projasaweb logo

Google Core Update

Estimasi Waktu Baca 4 Menit

Google Core Update adalah perubahan atau pembaharuan signifikan dan luas pada algoritma dan sistem mesin telusur Google. Pembaruan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pencarian bagi pengguna, menyediakan konten yang lebih relevan, bermanfaat, dan dapat dipercaya.

Dalam dunia SEO, Google Core Update merupakan hal yang selalu mendapat perhatian. Kecepatan dalam menyesuaikan diri dalam setiap kali update bisa menjadi faktor penentu kesuksesan.

Perlu anda ketahui bahwa Google dapat melakukan perubahan pada algoritma mereka lebih dari satu kali dalam satu hari. Namun perubahan atau update seperti ini biasanya bukan perubahan yang signifikan.

Bahkan Google pernah menjelaskan bahwa mereka pada tahun 2020, hanya dalam waktu satu tahun mampu merilis 3,620 perubahan atau update. Itu artinya lebih dari 50 update dalam satu hari.

Tapi sekali lagi, umumnya perubahan sebanyak itu bukanlah perubahan yang signifikan, jadi tidak perlu di khawatirkan.

Perubahan-perubahan kecil yang dilakukan setiap hari tersebut tidak dapat digolongkan pada Google Core Update, mungkin kita dapat menyebutnya Google Update saja tanpa kata-kata Core didalamnya.

Jadi syarat minimal untuk bisa dikatakan sebagai Core Update ada dua, yaitu harus signifikan dan harus memiliki pengaruh yang luas.

Berikut ini videonya :

video Google Core Update

Google memberikan contoh agar kita dapat lebih memahaminya. Google Core Update itu ibarat daftar rekomendasi untuk film terbaik tahun 2021. Tentu saja ketika tahunnya berubah menjadi 2022, maka akan terjadi perubahan rekomendasi film.

Rekomendasi film berubah dari tahun ke tahun karena ada film baru keluar dan film lama tidak dimunculkan kembali untuk menjaga agar rekomendasi tetap relevan.

Mungkin ada beberapa dari anda yang bertanya, bagaimana cara kita membedakan antara core update dengan update biasa. Berikut ini beberapa cirinya.

Ciri-Ciri Google Core Update

Signifikan Dan Luas

Ini merupakan ciri-ciri utama yang sudah disebutkan sebelumnya dan tidak perlu kita bahas kembali.

Diumumkan

Jika ada core update biasa Google akan selalu memberikan pengumuman resmi. Jadi jika tidak ada pengumuman bisa diartikan itu bukanlah core update.

Bahkan terkadang Google memberikan panduan pendamping bagi core update tersebut agar para pemilik web dapat menyesuaikan diri dengan perubahan.

Diberi Nama

Sudah menjadi kebiasaan Google untuk memberi nama pada setiap core update. Seperti “Page Experience Update” atau sekedar menamainya dengan nama bulan seperti “June 2021 Core Update”.

Kapan Google Core Update Dilakukan

Tidak ada jadwal pasti untuk Google Core Update. Tapi biasanya Google melakukannya beberapa kali dalam setahun. Google biasanya mengumumkan jika ada Google Core Update beberapa hari sebelumnya atau setelahnya.

Karena sangat tidak pasti anda sebaiknya waspada dan terus memantau informasi terbaru. Tujuannya agar anda mendapat informasi lebih cepat dan dapat melakukan antisipasi sebelum perubahan itu terjadi.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memantau terjadinya Google update.

Cara Memantau Info Google Core Update

Jika membayangkan proses update, mungkin sebagian besar orang akan membayangkan bahwa hal itu dapat dilakukan dalam waktu satu hari saja.

Tapi pada kenyataannya proses update itu bisa memakan waktu cepat tapi bisa juga dalam waktu yang panjang.

Berapa Lama Proses Google Core Update Berlangsung?

Proses Google Core Update dapat berlangsung dalam beberapa hari. Tapi dalam kasus-kasus tertentu dapat dilakukan secara bertahap dan bisa mencapai waktu lebih dari dua bulan.

Sebagai contoh Google Core Update : Page Experience yang dilakukan pada pertengahan Juni 2021. Proses update ini diperkirakan memakan waktu dua setengah bulan, karena baru selesai sekitar akhir bulan Agustus 2021.

Oleh karena jangka waktunya bisa jadi panjang, maka tidak heran jika efek yang dirasakan juga berbeda. Ada yang merasakan efeknya setelah sepekan, tapi ada juga yang baru merasakan efeknya setelah satu bulan.

Cara Menghadapi Google Core Update

Pastikan Core Update Benar Terjadi

Cari tahu rilis resmi dari Google mengenai hal tersebut. Jangan mudah percaya kata para “mastah SEO”, tanpa sumber dari Google secara langsung.

Saya sering menemukan hal-hal keliru seputar update Google dan SEO yang disampaikan oleh orang-orang yang mengaku sebagai “mastah SEO”.

Bagaimana saya tahu itu keliru? Tentu saja dari dokumentasi Google di Google Search Central yang disediakan gratis untuk kita semua. Hanya perlu niat yang kuat untuk membacanya.

Evaluasi Peringkat

Yang dimaksud peringkat tentu adalah peringkat website anda pada kata kunci tertentu. Pastikan peringkat anda, apakah turun atau naik sebagai akibat core update yang baru rilis.

Sering terjadi dalam sebuah website, terdapat sebagian URL yang naik peringkatnya dan sebagian yang lain justru turun peringkatnya. Ini bukanlah hal baru.

Selanjutnya, anda perlu menentukan kesamaan karakteristik dari URL-URL tersebut. Tujuannya untuk menentukan penyebab naik dan turunnya peringkat tersebut.

Evaluasi Traffic

Jika anda tidak menemukan hal yang berarti pada peringkat anda, maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada traffik. Lakukan evaluasi secara global dan evaluasi spesifik pada URL-URL yang ditemukan pada langkah sebelumnya.

Perhatikan dengan teliti tanggalnya agar bisa dikonfirmasi sebagai akibat core update.

Yang sering terjadi adalah kesalahan dalam evaluasi. Mengira perubahan traffic yang terjadi akibat core update. Kemudian secara tergesa-gesa melakukan beberapa perubahan.

Kemudian satu pekan setelah itu trafficnya malah semakin turun. Karena sebenarnya pengaturan yang dilakukan sudah benar. Tapi hal tersebut diubah begitu saja secara tergesa-gesa.

Setiap perubahan yang dilakukan sebaiknya didasari oleh fakta dan data serta bukti dokumentasi Google mengenai perubahan positif yang ingin dilakukan.

Evaluasi Keyword

Pada keyword, yang perlu dievaluasi tidak hanya peringkat dan traffing yang dihasilkan. Tapi anda juga perlu memperhatikan jumlah keyword serta jenis keyword yang dihasilkan.

Evaluasi Teknik

Evaluasi tiap teknik SEO yang pernah anda jalankan. Pastikan tidak ada teknik yang melanggar kebijakan dari Google.

Saya menyarankan kepada anda untuk tidak melakukan teknik-teknik Black Hat SEO, karena teknik tersebut dapat membahayakan bisnis anda dalam jangka panjang.

Saya bahkan menyarankan menjauhi teknik-teknik yang “dicurigai” melanggar aturan Google. Hanya gunakan teknik SEO yang sudah dipastikan sebagai teknik white hat.

Dengan begitu segala sumber daya yang telah anda keluarkan akan terbayar sebagai investasi jangka panjang pada bisnis anda.

Fokus Konten Berkualitas

Google menyarankan kita untuk selalu fokus dalam meningkatkan kualitas konten yang kita sajikan kepada pembaca. Gunakan Quality Rater Guidelines dan E-A-T.

Kualitas konten merupakan faktor terbesar dalam penentuan peringkat Google. Oleh karena itu sudah sewajarnya kita memfokuskan sumber daya lebih besar kepada kualitas konten.

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan dikolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang Google Core Update. Semoga bermanfaat

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Support Kami Dengan Berbagi

Berbagi itu mudah dan dapat menebar manfaat untuk lebih banyak orang
SAYA TIDAK TERTARIK
This window will automatically close in 20 seconds