myblogguest

Dari berita di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa jika kita ikut serta dalam program yang serupa, maka efeknya tidak hanya diterima oleh penyedia jasa saja, anda sebagai pengguna pun akan mendapat dampak yang serius.

Kasus SEMRush

Kasus ini cukup heboh karena dilakukan oleh pemain lama dan cukup dihormati di kalangan SEO. Bagi anda yang belum tahu, SEMRush adalah tools SEO yang bisa digunakan untuk melakukan keyword research, melacak strategi keyword yang digunakan oleh kompetitor,

Berikut ini screenshot jasa guest posting yang ditawarkan oleh SEMRush :

contoh google link schemes semrush guest posts
contoh google link schemes semrush guest posts

Menanggapi layanan ini, John Muller langsung mengatakan bahwa hal tersebut termasuk dalam jenis tautan yang tidak wajar dan bisa jadi akan memicu tindakan dari tim webspam.

Peringatan John Muller tersebut disampaikan pada tanggal 4 Juni 2020 pada sebuat twit :

https://twitter.com/JohnMu/status/1268286803343278082

Dan pada tanggal yang sama SEMRush langsung menutup layanan tersebut. Info lengkapnya dapat anda baca di sini :

https://www.semrush.com/news/semrush-pauses-guest-posting-service/
jasa guest posting semrush ditangguhkan
jasa guest posting semrush ditangguhkan

Jadi jika anda ingin membuat layanan yang serupa untuk blog ataupun website anda, maka sebaiknya anda memikirkannya secara matang karena tindakan tersebut memiliki dampak yang sangat berat.

Program atau Layanan Link Otomatis

Ini merupakan perangkap yang sangat berbahaya bagi SEO pemula. Tidak jarang beberapa oknum yang mengaku “master SEO” yang menawari para SEO pemula untuk membeli berbagai tool atau program otomatis untuk mendapat rangking di Google.

Kemampuan dari tool ini biasanya adalah membuat backlink otomatis dengan cepat dan mudah. Dan tentu saja ini dapat memicu manual action dari Google.

Tujuan mereka hanyalah keuntungan jangka pendek, tanpa memikirkan sedikitpun akibat yang dapat terjadi pada website-website yang dikelola oleh para SEO pemula tersebut

MUNGKIN metode ini dapat berhasil dalam jangka pendek. Kunjungan pada website anda bisa saja meningkat drastis dalam waktu singkat. Tapi jangan sampai tertipu, karena dalam waktu singkat juga kunjungan tersebut dapat hilang dan berujung pada hukuman dari Google.

Backlink Wajib Dalam Perjanjian

Pemberian backlink yang menjadi bagian dari Persyaratan Layanan, kontrak, atau perjanjian adalah jenis backlink yang terlarang. Hal ini karena biasanya pengguna tidak diberikan pilihan untuk menentukan jenis backlink yang diberikan.

Jenis-jenis backlink itu ada 4, yaitu sponsored, ugc, nofollow dan dofollow. Ini biasa dikenal dengan istilah atribut. Hal ini sudah saya jelaskan secara terperinci pada artikel mengenai backlink.

Contoh dari link jenis ini adalah berbagai script gratisan yang sering dibagikan, namun script tersebur secara otomatis akan memberikan backlink kepada creatornya.

Press Release Yang Dioptimasi Untuk SEO

Membuat press release untuk kebutuhan SEO dengan mengoptimasi secara berlebihan kata kunci tertentu juga termasuk tindakan yang melanggar kebijakan Google.

Bahkan Google memberikan contoh khusus untuk kasus ini :

Ada banyak cincin pernikahan di pasar. Jika ingin menikah, Anda harus memilih cincin terbaik. Anda juga perlu membeli bunga dan gaun pengantin.

Paragraf di atas merupakan contoh yang saya dapatkan dari Google.

Bagaimana Cara Mendapat Backlink Yang Benar Menurut Google?

Cara mendapatkan backlink yang benar menurut Google adalah dengan membuat konten berkualitas terbaik agar situs lain membuat link relevan dan berkualitas tinggi ke situs Anda. Konten berkualitas secara alami akan meraih popularitas dan disukai pembaca serta dapat dibagikan secara sukarela.

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan dikolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang Google Link Schemes atau Skema Link Google. Semoga bermanfaat

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds