Gaji Freelance 2020, Berapa Gaji Freelancer?

Berapakah gaji freelance saat ini? Menjadi freelance merupakan suatu pilihan pekerjaan yang dapat Anda tekuni. Bukan tanpa gaji yang jelas, malah seorang freelancer dapat menentukan gajinya sendiri. Semakin banyak kemampuan yang dimiliki, maka gaji yang didapatkan akan semakin tinggi pula. Saat ini, banyak kaum muda memilih bekerja sebagai freelancer. Bukan tanpa alasan, pekerjaan freelance juga sebenarnya menjanjikan.

Menurut wikipedia, freelance adalah istilah yang umum digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus terikat dengan majikan jangka panjang tertentu. Banyak pekerjaan yang dapat ditekuni sebagai freelance antara lain fotografer, penulis, guru les privat, sales, desain grafis, proofreader, dan masih banyak lainnya.

Keuntungan menjadi freelance adalah Anda dapat bekerja di rumah sambil mengerjakan hal-hal yang lainnya dan tidak terikat oleh waktu. Masih banyak lagi keuntungan jadi freelance, selangkapnya dapat anda baca disini ;

Jika Anda tertarik untuk menekuni pekerjaan sebagai freelance, berikut gambaran gaji freelance.

Gaji Freelance

Fotografer lepas

gaji freelance fotografer
gaji freelance fotografer

Anda punya hobi memfoto atau mengambil video? Kemampuan Anda ini dapat dijadikan sebagai pekerjaan. Tentu akan menyenangkan jika menjalani hobi yang dibayar bukan? Nah, jika Anda ingin menekuni bidang pekerjaan sebagai freelance, waktunya hobi Anda dibayar. Kesukaan pada fotografi ini dapat ditekuni. Saat ini sudah ada beberapa jasa fotografi pernikahan yang mulai tumbuh.

Anda dapat bekerja sendiri atau membentuk tim untuk pekerjaan ini. Selain itu, mengabadikan momen akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan di kehidupan Anda. Seseorang jasa fotografer dapat dibayar dengan gaji Rp. 300.000-Rp. 500.000 untuk kebutuhan foto pribadi. Bahkan dapat dibayar hingga Rp. 5.000.000,- lebih untuk kebutuhan acara pernikahan, kantor atau acara-acara tertentu.

TV dan Film

Anda yang menyukai bidang perfilman dan televisi juga dapat menekuni hobi ini sebagai pekerjaan. Untuk seorang freelance asisten sutradara dapat digaji sebesar Rp. 1.500.000,- per episode acara sinetron. Sedangkan untuk pembuatan film dapat digaji hingga Rp. 10.000.000,- per filmnya. Sutradara sendiri akan mendapatkan gaji sampai Rp. 5.000.000,- per episode sinetron hingga Rp. 35.000.000,- per filmnya.

Tentu pekerjaan ini juga bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan. Umumnya mereka akan begadang berhari-hari untuk menyelesaikan satu episode tayangan. Belum lagi untuk proses editing dan proses sunting gambar. Oleh karena itu, gaji sebesar itu seimbang dengan usaha pekerjaan yang telah dilakukan.

Guru privat

Guru privat umumnya banyak dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir untuk mengisi waktu mereka di tengah pusingnya skripsi. Menjadi freelance justru akan membuat mereka dapat refreshing sejenak dari tugas pengerjaan skripsi. Selain itu, juga dapat menambah uang saku mereka. Tidak hanya mahasiswa saja, namun juga dapat dilakukan oleh guru-guru sekolah, dosen bahkan ibu rumah tangga.

Untuk masalah waktu, guru privat umumnya memang tidak bekerja setiap hari. Namun, gaji setiap pertemuan lumayan untuk menambah uang saku. Gaji ini ditentukan dari jenjang sekolah dan tingkat kesulitan mata pelajaran yang diajarkan. Umumnya gaji seorang guru privat berkisar antara Rp. 50.000,- hingga Ro. 300.000,- untuk per jam pertemuan.

Desainer

Bidang desainer memiliki banyak cakupan yaitu desain grafis, desain interior, arsitektur, desain pakaian, desain web. Seorang desain digaji berdasarkan tingkat kesulitan yang dilakukan. Semakin sulit desain yang dibuat, maka bayaran yang diterima juga semakin tinggi. Hampir semua bidang desain mengacu pada prinsip ini.

Untuk gaji freelance seorang desain interior umumnya berkisar antara Rp. 100.000,- hingga Rp. 250.000,- per meter tergantung dari tingkat kesulitan permintaaan desain. Sedangkan untuk seorang freelance desain grafis dibayar antara Rp. 2.000.000,- hingga Rp. 4.000.000,- setiap proyek yang dikerjakan.

Sales

Pekerjaan sebagai sales umumnya merupakan pekerjaan yang banyak dihindari pencari kerja. Hal ini karena profesi ini dianggap remeh. Padahal jika Anda ketahui, bayaran seorang sales per harinya bisa Rp. 500.000,- lebih. Sales yang banyak ditawarkan sebagai pekerjaan freelance yaitu sebagai sales promotion girl/boy. Setiap produk yang ditawarkan memiliki bayaran yang berbeda-beda.

Untuk produk minuman ringan per harinya mendapatkan gaji sekitar Rp. 85.000,- hingga Rp. 90.000,-. Umumnya yang mendapat bayaran paling besar adalah menjadi SPG/SPB di bidang otomotif. Untuk pekerjaan ini mendapat kisaran bayaran Rp. 550.000,- hingga Rp. 700.000,- per hari.

Spesialis media sosial

Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang cocok untuk kaum rebahan zaman sekarang yang memiliki tingkat kreativitas yang tinggi dan selalu update dengan perkembangan dunia. Pada bidang marketing, peran pekerjaan ini amatlah penting. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi dan tingginya penggunaan internet serta media sosial.

Tugas dari seorang freelance yang memiliki kemampuan ini adalah mengelola akun berbagai media sosial misalnya Facebook, Instagram, Twitter hingga Youtube.  Produk-produk dari suatu perusahaan harus mereka tawarkan dengan gaya yang menarik sehingga dapat menarik konsumen dan meningkatkan penjualan perusahan. Untuk profesi ini, Anda dapat menghasilkan gaji hingga Rp. 400 juta per tahunnya.

Penulis

Penulis membiayai dirinya sendiri dari hasil tulisannya. Anda yang memiliki kegemaran di bidang penulisan dapat menekuni pekerjaan ini. Misalnya dengan membuat blog Anda sendiri. Saat ini menjadi blogger merupakan pekerjaan yang mampu menghasilkan uang yang tidak sedikit. Blogger menulis untuk dirinya dan diunggah di halaman situs yang mereka buat sendiri.

Situs ini ada yang berbayar ataupun gratis. Untuk mendapatkan uang umumnya para blogger akan memanfaatkan iklan-iklan yang dapat Anda taruh pada halaman blog. Pendapatan blogger berasal dari iklan yang tayang. Selain itu, blogger juga dapat bekerjasama dengan situs pemberi komisi untuk iklan mereka. Pendapatan seorang freelance penulis sebagai blogger ini mampu menghasilkan hingga Rp. 10.000.000,-.

Demikianlah sekilah mengenai gaji freelance saat ini, semoga bermanfaat.

Leave a Comment