Dasar Copywriting : Persiapan Copywriter 2019

dasar copywriting image

Selamat datang di bab kedua tentang dasar copywriting. Sebelumnya kita telah membahas mengenai Apa Itu Copywriting pada bab pertama. Dalam bab ini anda akan mempelajari tentang berbagai persiapan yang perlu anda lakukan, sebelum menulis sebuah copy.

Jika anda belum membaca bab pertama, maka saya sangat menyarankan untuk membacanya terlebih dahulu.

Catatan yang anda ambil dari bab ini akan mengidentifikasi fitur-fitur produk yang menjadi kunci dan manfaat menarik bagi pelanggan anda. Mereka juga akan menentukan siapa target pelanggan anda, yang akan mempengaruhi bahasa yang anda gunakan dan bagaimana anda menulis. Akhirnya, bab ini akan memberikan sebuah dasar untuk mengajak mencetak yang menjual lebih banyak produk dan jasa.

Dasar Copywriting

Paling tidak ada ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum mulai menulis sebuah copy yaitu :

  1. Memahami Produk.
  2. Memahami Pelanggan.
  3. Memahami Teknik Persuasif.

Memahami Produk

Langkah pertama dalam proyek copywriting adalah benar-benar paham produk yang sedang anda jual.

David Olgilvy adalah seorang copywriter yang melegenda. Ia terkenal karena berhasil memenangkan konsep untuk iklan Rolls-Royce. Banyak yang menganggapnya sebagai salah satu iklan terbaik yang pernah ditulis.

Dan dengan copywriting tersebut penjualan Rolls-Royce pada tahun 1958 naik 50% dari tahun 1957. Dan iklan itu terus dijalankan hingga tahun 1962.

belajar dasar copywriting dari david ogilvy
belajar dasar copywriting dari david ogilvy (sumber:https://conversionxl.com/blog/quick-course-on-effective-website-copywriting/)

Nah yang wajib anda ketahui, waktu yang dibutuhkan David Olgilvy untuk membuat copywriting itu adalah tiga pekan.

Dan waktu tiga pekan itu dia gunakan untuk memahami produk yang akan dia jual yaitu mobil Rolls-Royce.

David Olgilvy membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan fitur unggulan yang mampu menjual produknya. Dan ini juga berlaku untuk anda.

Jangan anggap memahami produk adalah hal yang sepele. Sediakan waktu yang cukup untuk melakukannya. Dan lakukanlah dengan cermat dan teliti.

Memahami produk adalah langkah pertama proyek copywriting

Berita baiknya adalah sebagai pemilik usaha atau blog, anda sudah mengetahui produk anda luar dan dalam. Anda tahu fitur-fiturnya dan paham cara kerjanya, dan tidak asing dengan manfaat yang diperoleh oleh pelanggan.

Hal ini menawarkan titik awal yang bagus untuk menulis. Meskipun membutuhkan penelitian yang mendalam, anda dapat memulai dengan menulis apa yang anda ketahui. Anda tidak akan butuh menghabiskan berjam-jam untuk meneliti produk dan mengambil catatan.

Cara Memahami Produk Anda

Sebelum mulai menulis, lengkapi latihan berikut untuk menulis deskripsi tentang produk atau jasa anda. Setelah selesai, anda akan mengetahui setiap rincian dari apa yang anda sedang jual dan memiliki ide yang lebih baik tentang bagaimana cara menjualnya.

Cara paling jitu, untuk memahami produk adalah :

Membuat Sebuah Dokumen Yang Mendeskripsikan Produk Anda

Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Buat sebuah file Google doc atau Microsoft Word docx

Pertama, buatlah sebuah file dokumen yang berjudul “Deskripsi produk/jasa – NAMA PRODUK ATAU JASA ANDA”. Anda dapat menggunakan Google doc atau Word doc, tergantung kebiasaan anda.

Untuk kolaborasi bersama teman-teman satu tim, saya menyarankan menggunakan Google doc.

Untuk kepentingan artikel kali ini, sebagai contoh dokumen akan diberi judul “Deskripsi Produk – Alat Survei Yang Sederhana.”

  1. Deskripsikan produk atau jasa anda.

Untuk pertanyaan ini, berikan sebuah deskripsi sederhana tentang produk atau jasa yang akan anda tawarkan. Cukup dalam dua atau tiga kalimat.

Tidak perlu terlalu panjang atau terperinci. Cukup tulis deskripsi sederhana seperti ketika anda sedang mendeskripsikan produk ke pelanggan anda.

Contoh Jawaban :

Karena pada langkah satu kita mengambil judul ala survey, maka deskripsinya sebagai berikut:

Simple Survey Tool memudahkan perusahaan untuk mensurvei pengunjung website mereka dan mempelajari lebih banyak tentang mereka. Pemilik website dapat menanyakan satu atau beberapa pertanyaan, tergantung pada apa yang mereka suka untuk dipelajari. Survei akan muncul ketika pengunjung mengunjungi website.

  1. Sebutkan keunikan/keistimewaan produk / jasa anda.

Tujuannya langkah ini adalah untuk mengidentifikasi hal unik atau spesial tentang suatu produk.

    • Apa yang produk ini tawarkan namun tidak ditawarkan oleh produk lain?
    • Apakah dibuat di USA?
    • Apakah mudah untuk di instal?
    • Apakah menyediakan analitik yang situs lain tidak tawarkan?

Pada akhirnya, anda akan menggunakan ini untuk mengidentifikasi Unique Selling Proporsition  (USP). USP merupakan sesuatu yang unik yang perusahaan lain tidak tawarkan.

Apakah keunikan tentang produk ini? Apakah ada sesuatu yang membuatnya menang dari kompetisi? Tulis segala sesuatu tentang produk tersebut yang membuatnya spesial atau unik.

Contoh Jawaban :

Produk ini unik karena terdapat beberapa template survei yang mengijinkan pemilik situs untuk membuat survei berdasarkan pada praktik-praktik terbaik tanpa harus menjadi ahli survei.

Ini istimewa karena survei-surveinya mudah untuk dilaksanakan. Perusahaan-perusahaan dapat menginstal dengan menambahkan kode sederhana ke website mereka.

  1. Apa manfaat yang dapat diberikan

Tidak hanya anda ingin mengetahui bagaimana suatu produk itu unik, tapi juga mengetahui manfaat apa yang diberikan kepada pelanggannya. Banyak perusahaan hanya mendeskripsikan produk saja. Dan tidak melanjutkan menyampaikan manfaat menggunakannya.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan bisa mengatakan bahwa mereka menawarkan software tertentu. Mereka menjelaskan beta hebatnya software mereka. Tapi tidak mengatakan kepada pelanggan tentang manfaat nyata menggunakan software tersebut.

Seharusnya, mereka mengatakan kepada pelanggan bahwa software tersebut membantu mereka untuk …….., dapat memudahkan mereka untuk ………., menghasilkan lebih banyak pendapatan per pelanggan, atau menyelesaikan suatu permasalahan. Fokusnya seharusnya ada pada manfaat yang diberikan.

Jadi apa manfaat yang diberikan?

Contoh Jawaban:

Manfaatnya adalah produk tersebut membantu pemilik situs mempelajari lebih dalam mengenai pengunjung dan bagaimana mereka berinteraksi dengan situs.

Mereka dapat mengidentifikasi apa pertanyaan yang selalu diajukan pelanggan tentang produk/jasa. Atau fitur apa yang penting untuk mereka, dan lain sebagainya.

Hal ini membantu mereka untuk melakukan perbaikan pada website mereka sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Pada akhirnya dapat meningkatkan konversi dan penjualan juga lebih meningkat.

  1. Masalah apa yang produk anda selesaikan?

Orang pada umumnya membeli karena satu dari dua alasan – untuk meningkatkan kesenangan atau untuk meminimalisir masalah.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan asuransi mobil dapat menggunakan headline seperti ini: “Apakah anda membayar terlalu banyak untuk asuransi mobil anda?”

Kemudian dapat dilanjutkan dengan menjelaskan pengeluaran yang melebihi kebutuhhan untuk asuransi mobil. Dan selanjutnya menjelaskan bagaimana perusahaan mereka dapat membuat para pelanggan menghemat lebih banyak uang.

Tujuan dari iklan tersebut adalah fokus pada masalah. Dan kemudian berbicara tentang bagaimana perusahaan mereka menghasirkan solusi untuk masalah tersebut.

Seringkali, fokus pada masalah lebih efektif daripada fokus pada kesenangan yang diberikan. Tapi tentu anda haruss melakukan tes untuk kedua pendekatan tersebut agar tahu keefektifannya.

Jadi masalah apa yang produk anda selesaikan? Ayo tulis sekarang.

Contoh jawaban :

Simple Survey Tool mempermudah anda untuk bertanya kepada pengunjung website. Sangat susah untuk mengetahui apa yang para pengunjung sedang pikirkan dan mengapa mereka melakukan suatu tindakan tertentu.

Dengan Simple Survey Tool, mereka dapat dengan mudah bertanya berbagai macam jenis pertanyaan yang merekainginkan. Terlebih lagi terdapat rumusan sebelum survei yang membantu perusahaan mengetahui pertanyaan mana yang mereka harus tanyakan.

Seringkali, mereka tidak mengetahui pertanyaan apa yang harus ditanyakan untuk mendapatkan informasi penting dari pelanggan mereka. Rumusan sebelum survei ini mempermudah untuk memilih pertanyaan. Karena telah dibuktikan berdasarkan survei sebagai pertanyaan yang efektif.

Terakhir, Simple Survey Tool mempermudah untuk menambahkan survei ke sebuah website tanpa menggunakan ahli IT karena proses instalasinya sangat mudah

  1. Fitur-fitur apa saja yang ada dan apa manfaat dari setiap fitur?

Hal pertama yang anda ingin lakukan untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan menulis setiap fitur produk. Pada akhirnya anda mungkin tidak menggunakan semuanya namun anda tetap menginginkan mereka semua di suatu tempat sehingga anda dapat menemukan mereka seketika ketika anada membutuhkannya. Beberapa produk memiliki banyak fitur sedangkan yang lain tidak. Daftar semua fitur produk yang ada dilengkapi dengan deskripsi pendek.

Sebagai tambahan untuk daftar fitur, pastikan manfaat dari setiap daftar. Kami akan berbicara mengenai manfaat nanti, namun singkatnya, para pelanggan lebih peduli tentang manfaat yang diberikan oleh fitur daripada fitur itu sendiri (tapi anda mungkin masih membutuhkan daftar fitur di salinan anda jadi pastikan untuk menyimpan mereka disini).

Sebagai contoh, para pelanggan lebih peduli tentang kecepatan internet yang membantu mereka menonton video tanpa gangguan daripada internet yang menyediakan kecepatan mengunduh 15 mbps. “15 mbps” merupakan sebuah fitur, dalam hal ini, dan “streaming video tanpa gangguan” merupakan manfaat yang diberikan oleh fitur tersebut. Simpan fitur produk anda tersebut dan cocokkan manfaatnya sekarang.

Contoh Jawaban:

Fitur-fitur apa saja yang ada dan apa manfaat dari setiap fitur?

  • Fitur #1: Format pertanyaan perkalian
  • Manfaat: Perusahaan dapat menanyakan pertanyaan dengan berbagai macam format seperti jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, dan centang.
  • Fitur #2: Pertanyaan tak terbatas
  • Manfaat: Perusahaan dapat menanyakan apa yang mereka ingin tanyakan sebanyak yang mereka inginkan. Survei mereka bisa jadi panjang atau pendek.
  • Fitur #2: Javascript code installation
  • Manfaat: Pembuat survei dapat menambahkan survei ke situs mereka dengan menyalin javascript. Sangat mudah untuk menginstal survei dan dalam berbagai hal sumber IT tidak dibutuhkan.
  • Fitur #3: Survei Kebiasaan
  • Manfaat: Pemilik situs dapat menambahkan logo mereka dan warna ke survei mereka. Hal ini membuat suatu kebiasaan atau ciri khas dari suatu merk.
  • Fitur #4: Notifikasi Instan
  • Manfaat: Pembuat survei mendapatkan notifikasi melalui e-mail or pesan ketika survei telah diisi. Pengusaha akan mengetahui sesegera mungkin hasil dari survei yang telah siap disurvei.

Seperti yang anda dapat lihat dari contoh jawaban di atas, terdapat perbedaan mendasar antara fitur dan manfaatnya. Fitur merupakan aspek teknik dari suatu produk sedangkan manfaat merupakan cara fitur untuk membantu pelanggan mencapai yang mereka inginkan.

Sekarang saatnya untuk memahami produk anda dan mengetahui fitur-fiturnya, mari bergerak menjadi lebih kritis diproses copywriting.

Menentukan Pelanggan Anda

Salah satu langkah terpenting dalam copywriting adalah mengetahui siapa pelanggan anda. Berikut adalah alasannya.

Bagaimana anda menjual ditentukan oleh kepada siapa barang itu dijual, apa yang mereka ingin beli, dan apa yang akan meyakinkan mereka untuk membeli. Semua ini tentang pelanggan, bukan mengenai perusahaan.

Jika anda menjual produk untuk ibu-ibu yang tinggal di rumah, anda akan menulis berbeda dengan ketika anda menjual kepada para pengusaha.

Anda mungkin bertanya-tanya “Mengapa ini sangat penting?” Hal ini penting karena setiap pelanggan mempunyai harapan yang berbeda, ketakutan, mimpi dan harapan. Ibu-ibu, sebagai contoh, mempunyai prioritas berbeda daripada pengusaha. Menyimpan uang lebih penting untuk ibu-ibu, sedangkan menyimpan uang lebih berharga bagi para pengusaha.

Perbedaan tersebut mempengaruhi cara anda menulis dan bagaimana anda menjual produk tersebut. Hal itu juga berarti bahwa anda perlu mengetahui hal apa yang dapat menarik pelanggan.

Langkah Dua Membuat Dokumen Penelitian Pelanggan

Mulai buat sebuah dokumen berjudul “Penelitian Pelanggan – Nama Produk Anda” . Contoh dokumen kami dapat berjudul “Penelitian Pelanggan – Simple Survey Tool.”

Kemudian, tambahkan empat pertanyaan berikut ke dalam dokumen anda.

Pertanyaan 1: Siapa membeli produk anda saat sekarang ini?

Pertanyaan pertama mengidentifikasi siapa pelanggan anada saat sekarang ini. Anda mungkin menjual ke startup dan Fortune 500’s, tapi apapun itu, penting untuk mengetahui siapa pelanggan anada saat sekarang ini karena anda harus tahu siapa yang membayar tagihan anda. (Jika anda belum memulai penjualan apapun, hiraukan pertanyaan ini dan lanjutkan ke pertanyaan selanjutnya).

Contoh Jawaban:

Siapa yang membeli produk anda saat sekarang ini? Kami saat sekarang ini menjual ke agen dan startup. Sebagai tambahan, kami telah menjual produk kami ke sebuah organisasi non-profit.

Pertanyaan 2: Siapa yang akan membeli produk anda?

Pertanyaan kedua mengidentifikasi kepada siapa anda akan menjual produk anda. Seperti yang disebutkan di atas, anda mungkin menjual startup dan Frtune 500’s, tapi anda lebih fokus kepada Fortune 500’s karena mereka mempunyai biaya yang lebih banyak dan harganya masuk akal.

Tidak apa-apa menjual keduanya, tapi jika anda suka untuk menarget satu diatas yang lain, anda akan berakhir menulis dengan gaya yang berbeda. Itulah mengapa penting untuk mengetahui kepada siapa anda menjual dan siapa target pelanggan anda.

Contoh jawaban:

Siapa yang akan membeli produk anda? Kami suka menjual produk ke siapapu yang tertarik untuk mengembangkan websitenya, tapi secara khusus, kami lebih suka menjual kepada para agen dan startups. Ini merupakan target utama kami karena perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai pelanggan yang terbaik sejauh ini. Meskipun pada akhirnya kami menjual kepada setiap orang, termasuk Fortune 500’s, tapi sekarang kami ingin fokus ke para agen dan startups. Ditambah lagi, jika kami dapat mendapatkan daya tarik dari kelompok ini maka kepercayaan kepada kami akan semakin luas.

Pertanyaan 3: Seperti apa pelanggan itu?

Tujuan dari pertanyaan ini adalah membentuk gambaran terperinci mengenai pelanggan anda. Pertanyaan yang lain memberikan ulasan, namun pertanyaan ini menggaris bawahi individu pelanggan.

Contoh Jawaban:

Seperti apa pelanggan itu?

  • Pelanggan #1: Manajer Agen Pemasaran
  • Deskripsi: Manajer agen pemasaran bekerja di agen pemasaran dan bertanggung jawab untuk membantu klien mencapai tujuan pemasaran mereka. Untuk melakukan itu, dia membuat survei untuk mempelajari mengenai pelanggan.
  • Apa yang penting: Mempunyai alat survei dapat memudahkan agen untuk bertanya. Selain itu, survei juga berpengaruh untuk mencocokkan merk untuk setiap perusahaan yang bekerjasama.
  • Pelanggan #2: Direktur Pemasaran Startup

Deskripsi: Direktur pemasaran startup bertanggung jawab untuk menentukan strategi pemasaran dan alat pemasaran yang dapat digunakan.

Apa yang penting: Tujuannya adalah menggunakan alat survei yang tidak melambatkan kerja startups websitenya.

  • Pelanggan #3 Direktur Pemasaran Non-profit

Deskripsi: Direktur Pemasaran Non-profit bertanggung jawab untuk memilih alat pemasaran.

Apa yang penting: Direktur Pemasaran Non-profit tertarik karena harga berperan sangat penting baginya dan tidak membutuhkan terlalu banyak bantuan teknis ketika menggunakan suatu alat survei.

Pertanyaan 4: Apa yang pelanggan suka dari produk anda?

Fokus pada siapa pelanggan anda dan apa yang membuat mereka tertarik dengan produk anda. Pemilik Prius, misalnya, mengetahui bahwa pelanggan yang menyukai produknya karena suka dengan lingkungan atau peduli dengan lingkungan. Sedangkan, pemilik BMW misalnya, mengetahui para pelanggan suka dengan mobilnya karena tampilannya yang elit dan elegan.

Jadi, cobalah renungkan beberapa alasan mengapa orang membeli produk anda. Apa yang membuat mereka suka dengan produk anda dan catat itu semua dalam sebuah dokumen.

Contoh Jawaban:

Apa yang pelanggan suka dari produk anda? Pelanggan dapat dengan mudah menginstal Simple Survey tool. Selain itu, bagi pelanggan dengan keterbatasan IT masih tetap dapat menggunakannya tanpa membutuhkan bantuan teknis.

Keempat pertanyaan di atas mewakili penelitian pelanggan. Pastikan simpan semua data mengenai pelanggan anda pada bab ini di tempat yang dapat anda temukan dengan mudah. Kami akan mengulasnya lagi pada saat kita mulai menulis.

KESIMPULAN

Pada poin ini, anda seharusnya mempunyai beberapa ide:

  • Bagaimana mendeskripsikan produk atau jasa anda dengan cara yang mudah dipahami.
  • Fitur-fitur utama dan manfaat dari produk dan jasa anda.
  • Manfaat besar, seperti titik jual utama produk/jasa anda
  • Siapa pelanggan anda dan apa yang menjadi masalah untuk mereka

Catatan yang anda ambil hingga titik ini akan memberikan dasar untuk tulisan anda nanti di bab selanjutnya. Ayo lanjutkan ke bab dua untuk mempelajari lebih dalam mengenai pelanggan dan kata-kata apa yang digunakan ketika berbicara tentang produk anda.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Yuk Gabung Projasaweb

Mari bergabung bersama ribuan marketer lainnya, berbagi info terbaru seputar marketing dan bisnis terkini

Thank you for subscribing.

Something went wrong.