Fungsi Artikel

Artikel merupakan salah satu jenis tulisan yang berisi ide, pendapat, dan fakta yang bersifat mengkritik, mendidik, serta menghibur. Tulisan tersebut biasanya akan disebarluaskan melalui media cetak maupun secara online. Terdapat beberapa fungsi artikel yang sangat penting, baik bagi penulis maupun pembaca. Tidak hanya berfungsi sebagai penyampai informasi, artikel juga menjadi sarana untuk berdiskusi.

Semua orang dapat menulis artikelnya sendiri dengan ciri khas tulisan yang berbeda-beda dari setiap individu. Di Indonesia, kini sudah banyak platform daring yang bisa di akses secara gratis bagi seseorang yang ingin menulis dan mempublish artikel miliknya. Sebelum menulis, berikut ini informasi mengenai pengertian artikel dan fungsinya yang harus diketahui.

Pengertian Artikel

Artikel adalah suatu karangan berbentuk esai yang berisi sebuah fakta atau gagasan yang disampaikan secara objektif. Tujuannya yaitu untuk meyakinkan, membujuk, serta menghibur pembaca. Sedangkan, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), artikel merupakan karya yang telah ditulis lengkap, misalnya laporan berita di majalah, surat kabar, dan lain-lain.

Konten yang ada dalam artikel pun beragam dan disesuaikan dengan topik yang dibahas. Misalnya artikel mengenai argumen tentang topik yang sedang ramai di perbincangkan, tutorial atau konten pembelajaran, maupun informasi historis. Jenis tulisan tersebut biasanya akan diterbitkan pada media cetak atau online untuk berbagai keperluan sesuai dengan fungsi artikel.

Fungsi dari Artikel

Artikel memiliki konten yang beragam berdasarkan pembahasan topik tertentu. Penulis dapat menulis berbagai pembahasan mulai dari hiburan, politik, hingga edukasi. Terdapat beberapa fungsi yang perlu diketahui sebelum menulis, antara lain:

1. Tempat Diskusi dan Sosialisasi Gagasan

Sebagai seorang penulis, seseorang pasti memiliki pemikiran mengenai kekhawatirannya terhadap sesuatu yang terjadi dalam kesehariannya. Selanjutnya, penulis akan menentukan sikap dan menilai terhadap persoalan tersebut melalui sebuah tulisan. Tentunya dengan memperhatikan kejujuran, kebenaran, keadilan, demokrasi, norma-norma sosial agama, serta hal lainnya bersifat normatif dan universal.

2. Penerjemah dan Menganalisis Berita

Surat kabar, artikel, majalah atau tabloid berfungsi sebagai penerjemah dan menganalisis berita yang dilakukan oleh para ahli pada bidangnya masing-masing. Fungsi artikel tersebut untuk mengumpulkan fakta yang ada dalam sebuah berita menjadi cakupan yang lebih tegas, jelas, serta mudah dipahami oleh pembaca.

3. Memberikan Kontribusi Pemikiran dan Solusi Terhadap suatu Permasalahan

Dalam menulis sebuah artikel, seseorang tidak hanya sekedar menyampaikan informasi saja tetapi juga memberikan kontribusi pemikiran. Seorang penulis dapat menyampaikan pemikirannya untuk mencari solusi terhadap suatu permasalahan yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat.

4. Sarana Aktualisasi dan Eksistensi Diri

Sebagai fungsi artikel, menulis menjadi salah satu cara aktualisasi dan menunjukkan eksistensi diri. Tidak sedikit penulis yang secara sadar menulis artikel untuk mengembangkan diri serta dapat dikenal banyak orang melalui tulisannya.

Demikian ulasan mengenai fungsi artikel dan pengertiannya yang perlu diketahui.  Artikel dibuat sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan atau fakta mengenai pembahasan yang sedang terjadi di masyarakat. Penulis dapat menunjukkan kontribusinya dengan memberikan solusi dan pemikirannya terhadap suatu permasalahan. Sehingga menulis artikel harus dilakukan secara objektif dan universal.