projasaweb logo

Event Google Analytics 4

Estimasi Waktu Baca 5 Menit

Event Google Analytics 4 adalah interaksi pengguna dengan situs atau aplikasi Anda. Event adalah cara utama penyajian data dalam Google Analytics 4 (GA4).

GA4 diperkenalkan sebagai alat analisis berbasis event di mana semuanya adalah event, baik itu tampilan halaman (pageview), penjualan ataupun yang lainnya.

Tujuan utamanya adalah untuk mengubah cara data ditampilkan agar fokus pada pengguna, terutama perjalanan pengguna (customer journey) dari kunjungan pertama ke konversi akhir. Pelacakan peristiwa adalah salah satu fitur paling canggih dari GA4.

Apa Itu Event Dalam Google Analytics 4?

Event adalah interaksi pengguna dengan konten yang dapat diukur secara independen dari situs atau aplikasi. Data yang terlihat di laporan Google Analytics 4 berasal dari peristiwa yang dipicu saat pengguna berinteraksi dengan situs web atau aplikasi Anda.

Catatan: Event Google Analytics 4 dikelompokkan menggunakan Rolling Window untuk meningkatkan kinerja. Jika Anda mengirim banyak event dalam waktu singkat, maka hanya satu saja yang akan dikirim dari gtag.js.

Limitasi Event Google Analytics 4

Google Analytics tidak akan mencatat event, parameter event, dan properti pengguna yang melebihi batas atau limit berikut ini.

  1. Jumlah event yang diberi nama berbeda limitnya 500 event.
  2. Nama event limitnya 40 karakter.
  3. Jumlah parameter per event limitnya 25 parameter.
  4. Nama parameter limitnya 40 karakter.
  5. Value parameter limitnya 100 karakter.

Jenis Event Google Analytics 4

Ada beberapa jenis event yang dapat Anda gunakan pada Google Analytics 4:

Automatically Collected Events

Sesuai dengan namanya event jenis ini akan secara otomatis dilacak oleh Google Analytics. Setidaknya ada tiga event untuk web dan aplikasi yang secara otomatis dikumpulkan dan dicatat dalam Google Analytics 4.

session_start

Event ini diaktifkan saat pengguna terlibat dan memulai sesi baru dengan situs web (atau aplikasi).

first_visit

Saat pertama kalinya pengguna mengunjungi situs web atau menjalankan aplikasi.

user_engagement

Event ini diaktifkan 10 detik setelah pengguna tetap berada di halaman. Begitulah cara Google Analytics mendefinisikan tingkat keterlibatan atau engagement di halaman.

Selain itu ada 31 event lain yang diterapkan khusus untuk aplikasi.

Enhanced Measurement

Event Enhanced Measurement dikumpulkan secara otomatis jika Anda telah mengaktifkan pengukuran yang disempurnakan. 

page_view

Event page_view ini aktif setiap kali halaman dimuat atau status riwayat browser diubah oleh situs yang aktif. Event ini dikumpulkan secara otomatis dan Anda tidak dapat menonaktifkannya.

Karena event ini mampu mencatat perubahan riwayat browser, maka event ini juga efektif pada Single Page Application (SPA) yang tidak melakukan reload halaman ketika pergantian konten.

Pengaturan lanjutan pada opsi ini mengontrol apakah event ini dikirim berdasarkan riwayat browser atau tidak. Opsi pengukuran ini mengamati pushState, popState, dan replaceState.

Parameter : page_location (page URL), page_referrer (page URL sebelumnya).

scroll

Event scroll ini aktif pertama kali pengguna mencapai bagian bawah setiap halaman yaitu, ketika mencapai kedalaman vertikal 90% dari halaman tersebut.

Parameter : event ini tidak memiliki parameter.

click

event ini disebut juga outbound clicks, akan aktif setiap kali pengunjung mengklik tautan yang mengarahkan mereka keluar dari domain Anda.

Tautan ke domain yang dikonfigurasi untuk pengukuran lintas domain (di pengaturan Tagging Settings) tidak akan memicu event ini.

Parameter : link_classes, link_domain, link_id, link_url, outbound (boolean)

view_search_results

view_search_results disebut juga site search, event ini aktif setiap kali pengunjung melakukan penelusuran di situs Anda (berdasarkan parameter kueri).

Secara default, peristiwa hasil penelusuran akan diaktifkan setiap kali laman dimuat dengan parameter kueri penelusuran umum di URL. Sesuaikan parameter yang digunakan pada pengaturan lanjutan.

Parameter : search_term dan secara opsional

‘q_<key tambahan="">’

di mana key tambahan cocok dengan parameter kueri tambahan yang Anda tentukan di pengaturan lanjutan.

File Download

Event ini aktif ketika pengguna mengklik tautan yang mengarah ke file dengan jenis file berikut:

  • document
  • text
  • executable
  • presentation
  • compressed file
  • video
  • audio

Atau dalam ekstensi berikut :

  1. pdf
  2. xlsx?
  3. docx?
  4. txt
  5. rtf
  6. csv
  7. exe
  8. key
  9. pp(s|t|tx)
  10. 7z
  11. pkg
  12. rar
  1. gz
  2. zip
  3. avi
  4. mov
  5. mp4
  6. mpe?g
  7. wmv
  8. midi?
  9. mp3
  10. wav
  11. wma

Parameter : file_extension, file_name, link_classes, link_domain, link_id, link_text, link_url

Video Engagement

Secara default, event video ini akan diaktifkan secara otomatis untuk video YouTube yang disematkan di situs Anda dengan dukungan JS API diaktifkan. Event ini dapat merekam aktifitas pemutaran video, progres, dan saat video selesai ditonton.

Ada tiga event yang dapat Anda gunakan yaitu

  • video_complete : saat video selesai.
  • video_progress : ketika video melewati 10%, 25%, 50%, dan 75% durasi video secara keseluruhan.
  • video_start : saat video dimulai.

Parameter : video_current_time, video_duration, video_percent, video_provider, video_title, video_url, visible (boolean)

Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan event jenis ini secara keseluruhan ataupun satu persatu melalui halaman Admin dalam properti Google Analytics 4 Anda. 

Pada bagian Admin, klik Data Streams dan pilih data streams yang ingin sesuaikan.

pengaturan event enhanced measurement
pengaturan event enhanced measurement

Jika Anda sudah memilih data streamnya, maka akan muncul tampilan berikut ini.

event enhanced measurement
event enhanced measurement

Jika Anda ingin melakukan pengaktifan atau penonaktifan Event Enhanced Measurement, silakan klik ikon Settings pada bagian kanan bawah seperti terlihat pada gambar.

  1. Login ke Google Analytics.
  2. Klik Admin, lalu pilih property yang Anda inginkan.
  3. Pada kolom Property, klik Data Streams > Web.
  4. Pada bagian Enhanced measurement, klik pada tombolnya untuk mengaktifkan. Atau klik tombol Settings untuk mengedit opsi secara individual.

Recommended Events

Recommended Events adalah event yang Anda terapkan sendiri, tetapi memiliki nama dan parameter yang telah ditentukan oleh Google. 

Ini semacam konvensi atau ketentuan penamaan yang direkomendasikan oleh Google. Tujuannya adalah untuk kemudahan, memberi Anda laporan yang lebih mendetail dan memungkinkan Anda memanfaatkan fitur dan integrasi Analytics terbaru saat tersedia.

Recommended Events memiliki potensi yang sangat besar jika Anda terapkan dengan baik. Tidak saja untuk saat ini, tapi juga potensi di masa depan saat Google mengeluarkan berbagai fitur dan integrasi baru.

Jadi sebelum membuat custom event, pastikan Anda sudah memeriksa daftar Recommended Events. Jika memang tidak ditemukan dalam Recommended Events, barulah Anda membuat event dengan nama yang Anda inginkan.

Berikut ini beberapa link Recommended Events yang dirilis oleh Google semua properti ,  Ritel/E-niaga  ,  Pekerjaan/Pendidikan/Real estat ,  Perjalanan , dan  Permainan.

Custom Events

Custom Events adalah event yang Anda beri nama dan implementasikan sendiri. Sebelum menerapkan Custom Events, periksa apakah ada Automatically Collected Events, Enhanced Measurement atau Recommended Events yang sesuai dengan yang Anda butuhkan. Anda tidak perlu membuat lagi jika memang sudah disediakan.

Proses Perencanaan Nama Dan Parameter Event Google Analytics 4

Berikut ini infografis proses perencaan nama dan parameter event Google Analytics 4.

diagram proses perencanaan nama dan parameter event google analytics 4
diagram proses perencanaan nama dan parameter event google analytics 4

Jika anda memiliki pertanyaan, saran atau kritik sekalipun, jangan sungkan untuk menuliskan dikolom komentar ya, agar saya dapat melakukan perbaikan.

Demikianlah artikel tentang event Google Analytics 4. Semoga bermanfaat

Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.
Photo of author

Kanada Kurniawan

Merupakan founder dari Projasaweb. Aktif menulis tentang SEO, SEM dan Social Media serta perkembangan terbaru digital marketing.

Tinggalkan komentar

Share via