Fitur Hashtag Facebook Terbaru 2020

Tahukah anda ada fitur hashtag Facebook terbaru? Info ini baru saja saya ketahui dari sebuah artikel di socialmediatoday.com yang berjudul Facebook Promotes the Use of Hashtags on Posts – But Will it Improve Post Reach?

fitur hashtag baru facebook berita
fitur hashtag baru facebook

Jika Anda menjalankan halaman bisnis Facebook, mungkin anda telah menyadari hal ini. Karena Facebook mulai memunculkan saran hashtag kepada Anda dalam beberapa hari terakhir.

Saya ada membuat video khusus yang membahas masalah ini :

Yuk mari kita masuk ke pembahasannya

Fitur Hashtag Facebook

Dari gambar di atas sudah terlihat bagaimana Facebook berusaha untuk membuat anda menerapkan fitur hashtag ini. Agar lebih jelas saya coba tampilkan kembali gambar yang tidak terpotong.

contoh fitur hashtag baru facebook
contoh fitur hashtag baru facebook

Ya, Facebook tampaknya ingin sekali lagi meningkatkan penggunaan tagar. Tetapi pertanyaannya haruskah Anda menggunakan hashtag?

Akankah menggunakan hashtag pada kiriman Facebook Anda akan benar-benar meningkatkan jangkauan organik dari kiriman tersebut?

Bagi anda yang sudah sejak lama menggunakan Facebook tentu mengetahui bahwa Facebook memiliki sejarah panjang jika menyangkut hasgtag ini.

Facebook pertama kali memperkenalkan fitur hashtag pada tahun 2013, sepertinya ini dilakukan untuk menyaingi Twitter ketika itu. Tetapi pengguna Facebook sepertinya tidak menyukai fitur ini, sehingga sangat sedikit yang menggunakannya.

Jika yang menggunakan hasgtag pada kiriman jumlahnya sedikit, apalagi jumlah orang yang menggunakan hashtag untuk melakukan pencarian.

Kita bisa merujuk pada hasil studi yang dilakukan oleh BuzzSumo pada tahun 2016. Studi ini menganalisis lebih dari satu miliar posting Facebook dari lebih dari 30 juta halaman bisnis Facebook. maka hasilnya seperti berikut ini.

Jika anda perhatikan pada halaman empat itu terlihat perbandiangan jumlah interaksi antara kirim dengan hashtag dan kiriman tanpa hashtag. Dan anda tahu kira-kira yang mana yang lebih banyak mendapatkan interaksi dari pengguna Facebook?

Sayang sekali jawabannya adalah kiriman tanpa hashtag.

Para pemain Facebook marketing organik sudah lama tahu bahwa hashtag atau tagar di Facebook itu tidak mendatangkan manfaat apa pun. Pengguna Facebook tidak mencari konten dengan hashtag, mereka akan langsung mencari seperti ketika menggunakan Google.

Pelajari berbagai teknik Facebook marketing pada link berikut ini :

Apakah Fitur Hashtag Facebook Akan Mendapat Sambutan Baik?

Pertanyaannya, apakah setelah beberapa tahun fakta studi BuzzSumo itu dapat berubah?

Untuk memastikan hal tersebut, Facebook bahkan telah melakukan banyak usaha untuk membuat fitur hashtag ini kembali digunakan. Dalam sebuah artikel Mari Smith menyampaikan beberapa hal yang telah dilakukan oleh facebook terkait dengan hashtag ini.

Menampilkan Notifikasi Hashtag

Berikut ini contoh notifikasi, berupa saran untuk menggunakan hashtag

fitur hashtag baru facebook notifikasi
notifikasi fitur hashtag facebook

Saran Hashtag Otomatis

Jika anda mulai mengetik hashtag, maka Facbook akan segera menampilkan beberapa hashtag yang sesuai.

fitur baru hashtag facebook otomatis
fitur baru hashtag facebook otomatis

Uji Coba Tombol Buat Kiriman

Facebook mengujicoba tombol ‘Buat Kiriman’ pada posting dengan hashtag tertentu. Berikut ini contohnya :

tombol buat kiriman dengan hashtag
tombol buat kiriman dengan hashtag

Desain Baru Halaman Hashtag

Bahkan facebook memberikan desain baru pada halaman hashtag untuk membuatnya lebih menarik hingga lebih disukai pengguna.

desain baru halaman hashtag
desain baru halaman hashtag

Simpulan

Facebook dengan gencar mempromosikan fitur hashtag ini. Namun anda sebagai pengguna harus bijaksana dalam menggunakannya.

Dalam dunia digital marketing seperti saat ini, tidak ada teknik marketing yang dapat anda pastikan hasilnya kecuali dengan melakukan ujicoba. Oleh karena itu silakan ujicoba fitur ini, dan anda akan tahu seberapa efektif fitur ini untuk bisnis anda.

Demikianlah artikel mengenai fitur hashtag Facebook ini. Semoga bermanfaat.