Ekuitas Merek : Pengertian, Manfaat, Dimensi

Apakah anda tahu pengertian ekuitas merek? Brand equity atau ekuitas merek adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam memilih dan membeli sebuah produk.

Dengan ekuitas merek yang tinggi, Anda akan mendapatkan loyalitas atau kesetiaan pelanggan. Hal ini karena brand equity membuat konsumen percaya dengan kualitas produk Anda.

Dalam artikel pengertian merek, kita sudah sempat membahas sedikit mengenai brand equity ini.

ekuitas merek pengertian merek
pengertian merek

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas secara lebih detil mengenai ekuitas merek.

Pengertian Ekuitas Merek Menurut Ahli

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian ekuitas merek menurut para ahli, berikut penjelasannya :

Pengertian Ekuitas Merek Menurut David Aaker

Menurut David Aaker, ekuitas merek adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan nilai yang diakui serta dimiliki oleh merek, berdasarkan gagasan bahwa merek yang kuat dan bereputasi lebih sukses.

pengertian ekuitas merek david aaker
pengertian ekuitas merek david aaker

Lebih detil, David Aaker menjelaskan bahwa pengertian ekuitas merek adalah sebagai berikut.

Ekuitas merek adalah serangkaian aset dan kewajiban merek yang ditautkan dengan nama dan simbol merek, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh suatu produk atau layanan.

Pengertian Ekuitas Merek Menurut Kotler – Keller

Dalam bukunya yang berjudul marketing manajemen, Philip Kotler dan Keller menjabarkan mengenai pengertian ekuitas merek.

pengertian ekuitas merek philip kotler keller
pengertian ekuitas merek kotler keller

Dalam buku tersebut, pada chapter 11 halaman 324, Kotler dan Keller menjelaskan pengertian ekuitas merek sebagai berikut.

Ekuitas merek adalah nilai tambah yang diberikan pada produk dan layanan. Ini dapat tercermin dalam cara konsumen berpikir, merasakan, dan bertindak sehubungan dengan merek, serta harga, pangsa pasar, dan profitabilitas yang merek untuk perusahaan.

Pengertian Ekuitas Merek Menurut Wikipedia

Menurut wikipedia berbahasa Inggris, pengertian ekuitas merek adalah sebagai berikut :

Ekuitas merek adalah frasa yang digunakan dalam industri pemasaran mengacu pada nilai yang dirasakan dari suatu merek dalam dirinya sendiri — yaitu, nilai sosial dari nama merek terkenal.

Hal ini didasarkan pada gagasan bahwa pemilik nama merek terkenal dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan hanya dari pengakuan merek, karena konsumen menganggap produk merek terkenal lebih baik daripada merek yang kurang dikenal.

Dengan kata lain, ekuitas merek mengacu pada pencitraan merek produk pada publik yang kurang perhatian.

Manfaat Ekuitas Merek (Brand Equity)

Semua perusahaan atau pelaku bisnis pasti menginginkan brand mereka memiliki kekuatan sehingga sangat dipercaya oleh konsumen. Berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan memiliki brand yang kuat atau disebut brand equity, antara lain:

  1. Tahan Terhadap Persaingan Bisnis

Bagaimana pengaruh brand equity pada persaingan bisnis? Jawabannya bisa Anda lihat pada brand iPhone dan Samsung yang tetap laris meski banyak brand baru yang jauh lebih murah. Dengan membangun brand yang kuat, konsumen akan menaruh kepercayaan dan loyalitas mereka pada brand tersebut. Merek yang punya kekuatan brand tidak perlu khawatir dengan kompetitor karena mereka punya pelanggan setia.

  1. Tak Perlu Takut atau Khawatir Menaikkan Harga

Semakin lama semakin banyak saja brand Handphone baru yang menawarkan harga sangat murah dengan fasilitas lengkap. Namun, bagi brand yang sudah besar dan memiliki equity, menaikkan harga pun tidak akan jadi masalah. Merek dengan brand equity yang tinggi dikenal oleh masyarakat sebagai merek berkualitas. Jadi, dengan harga yang mahal pun, konsumen masih rela membeli karena tahu kualitasnya bagus.

  1. Mengalahkan Kompetitor dengan Diferensiasi Produk

Sebuah brand yang kuat, tidak perlu khawatir menaikkan harga produk atau meluncurkan produk baru yang lebih mahal dari kompetitor. Hal ini karena pelanggan mereka sudah trust atau percaya dengan kualitas dari brand equity tersebut. Selanjutnya, perusahaan yang memiliki brand equity akan membuat diferensiasi produk untuk menguasai pasar sehingga kompetitor pun terkalahkan.

Setelah mengetahui manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dari brand equity, apakah Anda masih ragu untuk membangun brand? Anda bisa melakukan banyak hal untuk membantu menaikkan brand equity, namun pahami dulu empat dimensi brand equity. Keempat dimensi tersebut antara lain pengetahuan terhadap brand, kualitas, asosiasi dan kesetiaan brand.

Empat Dimensi Ekuitas Merek

Dalam sebuah artikel di Prophet.com, David Aaker menjelaskan mengenai dimensi ekuitas merek :

empat dimensi ekuitas merek
empat dimensi ekuitas merek
  1. Kesadaran Merek (Brand Awareness) yaitu kemampuan pelanggan untuk mengenali atau mengingat kembali sebuah merek dan mengaitkannya dengan satu kategori produk tertentu. Untuk mempelajari bradn awareness secara lebih mendalam silakan baca artikel berikut ini Brand Awareness.
  2. Persepsi Kualitas (Perceived Quality) yaitu menggambarkan respons keseluruhan pelanggan terhadap kualitas dan keunggulan yang ditawarkan merek.
  3. Asosiasi Merek (Brand Associations) yaitu berkenaan dengan segala sesuatu yang terkait dalam memori pelanggan terhadap sebuah merek.
  4. Loyalitas Merek (Brand Loyalty) yaitu komitmen kuat dalam berlangganan atau membeli kembali suatu merek secara konsisten di masa mendatang.

Dimensi pertama hingga ketiga merupakan dasar yang perlu dipenuhi dan menjadi tolak ukur brand Anda akan diterima konsumen atau tidak. Sedangkan yang keempat adalah bonus yang Anda dapatkan jika ketiga dimensi tersebut terpenuhi.

Cara Meningkat Ekuitas Merek

Berikut ini beberapa implementasi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand equity, antara lain:

  1. Membuat Variasi dalam Aktivitas Marketing

Variasi dalam aktivitas marketing sangat diperlukan untuk menjaring lebih banyak konsumen yang tertarik dan membeli produk Anda. Aktivitas marketing bisa dilakukan mulai dari marketing konvensional hingga yang modern dan memanfaatkan teknologi dan internet. Perhatikan value yang bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis marketing yang Anda lakukan untuk mengukur seberapa banyak konsumen yang tertarik.

  1. Membangun Networking

Selain marketing, aktivitas networking juga penting dilakukan untuk memperluas jaringan bisnis Anda. Anda harus mulai membiasakan diri untuk berinteraksi dengan banyak orang tanpa tujuan promo atau juan beli produk. Dengan membangun networking dan memperluas jaringan, secara tidak langsung semakin banyak orang yang mengenal brand Anda.

  1. Mengadakan Event

Membuat atau mengadakan event bisa dikatakan sebagai langkah jitu dalam membangun brand equity. Dengan mengadakan event, Anda bisa melakukan aktivitas jual beli, promosi, pengenalan produk, bahkan hanya menjadi sponsorship dan lain sebagainya. Dengan begitu, akan lebih banyak orang yang melihat, mengenal dan mengingat brand Anda.

Nah, itulah informasi seputar apa itu ekuitas merek atau brand equity serta bagaimana cara membangunnya. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment