Pengertian Email Marketing

email marketing image

Apakah Anda tahu apa itu Email Marketing? Ini tempat yang tepat bagi Anda untuk mempelajari email marketing secara lebih mendalam.

Apa itu Email Marketing?

Mari kita merujuk pada wikipedia, pengertian email marketing adalah

Email marketing adalah tindakan mengirim pesan komersial, yang umumnya kepada sekelompok orang, menggunakan email.

Dalam arti luas, setiap email yang dikirim kepada calon pelanggan atau yang sudah jadi pelanggan dapat dianggap sebagai email marketing.

Ada banyak bentuk email marketing. Mulai dari mengirimkan penawaran produk, informasi terbaru, atau sekedar ucapan selamat ulang tahun yang disampaikan oleh perusahaan anda kepada pelanggan setia. Semua hal tersebut dimaksudkan untuk membangun kesetiaan, kepercayaan, atau kesadaran merek.

Email pemasaran dapat dikirim ke daftar email yang anda kumpulkan sendiri seperti database pelanggan anda. Atau database email yang dapat anda beli dari pihak ketiga.

Namun ingat, bahwa database email yang didapat tanpa persetujuan pemilik email umumnya tidak akan memberikan manfaat besar pada bisnis anda. Justru malah bisa mendatangkan dampak buruk.

Gambaran Email Marketing

Dino merupakan seorang pengusaha yang memiliki stok produk banyak di rumahnya. Ia memiliki target bahwa dalam 1 bulan, stok tersebut harus habis bagaimana pun caranya. Oleh karenanya, ia meminta bantuan SEO, Facebook Ads dan juga Google Adwords untuk memasarkan produknya lalu mengarahkan pembaca iklannya untuk mengunjungi website.

Tidak memakan waktu lama, ternyata usahanya itu membuahkan hasil. Bisnisnya semakin mengalami peningkatan yang signifikan. Ia bahkan tidak hanya memperoleh profit yang cukup besar, tetapi juga memperoleh alamat email dan nomor HP yang ia anggap sebagai harta karun nya.

Harta karun itu lantas ia manfaatkan untuk memperoleh pelanggan. Ia selalu mengirim email ke semua alamat yang diperolehnya. Alhasil, ada beberapa pembeli lama yang merespons pesannya dan akhirnya kembali melakukan transaksi jual beli yang semakin besar lagi.

Dari situ, Dino sadar bahwa usahanya dengan mengirim email ke pelanggannya itu memberikan dampak positif untuk bisnisnya. Dia akhirnya menggunakan layanan email marketing yang akan membantunya dalam menjalankan bisnis, tentunya dalam kasus kirim mengirim pesan di email.

Sejak saat itu, Dino selalu rutin mengirimkan email kepada pelanggannya dan terbukti hal itu dapat memberikan peluang besar untuk memperoleh repeat order dan juga profit yang besar.

Dari gambaran di atas, tentu Anda sudah lebih paham tentang istilah email marketing ini, bukan? Untuk itu, mari simak pembahasan selanjutnya tentang email marketing yang sudah dirangkum secara ringkas. Berikut akan disajikan definisi dari email marketing yang saya peroleh dari sumber-sumber terpercaya.

Bagaimana Prinsip Cara Penggunaan Email Marketing Itu?

Setelah tahu apa itu email marketing, langkah selanjutnya yakni mencari tahu bagaimana prinsip penggunaannya. Umumnya, ada 2 prinsip yang perlu Anda ketahui, yakni penggunaan secara manual dan dengan menggunakan tools.

Penggunaan secara manual maksudnya dengan cara mengirim email satu per satu. Anda harus meng-input satu per satu email untuk dikirimi pesan. Hal ini tentunya akan memakan waktu banyak jika email tujuannya berjumlah puluhan bahkan ratusan.

Namun, cara itu tidak tepat jika Anda memiliki alamat email tujuan yang jumlahnya mencapai ribuan. Di samping itu, tidak menutup kemungkinan penerima pesan akan menganggap itu adalah SPAM yang menumpuk di email mereka.

Oleh karenanya, Anda memerlukan tool email marketing agar pekerjaan Anda lebih mudah. Apa namanya? namanya adalah KIRIM EMAIL, sebuah software yang isinya adalah layanan email marketing. Dengan tools ini, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengiriman email secara massal tanpa khawatir penerima akan menganggap itu SPAM.

Sebelumnya, Anda harus membuat list email tujuan. Lalu, atur tanggal pengiriman. Setelah itu, klik saja 1 tombol kirim maka secara otomatis email akan terkirim ke semua alamat tujuan.

Untuk bisa berlangganan KIRIM EMAIL, Anda bisa memulai dengan berlangganan Rp99.000 per bulannya untuk 1000 kontak. Jika tertarik, cek penawarannya di sini.

Mengetahui Tentang Email Marketing dari Para Ahli

Jika terhitung, sudah ada banyak sekali ahli dan juga praktisi yang bisa Anda jadikan inspirasi. Siapa itu para ahli email marketing? Mereka adalah orang-orang yang bekerja sebagai email marketer yang profesional. Bisa dikatakan bahwa mereka sudah memperoleh banyak uang dari menggunakan email marketing untuk bisnis mereka. Berikut adalah nama-nama para ahli itu:

  1. Ryan Deiss

Ryan Deiss yang berprofesi sebagai pendiri serta CEO digital marketer. Ryan dan timnya, sudah melakukan investasi dengan jumlah lebih dari 15 juta dollar untuk tes marketing selama 36 bulan terakhir. Ia berhasil memperoleh puluhan juta pengunjung dari 1 miliar email yang dikirimi nya, dan telah menjalankan kurang lebih 3000 split test.

Ryan tidak hanya berprofesi sebagai CEO saja, ia juga merupakan pembicara seta konsultan yang sangat dicari. Ia bahkan sudah mempengaruhi 200.000 lebih bisnis di 68 negara yang tidak sama.

Jika Anda tertarik untuk belajar dengan ahli ini, cek profil nya di web.facebook.com/ryandeiss,www.whoisryandeiss.com, www.digitalmarketer.com/author/ryan-deiss, ataupun twitter.com/ryandeiss.

  1. Ben Settle

Ben Settle merupakan ahli copywriting email profesional. Ia sudah mengajarkan metode yang dikembangkannya sendiri, ke beberapa perusahaan besar yang menerapkan direct selling, yang tentu sangat bergengsi di dunia.

Jika Anda tertarik belajar dengannya, Sangatlah mudah cek link ini bensettle.com, twitter.com/bensettle,atau www.copyslacker.com.

  1. Noah Kagan

Noah Kagan merupakan pengusaha internet asal Amerika yang juga merupakan seorang founder dari Sumo.com dan Appsumo.com, yang biasa dikenal dengan Sumo Group. Jika Anda tertarik untuk belajar dengannya, langsung saja klik link ini okdork.com, twitter.com/noahkagan.

Nah, itu tadi pengertian dan juga definisi dari email marketing yang perlu Anda ketahui. Jika Anda masih bingung, Anda bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Anda juga bisa memberikan saran dan juga kritik untuk artikel ini. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini ke akun sosial media Anda ya! Agar manfaat dari isi artikel ini bisa dirasakan juga oleh teman-teman Anda.

 

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Howdy,
Search exact
Search sentence
Please go to Appearance >> Widgets to add more useful widgets into WPAS Sidebar.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.