projasaweb logo

Apa Itu Google Helpful Content? Update Algoritma Terbaru Google

Estimasi Waktu Baca 3 Menit

Pada tanggal 18 Agustus 2022 Google meluncurkan pembaruan algoritma yang disebut pembaruan konten bermanfaat atau Google Helpful Content. Update kali ini akan mendevaluasi konten yang ditulis untuk mesin telusur. Pembaruan ini akan mulai diluncurkan sekitar akhir Agustus 2022. Dan targetnya adalah konten yang tidak bermanfaat bagi manusia atau tidak dibuat oleh manusia.

rilis resmi update Google Helpful Content
rilis resmi update Google Helpful Content

Tidak seperti pembaruan lain yang menargetkan jenis laman tertentu, pembaruan kali ini menargetkan di seluruh situs. Itu berarti berpotensi mempengaruhi semua halaman yang ada. Itu tentu artinya termasuk situs Anda.

Update ini juga memperkenalkan faktor ranking baru akan digunakan Google untuk menentukan peringkat halaman web.

Update Algoritma Google Helpful Content

Termasuk Dalam Google Core Update

Update kali ini dapat digolongkan ke dalam Google Core Update, karena memenuhi semua kriteria Google Core Update yaitu :

  • Signifikan Dan Luas. Sesuai keterangan Google yang disampaikan dalam rilisnya, update kali akan mempengaruhi seluruh situs.
  • Diumumkan. Update kali ini telah diumumkan resmi dalam blog Google serta dalam artikel di Google Search Central.
  • Diberi Nama. Sudah menjadi kebiasaan Google untuk memberi nama pada setiap core update. Update kali ini diberi nama “Google Helpful Content”.

Tujuan Update Google Helpful Content

Google menjelaskan bahwa update kali ini dirilis untuk menangani konten yang tampaknya dibuat hanya untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin telusur, dan bukan untuk membantu atau menginformasikan pengguna.

Pembaruan peringkat ini akan membantu memastikan bahwa konten yang tidak orisinal dan berkualitas rendah tidak mendapat peringkat tinggi di Penelusuran. Selain itu Google menyebutkan bahwa dalam pengujian yang mereka lakukan ditemukan, efek update ini akan meningkatkan hasil yang terkait dengan bidang pendidikan, seni, hiburan, belanja, dan teknologi.

Apa Itu Konten Yang Tidak Bermanfaat?

Google mengatakan bahwa konten yang tidak bermanfaat adalah konten yang dirancang lebih untuk mesin pencari bukan memberi manfaat untuk pengguna. Di bawah ini adalah daftar kriteria yang dicantumkan Google sebagai hal yang harus kita evaluasi. 

  • Apakah konten Anda dibuat hanya untuk mendapatkan kunjungan dari mesin telusur, bukan dibuat untuk memberi manfaat bagi pengguna? 
  • Apakah Anda memproduksi banyak konten tentang topik yang berbeda dengan harapan beberapa di antaranya mungkin berkinerja baik di hasil pencarian?
  • Apakah Anda menggunakan otomatisasi ekstensif untuk menghasilkan konten tentang banyak topik?
  • Apakah Anda hanya meringkas dari berbagai sumber tanpa memberikan nilai tambah? 
  • Apakah Anda menulis tentang hal-hal hanya karena sedang tren?
  • Apakah konten Anda membuat pembaca merasa perlu menelusuri lagi untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dari sumber lain?
  • Apakah Anda menulis dengan jumlah kata tertentu karena faktor SEO (misal 1000 kata)?
  • Apakah Anda menulis tentang beberapa topik hanya demi kunjungan tanpa memiliki modal keahlian nyata?
  • Apakah konten Anda berjanji memberikan jawaban yang sebenarnya tidak ada, seperti ada tanggal rilis untuk produk, film, atau acara TV saat belum dikonfirmasi?

Semakin banyak Anda menjawab “ya”, berarti Anda harus semakin waspada terhadap update Google kali ini.

Apa Itu Konten Bermanfaat Menurut Google?

Konten bermanfaat adalah konten yang dibuat dengan mempertimbangkan orang, bukan mesin telusur. Berikut ini beberapa kriteria menurut Google.

Inilah yang dikatakan Google:

  • Apakah Anda memiliki audiens yang sudah ada atau audiens yang dituju untuk bisnis atau situs Anda yang akan menganggap konten bermanfaat jika mereka datang langsung kepada Anda? 
  • Apakah konten Anda dengan jelas menunjukkan keahlian tangan pertama dan kedalaman pengetahuan (misalnya, keahlian yang berasal dari penggunaan produk atau layanan, atau mengunjungi suatu tempat)?
  • Apakah situs Anda memiliki tujuan atau fokus utama?
  • Setelah membaca konten Anda, apakah seseorang akan merasa telah cukup belajar tentang suatu topik untuk membantu mencapai tujuan mereka?
  • Apakah seseorang yang membaca konten Anda akan merasa seperti mereka memiliki pengalaman yang memuaskan?
  • Apakah Anda mengingat panduan kami untuk pembaruan inti dan untuk ulasan produk ?

Bagaimana Pulih Dari Update Google Helpful Content

Kemungkinan akan memakan waktu beberapa bulan sebelum kami mulai melihat situs pulih dari pembaruan ini. Seperti disebutkan di atas, jika sinyal diterapkan ke situs Anda, itu akan tinggal di sana selama beberapa bulan. Saat kami membantu situs mencoba dan memulihkan dari pembaruan ini, inilah yang kemungkinan akan kami fokuskan. 

  • Mengidentifikasi konten mana yang dibuat terutama untuk mencoba dan memberi peringkat dan menghasilkan strategi untuk tidak mengindeks, menghapus, atau meningkatkan konten ini.
  • Memastikan bahwa keahlian langsung pada topik Anda ditunjukkan di situs Anda, dan temukan cara untuk membuat orang lain di industri Anda mengenali Anda sebagai memiliki keahlian dan pengetahuan tentang topik Anda.
  • Memperbaiki konten dan meningkatkan EAT berdasarkan pertanyaan yang dikatakan Google untuk ditanyakan dalam posting blog mereka tentang apa yang harus diketahui pemilik situs tentang pembaruan inti , panduan mereka untuk menulis ulasan produk , dan juga panduan mereka untuk konten afiliasi . Ini mungkin termasuk:
    • lebih baik menunjukkan keahlian tangan pertama
    • melakukan lebih banyak untuk dikenal sebagai ahli oleh orang lain (yaitu pemasaran konten dan PR yang baik)
    • menemukan cara untuk membuat konten seberharga mungkin bagi para pencari
    • berfokus pada pemahaman tentang apa yang ingin dilakukan oleh pencari dan menemukan serta menyampaikan konten yang memenuhi kebutuhan itu
  • Mengklarifikasi apa tujuan atau fokus setiap halaman (dan memastikan bahwa fokus ini pertama dan terutama dimaksudkan untuk membantu orang.)
  • Membandingkan jenis konten apa yang diperingkat Google dari pesaing untuk mendapatkan inspirasi.

Kami akan menyesuaikan saran kami saat kami mempelajari lebih lanjut tentang jenis situs apa yang terpengaruh dan mempelajari kasus pemulihan saat muncul. Saya berharap akan diperlukan perubahan drastis untuk sebagian besar situs yang terkena dampak negatif untuk dapat pulih. Dalam beberapa kasus, pemulihan peringkat mungkin tidak dapat dilakukan.

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Tinggalkan komentar

Share via