Fitur Backup Data Facebook

Baru-baru ini ada update Facebook terbaru, khususnya mengenai fitur backup data Facebook. Seperti yang anda ketahui, fitur ini bukanlah hal yang baru, fitur ini sudah dirilis dan sudah dapat anda gunakan.

Berikut ini videonya.

Lalu apa yang diupdate? Apakah artikel ini hanya clickbait? Hehe..

Tentu bukan click bait ya. Informasi ini saya dapat langsung dari Newsroom Facebook, jadi 100% valid. Lalu apa yang baru? Berikut ini penjelasannya.

Sumber Informasi Update Facebook Terbaru

Seperti yang telah saya sampaikan di atas bahwa informasi ini saya dapatkan langsung dari Facebook. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai kebenarannya.

berita update facebook fitur backup data
berita update facebook fitur backup data

Seperti yang terlihat pada screenshot di atas, bahwa fitur ini baru saja dirilis tanggal 3 September 2020 [1]. Berita ini ditulis oleh Steve Satterfield, Director of Privacy and Public Policy di Facebook.

Fitur Backup Data Facebook

Sekarang anda dapat melakukan backup data di Facebook. Kemudian backup data berupa foto dan video itu dapat ditransfer langsung ke dua layanan tambahan baru yaitu Dropbox dan Koofr.

Perlu anda ketahui bahwa fitur ini pertama kali dirilis adalah awal tahun 2020 ini. Saat pertama kali dirilis, yang tersedia hanyalah backup ke Google Photos.

Dan dengan dirilis fitur terbaru ini maka anda memiliki tiga pilihan dalam melakukan backup foto dan video, yaitu :

  • Google Photos
  • DropBox
  • Koofr (biasa digunakan di Eropa)

Cara Backup Foto Dan Video Facebook

Berikut ini adalah tatacara backup data yang dapat anda lakukan. Cukup lima langkah saja, jadi tidak terlalu panjang.

Pertama

Masuk ke bagian Pengaturan kemudian pilih Informasi Facebook Anda. Pada bagian ini Anda juga dapat memeriksa pengaturan privasi Anda dan meninjau log aktivitas Anda

Bahkan anda juga dapat menggunakan Akses Informasi Anda dari Facebook dan Unduh Informasi Anda dari ponsel atau desktop.

Anda juga dapat mengakses fitur ini dari link berikut.

https://www.facebook.com/dtp/

Saya sarankan menggunakan laptop atau desktop. Pertama kali saya mencoba menggunakan smartphone, saya agak kesulitan.

Kedua

Pilih Transfer Salinan Foto atau Video Anda. Klik Transfer Salinan Foto dan Video Anda ‘untuk mulai mentransfer ke layanan lain.

pilih tujuan transfer data facebook
pilih tujuan transfer data facebook

Kemudian anda juga diminta memilih antara foto dan video. Karena anda tidak bisa melakukan backup fota dan video secara bersamaan.

Ketiga

Masukkan password anda untuk melakukan identifikasi. Ini diperlukan agar tidak sembarang orang bisa melakukan tranfer data.

Keempat

Pilihlah tujuan transfer yang anda inginkan

Kelima

Lakukan konfirmasi untuk proses transfer. Jika sudah sampai disini berarti anda sudah selesai. Setelah proses transfer berhasil maka anda akan mendapatkan notifikasi via email.

Simpulan

Dengan adanya fitur ini anda lebih mudah melakukan backup terhadap foto dan video dari Facebook. Saran saya lebih baik melakukan backup ke Google Photos saja, karena Google Photos menawarkan paket gratis tapi unlimited untuk foto dan video.

Referensi

  1. News Room Facebook.

Demikianlah artikel singkat mengenai fitur backup data facebook, semoga bermanfaat.

Leave a Comment