projasaweb logo

Google EAT

Estimasi Waktu Baca 5 Menit

Google EAT adalah akronim dari Expertise, Authoritativeness dan Trustworthiness, konsep yang pertama kali diterbitkan Google dalam Panduan Kualitas Penelusuran edisi 2014 .

Pedoman ini digunakan selama evaluasi kualitas pencarian Google, di mana ia mempekerjakan ribuan pengulas berkualitas yang ditugaskan untuk meninjau secara manual sekumpulan halaman web dan mengirimkan umpan balik tentang kualitas halaman tersebut ke Google.

Google EAT

Apa Itu Google EAT?

Google EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Konsep ini pertama kali diperkenalkan pada Google’s Quality Raters’ Guidelines dan dibahas dengan sangat rinci dalam dokumen tersebut. 

Expertise

Menurut Ahrefsexpertise berarti memiliki pengetahuan atau keterampilan tingkat tinggi di bidang tertentu.

Jadi, konten yang ada pada website haruslah dibuat oleh seorang ahli yang memang telah menguasai apa yang ditulisnya.

Authoritativeness

Authoritativeness adalah tentang reputasi yang dimiliki oleh website. Semakin banyak konten berkualitas yang dibuat oleh ahlinya, maka website bisa memiliki reputasi yang lebih baik.

Jangan mencampurkan dua bahasan yang jauh berbeda dalam satu website dan satu penulis. Itu justru dapat berdamak buruk pada Authoritativeness.

Trustworthiness

Trustworthiness adalah soal kepercayaan mengenai keakuratan dari website. Seluruh informasi yang disampaikan harus terjamin kebenarannya.

Kesalahan dalam memberikan informasi dapat berakibat fatal dapat hidup seseorang. Misalkan konten tentang topik kesehatan yang salah menyebutkan suatu obat atau penyakit, maka dalam kondisi terburuk, hal itu dapat mengakibatkan korban jiwa.

Oleh karena itulah Trustworthiness merupakan hal pernting yang harus aAnda pertimbangkan setiap kali Anda membuat konten.

Google EAT terkait erat dengan konten YMYL atau Your Money Your Life. Kita akan membahas mengenai YMYL pada pembahasan berikut ini.

YMYL (Your Money Your Life)

Konten Your Money Your Life (YMYL) adalah jenis informasi yang, jika disajikan secara tidak akurat, tidak benar, atau menipu, dapat secara langsung memengaruhi kebahagiaan, kesehatan, keselamatan, atau stabilitas keuangan pembaca.

YMYL menurut Google’s Quality Raters’ Guidelines terbagi atas beberapa kategori. Berikut ini kategori YMYL yang wajib Anda ketahui.

Berita dan Acara Terkini

Berita penting seperti acara internasional, bisnis, politik, sains, teknologi, dll. Perlu diingat bahwa tidak semua artikel berita harus dianggap sebagai YMYL (misalnya, topik olahraga, hiburan, dan gaya hidup sehari-hari umumnya bukan YMYL).

Kewarganegaraan, Pemerintah, dan Hukum

Informasi penting seperti informasi tentang pemungutan suara, lembaga pemerintah, lembaga publik, layanan sosial, dan masalah hukum (misalnya, perceraian, hak asuh anak, adopsi, pembuatan surat wasiat, dll.).

Keuangan

Nasihat keuangan atau informasi mengenai investasi, pajak, perencanaan pensiun, pinjaman, perbankan, atau asuransi, khususnya halaman web yang memungkinkan orang melakukan pembelian atau mentransfer uang secara online.

Belanja

Informasi tentang atau layanan yang terkait dengan penelitian atau pembelian barang/jasa, khususnya halaman web yang memungkinkan orang melakukan pembelian secara online.

Kesehatan dan Keselamatan

Saran atau informasi tentang masalah medis, obat-obatan, rumah sakit, kesiapsiagaan darurat, seberapa berbahaya suatu aktivitas, dll.

Kelompok orang

Informasi tentang atau klaim yang terkait dengan kelompok orang, termasuk tetapi tidak terbatas pada yang dikelompokkan berdasarkan usia, kasta, disabilitas, etnis, identitas dan ekspresi gender, status imigrasi, kebangsaan, ras, agama, jenis kelamin/gender , orientasi seksual, status veteran, korban peristiwa kekerasan besar dan kerabat mereka, atau karakteristik lain apa pun yang terkait dengan diskriminasi atau marginalisasi sistemik.

Lainnya

Masih banyak topik lain yang terkait dengan keputusan besar atau aspek penting kehidupan masyarakat yang dapat dianggap sebagai YMYL, seperti kebugaran dan nutrisi, informasi perumahan, memilih perguruan tinggi, mencari pekerjaan, dll. Silakan gunakan penilaian Anda.

Google’s Quality Raters’ Guidelines

Google’s Quality Raters’ Guidelines adalah dokumen yang digunakan sebagai referensi oleh Penilai Kualitas Google saat mereka menilai situs web. Pedoman menguraikan kondisi dan elemen yang perlu dipertimbangkan dan bagaimana situs harus dinilai.

Google telah menyatakan bahwa pedoman ini adalah kunci untuk memahami apa yang ingin dilihat Google di situs web dalam hal kualitas. Anda dapat mendownload panduan tersebut pada link berikut ini :

https://support.google.com/websearch/answer/9281931?hl=en

Jika Anda bertanya-tanya apa yang dianggap Google sebagai “kualitas tinggi”, Maka Google’s Quality Raters’ Guidelines sebenarnya adalah buku teks yang menjelaskan hal ini dengan sangat rinci.

Tapi ingat :

Google’s Quality Raters’ Guidelines tidak sama dengan algoritma Google

Yang harus Anda pahami adalah Google’s Quality Raters’ Guidelines merupakan cerminan apa yang Google ingin algoritme lakukan. Dan ada BANYAK informasi tentang Google EAT dalam panduan ini.

EAT Bukan Algoritma Mandiri

Menurut Gary Illyes saat Q&A di Pubcon,

Google memiliki koleksi jutaan algoritma kecil yang bekerja bersama untuk mengeluarkan skor peringkat. Banyak dari algoritma kecil tersebut mencari sinyal di halaman atau konten” yang dapat dikonseptualisasikan sebagai EAT.

Jadi, meskipun EAT bukanlah algoritme khusus, algoritme Google mencari sinyal baik On Page maupun Off Page yang berkorelasi dengan EAT baik atau buruk, seperti PageRank , “yang menggunakan tautan di web untuk memahami otoritas.”

Bahkan dalam dokumen resmi Google di Google Search Central juga disebutkan hal yang serupa.

google eat bukan ranking fakto
google eat bukan ranking faktor

Sistem otomatis Google menggunakan campuran dari banyak sinyal berbeda untuk menentukan peringkat konten yang bagus. Google telah mencoba membuat campuran ini menyelaraskan apa yang akan disetujui manusia sebagai konten berkualitas karena mereka akan menilainya sesuai dengan kriteria E-A-T.

Mengingat hal ini, menilai konten Anda sendiri dalam hal kriteria E-A-T dapat membantu menyelaraskannya secara konseptual dengan berbagai sinyal yang digunakan sistem otomatis kami untuk menentukan peringkat konten.

Tidak Ada Google EAT Skor

Dalam Q&A yang sama, Illyes mengonfirmasi bahwa “tidak ada skor EAT internal atau skor YMYL.”

Algoritme Google tidak hanya tidak menetapkan skor EAT, tetapi juga penilai kualitas, yang menganalisis EAT dalam evaluasi mereka, secara langsung memengaruhi peringkat situs web mana pun.

Bagaimana Cara Google Mengukur EAT?

Meskipun tidak ada orang di luar Google yang tahu jawabannya.

Google EAT Bukan Fokus Bagi Setiap Situs

Google secara eksplisit dalam Google’s Quality Raters’ Guidelines menyatakan bahwa tingkat EAT yang diharapkan dari situs web tertentu bergantung pada topik yang disajikan di situs web itu, dan sejauh mana kontennya bersifat YMYL.

Artinya semakin dekat topik yang Anda bahas dengan YMYL maka semakin tinggi pula tingkat Google EAT yang Anda perlukan.

Misalnya, untuk sebuah nasihat medis maka konten harus ditulis atau dibuat oleh orang atau organisasi dengan keahlian atau akreditasi medis yang sesuai dan EAT yang tinggi.

Namun, untuk situs web tentang hobi, seperti fotografi atau belajar bermain gitar memerlukan keahlian yang tidak terlalu formal dan akan menggunakan standar yang lebih rendah dalam hal analisis EAT.

Untuk perusahaan yang membahas topik YMYL – yang dapat berdampak langsung pada kebahagiaan, kesehatan, kesuksesan finansial, atau kesejahteraan pembaca, EAT adalah yang paling penting.

Penting juga untuk dicatat bahwa situs e-commerce dianggap YMYL menurut definisi karena mereka menerima informasi kartu kredit.

Google EAT Bukanlah Pengganti SEO

Google EAT memang penting, tapi EAT tidak bisa menggantikan SEO secara keseluruhan. Anda tidak bisa hanya fokus pada EAT tanpa memperdulikan berbagai teknik SEO yang ada.

Semua teknik yang masuk ke dalam strategi SEO yang sukses, seperti optimasi kecepatan, tautan berkualitas tinggi, dan technical SEO, juga harus dijalankan agar upaya EAT berhasil.

Prioritaskan EAT di antara upaya SEO lainnya sesuai dengan seberapa parah masalah lain yang mungkin memengaruhi kinerja situs web Anda.

EAT Bukan Hal Baru

Dengan semua konten baru tentang EAT, beberapa profesional SEO telah mengklaim bahwa EAT adalah inisiatif baru Google yang dimulai Google Core Update tanggal 1 Agustus 2018.

Namun, EAT pertama kali diperkenalkan pada Google Quality Guidelines versi 2014.

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Tinggalkan komentar

Share via