5 Fungsi Pemasaran Yang Wajib Diketahui

Fungsi pemasaran memiliki peranan besar bagi sebuah bisnis. Dalam sebuah bisnis, ketika produk sudah siap dilempar ke pasar, diperlukan strategi pemasaran yang baik agar produk tersebut bisa terjual sesuai dengan apa yang direncanakan. Disinilah diperlukan fungsi pemasaran tersebut.

Sebelumnya, mari kita bahas sedikit mengenai apa itu pemasaran. Pengertian pemasaran sendiri, menurut American Marketing Association adalah sebagai berikut.

Pengertian Pemasaran adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. Click To Tweet

Saya sudah menulis sebuah artikel yang membahas pemasaran secara mendalam. Anda dapat mempelajari pemasaran secara lebih detil lewat artikel tersebut.

Pasar atau pemasaran merupakan dua istilah yang hampir sama, namun memiliki makna yang berbeda. Pemasaran berarti kegiatan mempromosikan produk-produk yang dihasilkan agar dapat diketahui oleh banyak orang.

Fungsi Pemasaran

Berikut ini adalah beberapa fungsinya:

1.  Barang Dapat Dikenal Oleh Calon Konsumen 

Fungsi pemasaran yang pertama adalah pemerataan barang hasil produksi. Barang atau produk yang dihasilkan menjadi lebih dikenali oleh konsumen. Dengan demikian, semakin banyak yang mengenalinya maka akan semakin banyak memperoleh peluang untuk mendapatkan calon konsumen. 

Pemerataan produk yang dihasilkan hingga sampai ke tangan konsumen, dipengaruhi oleh sebagian besar tenaga marketing yang berperan untuk memperluas pemasaran. Baik melalui cara promosi langsung, maupun menggunakan media lainnya sebagai media promosi. 

2. Meningkatkan Target Penjualan 

Semakin banyak yang mengetahui produk tersebut, maka peluang untuk mendapatkan calon konsumen akan semakin besar. Sehingga dapat meningkatkan kuantitas penjualan.  Hal tersebut penting dilakukan, terutama bagi mereka yang akan meningkatkan penjualan. 

Setiap perusahaan dalam perencanaan bisnisnya selalu menentukan target penjualan. Penjualan yang mencapai target, senantiasa dapat menjalankan operasional perusahaan dengan baik. Bahkan faktor yang dipertimbangkan oleh para investor adalah penjualan yang terus meningkat. 

3. Menambah Keuntungan 

Pengaruh yang tidak langsung dari fungsi pemasaran adalah menambah keuntungan. Hal tersebut dikarenakan keuntungan didapat dari penjualan. Dengan demikian, semakin bertambahnya penjualan, maka semakin mudah untuk memperoleh keuntungan. 

Penjualan yang terus meningkat, merupakan salah satu ciri dari perusahaan yang sehat. Hal tersebut tentunya dapat menarik para investor untuk dapat menginvestasikan uangnya kepada perusahaan tersebut. Dengan demikian, perusahaan bisa mengembangkan lagi bisnisnya. 

4. Memperluas Jaringan Bisnis 

Dalam setiap pemasaran tentunya akan berhubungan dengan distributor dan agen, yang merupakan pihak yang berperan penting dalam mengembangkan usaha. pentingnya untuk memperluas jaringan agar produk yang dihasilkan dapat dijual sesuai dengan targetnya. 

Bisnis akan tumbuh berkembang dengan baik, apabila memiliki jaringan yang luas. Jaringan akan turut serta membantu dalam meningkatkan penjualan, yang tentunya memiliki pengaruh yang berbanding lurus untuk mendapatkan keuntungan pada perusahaan tersebut. 

5. Mengetahui Perilaku Kompetitor 

Dalam pemasaran, tentunya akan lebih banyak tahu kelebihan dan kekurangan kompetitor. Hal ini merupakan bagian dari faktor penunjang yang harus dipertimbangkan, kenapa barang menjadi tidak laku? Atau pertanyaan lainnya terkait dengan pemasaran. 

Berinteraksi langsung dengan pasar, dimana konsumen sebagai pengguna produk banyak terdapat di sana, dapat mengetahui tingkah laku konsumen untuk memutuskan menggunakan produk tertentu. Hal tersebut secara tidak langsung dapat menilai pelaku bisnis untuk mengetahui perilaku kompetitornya, dan strategi marketing yang dilakukannya. 

Barang yang telah selesai diproduksi tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya pemasaran yang. Oleh sebab itu, fungsi pemasaran berperan penting di sini. Dengan demikian, barang yang telah diproduksi dapat tersalurkan dengan baik. 

Share via